Rektor Unbrah Pimpin Tim Safari Ramadhan Pemprov Sumbar ke Tarusan Pesisir Selatan

 

Rektor Unbrah saat menyampaikan kata sambutan.

Rektor Universitas Baiturrahmah (Unbrah) Prof. Dr. Ir. Musliar Kasim, M.S memimpin tim Safari Ramadhan 1443 H Pemprov Sumbar mengunjungi Masjid Nurul Huda Sungai Lundang Nagari Kampung Baru Korong Nan Ampek, Kecamatan Koto Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan.

Rektor Unbrah memimpin tim menggantikan Kepala Kajati Sumbar yang berhalangan hadir. Hadir dalam rombongan sejumlah pejabat Pemprov Sumbar seperti Kepala BKD, Kepala Disperindag dan Kepala Biro Organisasi Setda Sumbar.

Dalam sambutannya Rektor Unbrah menyampaikan bahwa tujuan utama Safari Ramadhan Pemprov selain bersilaturahmi dengan warga di daerah juga untuk memberikan bantuan kepada masjid atau Musala serta pendidikan yang ada di daerah atau kota.

Bukan hanya itu kata Rektor Unbrah, tujuan Safari Ramadhan juga menjadi momen mengenalkan visi pembangunan Sumbar yakni "Terwujudnya Sumbar Madani, Unggul dan Berkelanjutan".

Penyerahan bantuan dari Pemprov Sumbar kepada pengurus Masjid Nurul Huda oleh Kadisperindag Sumbar.

Komitmen ini kata Prof Musliar dengan meningkatkan bantuan pembangunan sekaligus pengembangan untuk masjid, Musala, TPQ/TPA, Majlis Ta'lim hingga Pondok Pesantren.

"Khusus untuk masjid, Pemprov memberikan bantuan lima puluh juta rupiah," ujar mantan Wakil Menteri Pendidikan tersebut.

Harapannya kata Rektor, agar masjid/ Musala dan lembaga Islam lainnya mampu mendidik dan menciptakan ustadz, dan tahfidz Quran baru di masa depan.

Tidak lupa Rektor juga menyampaikan terkait komitmen pemerintah dalam membantu pendidikan formal warga tidak mampu seperti melalu Kartu Indonesia Pintar atau Bidik Misi bagi siswa berprestasi namun tidak mampu secara ekonomi.

Jemaah masjid Nurul Huda tengah mendengarkan Tausyiah Dr. Ikhwan Matondang.

Sementara itu kunjungan Tim Safari Ramadhan Pemprov disambut meriah oleh masyarakat di sekitar Masjid di Sungai Lundang. Rombongan dijamu buka bersama oleh jemaah masjid setempat yang kemudian dilanjutkan dengan shalat Magrib berjamaah.

Usai makan malam, dilanjutkan dengan shalat Isya dan Tarwih berjamaah yang dipimpin oleh anak muda berbakat setempat berusia 16 tahun Muhammad Furqan.

Selesai shalat dilaksanakan kegiatan temu ramah yang diawali dengan ceramah ulama Sumbar sekaligus dosen Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang Dr. H. Ikhwan Matondang yang juga termasuk dalam rombongan tim Safari.

Dalam Tausyiahnya Dr. Ikhwan menyampaikan tentang kewajiban puasa bagi umat Islam saat ini dan sebelumnya. 

Usai Tausyiah dilanjutkan dengan sambutan dari pengurus masjid, Ketua Tim Safari Ramadhan Pemkab Pesisir Selatan dan Pemprov Sumbar.

Wakil Rektor I Unbrah memberikan bantuan dana kepada pengurus Masjid Nurul Huda.

Kegiatan diakhiri dengan penyerahan bantuan oleh Pemprov Sumbar kepada Pengurus Masjid Nurul Huda sebesar Rp50 juta dan Universitas Baiturrahmah sebesar Rp2,5 juta yang dilakukan oleh Wakil Rektor I Unbrah Dr.rer. nat. Ir. Syafrimen Yasin, M.S, M.Sc.



















Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel