7 Trik Cepat Memahami Ilmu Biologi


Biologi
Ilmu Biologi merupakan kajian yang universal karena sesuai ruang lingkupnya mencakup biotik atau benda hidup dan abiotik yakni benda tidak hidup.

Dalam semua kajian ilmu di dunia,  Biologi menjadi induk. tidak heran derivat atau turunannya cukup memegang peranan penting dalam sendi kehidupan seperti kedokteran, pertanian, peternakan, ilmu lingkungan, geografi, sejarah hingga hukum. 

Bagi mahasiswa, dosen atau peneliti khusus bidang Biologi atau turunannya tentu membutuhkan konsentrasi dan penguatan keilmuan guna mencapai tujuan tertentu. Hanya saja cara paling mudah yakni membaca ternyata dapat menimbulkan kejenuhan.

Hal ini membuktikan perlu ada trik dan cara untuk konsisten dalam memahami ilmu tersebut. Berikut akan disampaikan tujuh trik cepat memahami ilmu biologi bagi mahasiswa, dosen, siswa bahkan orang awam sekalipun ditinjau dari kacamata dosen STKIP PGRI Sumbar Fachrul Reza, M.Si.

1. Menjadikan hobi
Dengan menjadikan hobi, ilmu Biologi dapat lebih dirasakan kenikmatan dan kemudahan memahaminya. Misalnya hobi bercocok tanam tentu secara langsung atau tidak dapat memahami ilmu botani, seperti dalam hal fisiologi, anatomi hingga kultur jaringan. Dengan hobi tersebut tentu pengetahuan bidang akan terus ditingkatkan guna memperkuat hasil. Terlebih bila hobi dijadikan bisnis tentu penguatan akan lebih besar.

2. Mengaitkan dengan kegiatan wisata
Memperkuat pemahaman ilmu biologi tidak melulu harus membaca atau mendengarkan kuliah namun dengan mengaitkan pada kegiatan wisata. Misalnya berwisata ke pegunungan atau pantai akan memperkuat pemahaman ilmu ekologi dan lingkungan. Dengan mengambil foto objek wisata, suasana dan kondisi lingkungannya sebagai jalan menambah keragaman ilmu tentang biologi. Perlahan tapi pasti akan memudahkan juga untuk memahami ilmu tersebut.  

3. Belajar dengan petani, pekebun, peternak hingga dokter
Cara memahami ilmu biologi secara cepat juga dilakukan dengan diskusi atau ikut kegiatan bersama petani, pekebun, peternak, nelayan hingga dokter. Sebab para orang yang bekerja pada profesi tersebut memiliki pengalaman dan pengetahuan yang lebih. Tentu dapat mengambil ilmu yang kadang tidak ditemukan di buku atau referensi tertulis lainnya.

4. Mempelajari ilmu biologi secara universalBiologi memiliki empat cakupan bagian ilmu besar yakni botani atau tumbuhan, zoologi atau hewan, ekologi atau lingkungan, dan mikrobiologi atau mikroorganisme. Meski dibagi seperti itu, kesemuanya memiliki hubungan satu sama lain. Secara garis besar dijelaskan, Dengan mempelajari ekologi telah mencakup botani, zoologi dan mikrobiologi. Begitu pun mempelajari botani juga berhubungan erat dengan zoologi, mikrobiologi dan ekologi.

5. Berpandangan positif pada proses biologisNah salah satu cara untuk mempercepat pemahaman terhadap ilmu biologi yakni selalu berpandangan positif pada proses biologis. Artinya saat melihat suatu peristiwa alami atau yang menyangkut kesehatan dan perkembang biakkan, proses yang dimulai dari a sampai z nya harus diprioritaskan dibanding pemikiran negatif akibat pengaruh dari luar. Misalnya kegiatan menghasilkan keturunan perlu dipahami proses yang terjadi dibanding efek bias yang berkembang dalam pemikiran negatif.

6. Rajin membaca dan mengartikan istilahSalah satu kendala saat mempelajari ilmu biologi yakni ketidakpahaman pada istilah asing atau latin yang dimunculkan. Dalam hal ini kita mencari artinya secara rinci setiap menemukan istilah asing saat membaca referensi atau buku.

7. Ikut dalam komunitas di media sosialTrik terakhir untuk memperkuat pemahaman ilmu biologi melalui interaksi di media sosial. Tentu kita bisa bertanya atau melempar isu tentang keilmuan biologi di grup komunitas atau hanya sekedar status. Bahkan dibanding yang lain pada era milenia ini, cara tersebut dinilai lebih efektif.
Itulah trik cepat untuk memahami ilmu biologi menurut Fachrul Reza, M.Si. Semoga bermanfaat






Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel