7 Tipe Orang yang Tepat Dijadikan Teman


Ilustrasi teman
Bergaul merupakan sesuatu kewajiban sebab kodrat manusia sebagai makhluk sosial yang senantiasa selalu berhubungan antara satu dengan lainnya.

Dengan bergaul bersama teman juga dapat membantu kita dalam mengenal sesuatu yang baru dan menolong dalam menyelesaikan berbagai persoalan.

Hanya saja bila kita salah memilih teman dalam bergaul, dampaknya negatif bagi diri dan kehidupan sosial kita.

Sesungguhnya bila pemikiran kita positif, tidak akan sulit menemukan teman yang peduli dan positif pada kita. Hanya saja dengan perkembangan zaman sekarang yang dipenuhi hoaks dan dusta, tentu akan semakin sulit menemukannya.

Berikut penulis paparkan 7 tipe orang yang tepat dijadikan teman berdasarkan kacamata, pengalaman serta share beberapa rekan.

1. Orang yang memotivasiTeman yang dapat memotivasi cukup penting bagi kita terutama saat terjatuh atau sedang galau. Biasanya teman ini selalu memuji dan menyenangkan hati kita dengan perkataan yang menimbulkan semangat. Bukan hanya itu teman yang seperti ini sering melakukan tingkah laku unik yang memotivasi kita.

2. Orang yang menginspirasiTeman yang dapat menginspirasi sangat penting saat pikiran kita jenuh dan buntu. Biasanya teman yang memiliki sifat itu selalu memberikan arahan dan jalan keluar positif pada permasalahan yang kita hadapi. Selain itu setiap tindak tanduknya menarik perhatian secara positif dan tepat untuk diteladani.

3. Orang yang selalu bersyukurTeman yang selalu bersyukur akan terlihat dari sikapnya dalam menghadapi kehidupan. Bagi kita ini teman seperti ini akan memberikan motivasi berlipat untuk melakukan hal yang sama. Biasanya teman seperti ini kerap mengingatkan kita saat sombong, takabur dan kufur nikmat.

4. Orang yang selalu bersemangatTeman yang selalu bersemangat akan ikut memancing kita untuk bekerja keras dan pantang menyerah. Ciri-ciri teman yang selalu bersemangat selalu bekerja sampai detik penghabisan dan menerima setiap kegagalan selain itu selalu berusaha memberikan yang terbaik saat mendapatkan hasil. Teman seperti ini tidak akan pernah mengeluh meski jutaan cobaan datang menghadangnya.

5. Berpikiran terbuka Teman yang berpikiran terbuka akan terlihat saat kita kritik. Teman seperti ini selalu mau menerima masukan dari kita kemudian melaksanakannya. Dia selalu bersabar dalam setiap keadaan baik saat memperoleh hasil positif atau negatif. Teman yang seperti ini akan enak diajak curhat atau sekedar diskusi.

6. Orang yang selalu bersabarTeman yang sabar juga penting terutama untuk menahan gejolak pada diri kita. Seperti orang tua, teman seperti ini berpikir dewasa dalam menyikapi berbagai persoalan yang menimpa kita termasuk konflik. Teman yang seperti itu selalu memaafkan setiap kesalahan yang kita perbuat dan tidak dendam atau perlakuan kita.    

7. Orang yang selalu memberi kritikBerbeda dengan enam tipe tadi, teman yang selalu memberi kritik juga perlu bagi kita untuk introspeksi diri. Kritik positif untuk memperkuat konsistensi kita dan kritik negatif untuk memperbaiki kesalahan dan kelemahan kita. Justru orang yang memberi kritik tersebut akan lebih memperhatikan kita bahkan pada sesuatu yang kadang kita abai sekalipun.

Sesungguhnya teman terbaik apabila memiliki semua sifat di atas, akan tetapi tidak ada manusia yang sempurna. Bila setidaknya ada satu yang dimiliki dari tipe itu sudah cukup untuk menjadi teman kita. Semoga bermanfaat.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel