7 Channel TV Asia Favorit di Indonesia

Channel Asia


Keberadaan TV streming menggunakan jaringan internet serta tv berlangganan yang beriyuran secara perlahan menaklukkan pasar channel tontonan dunia, tak terkecuali di Indonesia

Saat ini pemirsa di Indonesia tidak sebatas lagi menonton siaran lokal yang disediakan secara UHF Free to Air channel nasional. Akan tetapi telah merambah ke berbagai channel dunia dan khusus.

Berbicara channel khusus, demam Korea pop atau Korea drama ikut menghiasi prioritas channel yang disediakan di aplikasi streaming atau tv berlangganan. 

Selain Korea,  channel dari Jepang dan Mandarin juga kerap jadi pilihan pemirsa di Indonesia.  Berikut 7 Channel Asia favorit pemirsa di Indonesia dari kacamata penulis. 

1. TVN
Channel asal Korea Selatan ini memang disiarkan secara khusus dalam bentuk tv berlangganan. Meskipun demikian peminatnya cukup banyak,  terlebih dalam satu tahun terakhir perubahan mendasar dari M Net yang fokus musik ke TVN yang fokus pada variety dan drama. Beberapa tayangan terkenal TVN antara Lain Mnet Music Asia Award (MAMA),  Produce 101, Drama Goblin,  Encounter dan masih banyak lagi. 

2. KBS World
KBS World merupakan tayangan khusus dari salah satu stasiun tv terbesar di Korea KBS.  KBS World menyajikan beragam tayangan mulai dari acara musik,  reality show, dan drama. KBS World bukanlah channel tv berbayar karena dapat ditangkap menggunakan parabola atau tv streaming biasa. 

3. One Channel
One Channel merupakan bagian dari Sony Television yang juga menaungi beberapa channel seperti AXN,  Animax, GEM,  dan Screen Red. One channel juga merupakan channel khusus untuk menyiarkan beragam acara dari tayangan beberapa stasiun TV Korea seperti Jitbc,  TVN, KBS dan SBS. 

4. SBSIn
Sesuai namanya, SBS In merupakan channel khusus SBS salah satu stasiun TV Korea dengan panduan Bahasa Indonesia. Channel ini berbeda karena dikemas sesuai budaya dan bahasa Indonesia. Hampir semua acara berbahasa Korea namun terdapat teks terjemahan Bahasa Indonesia.  SBS In dulunya berupa siaran FTA menggunakan parabola,  namun pada 2018 lalu sahamnya diakuisisi oleh Transmedia sehingga hanya dapat disaksikan oleh pelanggan Transvision saja. 

5. GEM
GEM merupakan channel milik Sony Entertainment yang menayangkan beragam acara Berbahasa Jepang dengan teks Indonesia. Salah satu keunggulan GEM yakni menayangkan reality show atau drama yang juga tayang terbaru di Jepang.  Bagi pecinta Jpop dan Dorama,  GEM bisa menjadi acuan. Terlebih GEM hampir bisa didapatkan di berbagai TV Berlangganan dan aplikasi streaming.

6. Animax
Animax menjadi favorit karena menayangkan animasi populer dan terbaru nonstop 24 jam. Hanya saja Animax hanya dapat ditonton melalui siaran tv berbayar dan beberapa aplikasi streaming juga menyediakan. 

7. Zee
Nah bila sebelumnya channel mengupas Asia Timur,  kali ini Zee merupakan channel khusus untuk penikmat Bollywood atau India Film.  Zee ini juga memiliki ragam ada zee drama dan zee movies di Indonesia dikenal dengan Zee Bioskop.

Nah itu 7 channel Asia Favorit di Indonesia,  sebenarnya masih banyak lagi seperti Celestial Movies khusus film Mandarin,  OhK! (Saluran MBC di tv berbayar), Wakuwaku Japan,  Aniplus dan Lifetime Asia. Penulis lebih mengambil pada popularitas tayangan dan kemudahan akses, semoga bermanfaat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel