7 Fakta Universitas Baiturrahmah Padang

Universitas Baiturrahmah

Universitas Baiturrahmah memang bukan salah satu kampus favorit untuk bidang umum di Sumbar, akan tetapi bila berbicara pendidikan bidang kedokteran gigi, perguruan tinggi ini menjadi salah satu favorit.

Didirikan pada tahun 1994 setelah sebelumnya berupa Sekolah Tinggi yang digabungkan, Universitas Baiturrahmah saat ini memiliki empat fakultas yakni Kedokteran, Kedokteran gigi, Ekonomi dan Kesehatan Masyarakat serta pemusatan jurusan Kebidanan, Radiologi dan Akademi Keperawatan.
Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Gigi menjadi ikon kampus tersebut, mengingat keduanya setiap tahun menerima mahasiswa terbanyak.

Tidak hanya itu kampus yang berlokasi di Aia Pacah dan didirikan oleh Yayasan Pendidikan Baiturrahmah tersebut memiliki beberapa fakta tersendiri. Berikut akan disampaikan beberapa fakta tentang Universitas Baiturrahmah.

1. Kampus umum yang fokus pada bidang kesehatan
Universitas Baiturrahmah

   Fakta pertama dari Universitas Baiturrahmah yakni kampus yang fokus pada bidang kesehatan. Saat ini terdapat program Pendidikan Dokter, Profesi Dokter, Pendidikan Dokter Gigi, Profesi Dokter Gigi, bidang Keperawatan, Kesehatan Masyarakat, Kebidanan dan Radiologi. Pada 2019 ini dibuka program studi Farmasi Klinis, Administrasi Rumah Sakit serta Anestesi Keperawatan. Saat ini baru dua prodi yang non kesehatan yakni Manajemen dan Kewirausahaan. Bila dibanding kampus lain di Sumbar, Unbrah termasuk terdepan dalam bidang kesehatan, hanya kalah dari Universitas Andalas.

2. Didirikan oleh tokoh yang mencintai dan konsisten pada pendidikan
   Universitas Baiturrahmah menjadi muara dari upaya seorang Amran St Sidi Sulaiman yang secara konsisten mengembangkan pendidikan mulai dari pendirian usia dini. Pimpinan Yaysan Pendidikan Baiturrahmah tersebut juga membangun TK, SD, SMP, Hingga SMA Baiturrahmah yang cukup ternama di Padang.

3. Lokasi kampus berada pada posisi strategis
   Kampus Unbrah berada di dua tempat yang berbeda namun pada jalan yang sama. Kampus utama berada di Jalan Raya By Pass KM 15 Aie Pacah Padang sedangkan kampus kedua yakni Fakultas Kedokteran Gigi berada di Sungai Sapih Aia Pacah By Pass. Lokasi By Pass di Padang menjadi strategis karena menghubungkan dengan beragam kecamatan. Terpenting, Unbrah juga dekat dengan pusat pemerintahan kota Padang Balai Kota.

4. Memiliki rumah sakit berstandar nasional
RS Siti Rahmah (sitirahmah web)

   Dengan fokusnya pada bidang kesehatan tentu harus ditunjang dengan fasilitas memadai, salah satu yang dimiliki Yayasan Pendidikan Baiturrahmah dan cukup memiliki reputasi yakni Rumah Sakit Siti Rahmah yang letaknya tepat di sebelah kampus utama. Rumah Sakit Siti Rahmah saat ini memiliki kelengkapan alat standar nasional bahkan internasional. Hampir semua bidang dokter ada di rumah sakit tersebut.

5. Memiliki masjid ikon wisata Sumbar
Masjid Baiturrahmah

   Masjid Baiturrahmah menjadi salah satu ikon bidang wisata religi di Sumbar selain Masjid Raya Sumbar. Salah satu yang menarik yakni bentuk bangunan dan kubahnya yang mirip masjid di Arab Saudi serta akan menyala terang bila malam hari. Masjid Baiturrahmah selalu buka 24 jam dan kerap menjadi pusat kegiatan agama masyarakat kota.

6. Dipimpin mantan Wakil Menteri Pendidikan Nasional
Prof Musliar Kasim (Google.co.id)

   Pada 2016 mantan Rektor Unand sekaligus mantan Wakil Menteri Pendidikan Nasional Zaman Pemerintah SBY-JK Prof Musliar Kasim dipercaya memimpin kampus Universitas Baiturrahmah. Tentu saja dengan adanya pengalaman dan kualitas dari rektor saat ini, kampus dapat lebih berjaya.

7. Pencetus Penghargaan Enterpreneurship kepada Mahasiswa di Lingkungan LLDikti X
Lambang LLDikti

   Selain menjadi salah satu pionir Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Baiturrahmah juga menjadi salah satu pionir penghargaan untuk wirausahawan dari kalangan mahasiswa di lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) wilayah X yang mencakup Sumbar, Riau, Jambi dan Kepulauan Riau. Bahkan pada pelaksanaan award pertama 2017, mahasiswa Unbrah dapat merebut juara di dua kategori.

Itulah sebagian dari fakta kampus Universitas Baiturrahmah berdasarkan pengamatan langsung dan informasi beberapa literatur seperti unbrah.ac.id, kopertis10.or.id. Semoga Bermanfaat.
    

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel