7 Fakta Kampus Universitas Andalas Padang

Logo Unand

Sebagai salah satu perguruan tinggi tertua dan terkemuka di Sumatera, Universitas Andalas atau Unand telah menjadi favorit jutaan calon mahasiswa khususnya di pulau tersebut.

Terlebih saat ini kampus telah meraih berbagai pencapaian seperti akreditasi A dan menempati 10 besar peringkat kampus versi Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Di samping itu secara fasilitas kampus, di Indonesia Unand termasuk yang paling lengkap dan memiliki luas mencapai 500 hektare lebih (data unand.ac.id)

Tentunya masih banyak lagi keunggulan lain dari Universitas yang terletak di Bukit Karamuntiang, Kecamatan Pauh Padang tersebut. Berikut dirangkum 7 fakta unik yang dimiliki kampus Unand berdasarkan pengalaman dan kacamata penulis.

1. Memiliki gedung eksotis mirip markas Power Rangers
Gedung Rektorat Unand

   Tentu masih ingat tahun 90an terdapat film seri Amerika yang telah diremake ulang pada 2017 lalu Power Rangers. Nah gedung di Unand, khususnya kantor Rektoratnya memiliki kemiripan dengan markas lima jagoan tersebut. Dalam film markas Power Rangers yang diduduki Alfa dan Gordon terletak di atas bukit menyendiri sama seperti gedung rektorat Unand yang bila terlihat dari jauh mirip markas tersebut.

2. Areal yang luas memiliki hutan yang cukup luas
HPPB Unand (unand.ac.id)

   Dibangun tepat di perbukitan yang tingginya 200 mdpl membuat Unand juga cukup asri dengan banyaknya pepohonan di sekitar serta hewan yang berkeliaran. Pohon tersebut sebagian besar alami karena Unand dibangun dengan mengkonversi Bukit Karamuntiang Limau Manis menjadi kampus. Tidak heran juga di belakang kampus tersebut memiliki banyak hutan bahkan jurang.

3. Koridor kampus cocok untuk olahraga
   Bila dilihat dari koridor kampus atau lorong antara satu bangunan dengan bangunan lainnya terlihat bertingkat-tingkat Hal ini sesuai dengan letak kampus yang berada di lereng yang bertingkat. Setiap Sabtu atau Minggu tidak sedikit masyarakat non warga kampus datang untuk berolahraga atau hanya berkumpul bersama.

4. Memiliki banyak masjid
   Sejatinya Unand memiliki masjid utama yakni Nurul Ilmi yang terletak di bagian depan, akan tetapi bila ditelusur ke setiap fakultas hampir semua memiliki masjid. Saat ini tercatat ada tiga masjid lainnya yakni di Fakultas Ekonomi, Fakultas MIPA dan Fakultas Ilmu Budaya. Selain masjid, Juga terdapat musala yang mirip masjid seperti di Peternakan, Pertanian, Teknik, dan FISIP.

5. Ada mushalla yang seluruh dindingnya terbuat dari batu
Mushalla Batu Unand (unand.ac.id)

   Salah satu yang unik yakni mushalla yang terletak di kampus bagian atas semua dinding dan mimbarnya terbuat dari batu. Bila dilihat mushalla yang dibangun mirip bangunan masjid di Timur Tengah dapat menampung 150 orang. Mushalla ini juga hanya memiliki satu pintu dan dua jendela yang juga terbuat dari batu. Selain untuk ibadah, mushalla ini juga menjadi salah satu destinasi wisata di Unand.

6.  Dari kampus bisa melihat kota secara keseluruhan    Bila kita berdiri di lantai tertinggi dari gedung rektorat akan terlihat dengan jelas Kota Padang bersama Samudera Hindia. Bahkan beberapa gedung ternama seperti kantor gubernur, pertokoan dan Masjid Raya Sumbar dapat terpantau jelas. Sebenarnya tidak perlu naik ke lantai tertinggi, melalui helipad di bagian bawah rektorat saja kota Padang dapat terlihat bila cuaca cerah.

7. Keberadaan kampus meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar.
Gerbang Kampus Unand (unand.ac.id)

   Semenjak kampus pindah ke Limau Manis Pauh sejak 1991 hingga sekarang, Keberadaanya telah membantu perekonomian masyarakat sekitar khususnya di Kapalo Koto dan Limau Manis. Selain masyarakat dapat membuka usaha mulai dari kos-kosan, hingga rumah makan, tdak sedikit juga warganya yang diterima bekerja di Unand. Selain itu melalui Pengabdian masyarakat juga memberikan sumbangsih pembukaan lapangan kerja.

Itulah sebagian fakta unik dari Kampus Universitas Andalas, tentu masih banyak lagi fakta tersembunyi di dalamnya. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel