7 Pekerjaan Yang Wajib Pakai Masker Sebelum Pandemi Covid-19

Masker (Ist)

Semakin meningkatnya penyebaran Virus Corona-19 atau Covid-19 di Indonesia dan dunia memaksa penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) semisal masker semakin wajib dilakukan.

Tidak peduli itu pekerjaannya dokter, perawat, tukang bahkan dosen, guru hingga petani pun diwajibkan pakai masker. Terlebih setelah keluarnya edaran dari pemerintah untuk menggunakan masker setiap keluar rumah.

Pada dasarnya masker berfungsi untuk melindungi hidung dan mulut tidak terkena polisi baik itu dari mikroorganisme maupun non mikroorganisme.

Pandemi Corona ini jelas masker berfungsi untuk melindungi seseorang dari penyebaran penyakit yang dinilai berbahaya dan telah mengambil 80 ribu korban lebih seluruh dunia.

Jauh sebelum Wuhan mengumumkan kasus penyakit Covid-19 Januari 2020, penggunaan masker juga sudah biasa dilakukan oleh masyarakat dengan pekerjaan tertentu.

Berikut akan Teksinfo paparkan pekerjaan yang mewajibkan pekerjanya menggunakan masker beserta kegunaannya.

1. Perawat

Perawat jelas menjadi pekerjaan terwajib yang menggunakan masker. Hal ini dikarenakan untuk menghindari tertularnya penyakit dari pasien atau menularkan penyakit kepada pasien.

2. Dokter

Selain perawat yang wajib menggunakan masker yakni dokter khususnya saat operasi dan menangani pasien dengan gejala penyakit menular lewat udara. Saat operasi dokter memakai masker bertujuan untuk melindungi diri dari mikroorganisme, sekaligus juga melindungi pasien dari kemungkinan terkena mikroorganisme yang dibawa dokter.

3. Pekerja Konstruksi

Pekerja konstruksi seperti kuli bangunan juga menjadi salah satu pekerjaan yang amat membutuhkan masker. Manfaatnya jelas untuk menghindari paparan polusi dari udara saat mengerjakan konstruksi.

4. Tenaga Laboratorium

Tenaga lab atau analis lab juga menjadi pekerjaan yang amat membutuhkan masker saat bekerja. Selain untuk terhindari dari paparan polusi dan mikroorganisme, masker juga berfungsi mencegah masuknya bau menyengat saat bekerja yang dapat mengganggu sistem tubuh.

5. Pekerja kebun

Pekerja kebun atau kandang juga membutuhkan masker saat bekerja. Semisal pemotong rumput membutuhkan masker agar loncatan potongan rumput atau tanaman tidak terhirup hidung atau masuk ke mulut.

6. Pekerja pengelolaan sampah

Tukang sampah atau yang biasa mengumpulkan sampah juga membutuhkan masker untuk melindungi diri dari paparan polusi, mikroorganisme dan bau menyengat. Karena pekerjaannya yang cukup ekstrim dan berhadapan dengan hal-hal yang tercemar masker menjadi alat pelindung diri yang amat dibutuhkan.

7. Pekerjaan penggali tambang

Sama seperti pekerja konstruksi, penggali tambang juga merupakan pekerja yang membutuhkan masker. Tujuannya untuk melindungi diri dari polusi, paparan mikroorganisme dan bau berbahaya.

Itulah tujuh pekerjaan yang sebelum pandemi Covid-19 terjadi cenderung menggunakan masker dalam setiap kerjanya. Tentunya masih ada lagi pekerjaan lain yang membutuhkan masker dalam bekerja termasuk ketika sakit flu di beberapa negara penggunaan masker menjadi kewajiban.

Semoga ini bermanfaat, dan pandemi Covid-19 dapat segera berakhir. Aaamiin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel