Jadi Abah, Gubernur Sumbar Kukuhkan Pengurus PWS Sumbar 2021-2026

 
Pelantikan Pengurus PWS Sumbar oleh Gubernur Sumbar

Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi secara resmi mengukuhkan kepengurusan Paguyuban Warga Sunda (PWS) Sumatera Barat di Gedung Istana Gubernur Sumbar, Kota Padang, Minggu 27 Maret 2022.

Gubernur melantik kepengurusan PWS Sumbar yang diketuai oleh H. Maman Sudarman, SP serta Dewan Pangaping yang diketuai oleh Dr. Ir. Ade Djulardi, M.S.

Usai melantik gubernur menyampaikan apresiasinya atas kegiatan pelantikan dan kepengurusan PWS Sumbar tersebut.

Dalam sambutannya Mahyeldi menyebutkan bahwa pihaknya akan mengakomodasi dan memfasilitasi setiap pengembangan budaya etnis di Sumbar termasuk Sunda.

Gubernur Mahyeldi

Seperti halnya Sunda kata Gubernur saat ini telah memiliki warga di 19 Kabupaten/Kota se-Sumatera Barat dan perwakilan di masing-masing daerah mengindikasikan adanya pembinaan yang baik dari organisasi PWS di Sumbar.

Tentunya ini menjadi salah satu kekayaan budaya yang ada di Sumbar bersama etnis lainnya, nantinya pemprov melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata akan menggelar kegiatan khusus untuk ajang penampilan seni dan budaya etnis tersebut salah satunya Sunda.

Dalam hal akulturasi tambah Mahyeldi kebersamaan warga Sumbar dan Jabar tidak terpisahkan dari kisah PDRI. Pemerintah darurat Indonesia itu memang hanya berlangsung 207 hari, namun pada saat orang Sunda Mr Syafruddin Prawiranegara menjadi pemimpinnya dengan Bukittinggi sebagai ibukotanya.

Histori yang lekat ini tentunya akan menjadi modal bagi orang Sunda dan Minang dalam mendukung pembangunan di Sumbar.

"Kami akan dukung pengembangan budaya etnis Sunda di Sumbar, mengingat tindakan masyarakatnya yang selalu positif," ujar Mahyeldi.

Pada kesempatan itu Gubernur Mahyeldi diangkat sebagai pelindung PWS Sumbar atau "Abah" yang artinya ayah yang dihormati dan dituakan.

Dalam kegiatan tersebut Mahyeldi dipakaikan baju adat Sunda Beskap lengkap dengan ikat dan bendo.

Setelah kepengurusan PWS Sumbar dilantik , giliran Ketua Umum H.Maman Sudarman yang memberikan sambutan serta melantik kepengurusan DPD PWS Kab/Kota.

Dalam sambutannya Ketua PWS menyampaikan terimakasihnya kepada Gubernur yang telah mendukung dan memfasilitasi kegiatan pengukuhan tersebut.

Sementara itu dalam kegiatan dibuka dengan lagu Indonesia Raya dan kemudian penampilan Mars PWS oleh Paduan Suara Gentra Parahyangan dan diiringi musik dari Gentra Parahyangan pimpinan Tatang Suherlan tersebut.

Kemudian dilanjutkan dengan sambutan Ketua Panitia Imron dan penyampaian keanggotaan PWS Sumbar oleh Ketua Pangaping PWS Sumbar Dr. Ade Djulardi, dan berlanjut dengan pelantikan dan sambutan Gubernur.

Usai pelantikan kepengurusan daerah, Anggota Dewan Pangaping PWS Sumbar Prof. Dr. Lili Warly menyampaikan sepatah kata atau Keynote Speaker terkait kepengurusan dan organisasi.

















Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel