Ini Dia Ular Si Cantik Manis

                                                     Ular cantik manis (vebma.com)

Hewan ular dikenal masyarakat awam sebagai binatang yang menakutkan dan membahayakan karena sebagian besar berbisa.
Akan tetapi di kalangan penghobi dan peneliti reptilia tersebut, ular memiliki banyak faktor keunikan.
Mulai dari jenis ular tidak berbisa seperti Phyton reticulatus hingga yang berbisa seperti Kobra atau Naja memiliki keunikan tersendiri.
Berbicara ular beracun dan berbisa, terdapat satu nama yang terlihat cantik bila dipandang mata namun tetap membahayakan bila didekati, dialah si "Cantik Manis" Tropidolaemus alias.
Ular jenis viperidae memiliki keindahan dalam warna dan bentuk kulitnya seperti hijau dengan ornamen tertentu serta habitatnya yang unik.
Dalam tulisan ini akan dipaparkan faktor menarik dari si Hijau menurut praktisi sekaligus dosen di STKIP PGRI Sumbar bidang Biologi Fachrul Reza, M.Si.
1. Ular ini cukup dikenal di kalangan peneliti dan penulis buku di Indonesia bahkan dunia. Tidak heran kerap menjadi model sampul buku di beberapa cetakan tentang biologi atau ular.
/
2. Bagi peneliti atau penghobi ular ini menjadi idola di tiga tempat asal habitatnya yakni pulau Kalimantan, Sumatera, dan Sulawesi. Akibatnya di tengah masyarakat terdapat beragam mitos terkait ular tersebut seperti di Kalimantan yang menganggap ular yang tidak makan dan minum dan memakan angin karena sering terlihat diam di pohon.
3. Secara kebiasaannya ular cantik manis dapat berpuasa tidak makan selama lebih dari tiga bulan setelah makan sekali saja. Bila ditilik ini sama dengan jenis ular besar seperti Phyton.
4. Beberapa peneliti dan penduduk lokal tempat habitat ular tersebut meyakini bagian tubuh ular seperti kulit dan minyak dipercaya memiliki khasiat yang bermanfaat. Saat ini juga cukup banyak masyarakat mengejar ular tersebut untuk pengobatan beragam penyakit.
5. Bila ular kebanyakan bertelur, jenis ini beranak atau vivipar.
Itulah sebagian fakta tentang ular Si cantik manis, tentu masih banyak lagi fakta lain baik yang telah diungkapkan atau tengah diteliti. Diharapkan tulisan ini bermanfaat bagi pembaca.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel