Peranan MoU dan MoA Kerja Sama Kampus, Beserta Contoh Dokumen

Ilustrasi (pixabay.com)

Sama halnya dengan instansi lain, kampus atau perguruan tinggi juga membutuhkan kerja sama dengan berbagai mitra yang biasa disepakati melalui penandatanganan MoU dan MoA.

MoU atau Memorandum Of Understanding dan biasa disebut Nota Kesepahaman merupakan suatu dokumen kesepahaman dari dua pihak yang memiliki keinginan untuk mengadakan kerja sama lebih luas. 

MoU ini dapat dijadikan payung hukum bagi satu kampus dengan lainnya khususnya dalam mengadakan perjanjian kerja sama lanjutan atau penyusunan Memorandum of Agreement (MoA).

Sedangkan MoA atau biasa disebut Nota Kesepakatan adalah suatu dokumen kesepakatan atas kerja sama yang telah disepakati sebelumnya. 

Biasanya MoA ini dibuat oleh fakultas, program studi atau unit lembaga antar kampus tersebut.

Pada pelaksanaannya MoU dan MoA ini saling melengkapi, institusi dapat memulai inisiasi melalui MoA atau sebaliknya membuat perjanjian melalui payung hukum berupa MoU.

Akan tetapi masih kaburnya dan belum spesifiknya kerja sama melalui MoU maka, melanjutkan menjadi sebuah dokumen MoA amat dianjurkan.

Sebab saat ini banyak juga instansi atau kampus yang "menidurkan" MoU dan tidak berlanjut pada MoA.

Dalam menyusun MoU di dalam perguruan tinggi isinya mengacu pada hasil perundingan serta kesepakatan tidak tertulis bersama kedua pihak. Sedangkan kontennya tidak jauh dari Tridharma Perguruan Tinggi yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat serta pengembangan sumber daya manusia dan penjaminan mutu.

Akan tetapi dalam menyusun MoA kedua pihak instansi perlu mengikuti aturan yang telah tercantum dalam akun Laporan Kerma tiap kampus.

Hal ini penting mengingat setiap dokumen yang ditandatangani dalam MoU atau MoA wajib diunggah ke dalam akun Laporan Kerma Kemendikbud Ristek RI dengan https://laporankerma.kemdikbud.go.id/

Secara fisik juga MoU jauh lebih pendek dibanding MoA yang membutuhkan kejelasan hukum perjanjian setiap bentuk kerja sama yang dilakukan.

Di bawah ini ada contoh MoU dan MoA dari kampus.  

MoU


MoA









Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel