Rektor Universitas Baiturrahmah Kedua Tutup Usia

Alm. Prof Firdaus Rivai (ist)

Rektor Universitas Baiturrahmah Periode 1996-2016 atau rektor kedua setelah kampus berdiri pada 1994 Prof. Ir. Firdaus Rivai meninggal dunia pada Jumat 21 Mei 2021 di Rumah Sakit M Jamil Padang.

Mantan Guru Besar Fakultas Pertanian Universitas Andalas dan pernah menjabat wakil rektor pada kampus tersebut serta pernah menjadi Koordinator Kopertis X telah dimakamkan di pekuburan Unand, Ulu Gadut pada Jumat 21 Mei 2021.

Prof. Firdaus Rivai yang lahir pada tahun 1937 tersebut menjadi rektor terlama dalam sejarah Unbrah sebelum digantikan Prof Dr. Ir. Musliar Kasim, M.S pada 2016.

Usai menjabat sebagai Rektor Unbrah, Prof Firdaus tetap menjaga komitmen untuk mengabdi kepada kampus Unbrah dan konsisten dalam mengembangkan pembuatan buku di Unbrah.

Melalui arahan dan inisiasinya, Prof Firdaus mampu mendorong dosen dan tenaga kependidikan di Unbrah dalam menulis buku ber ISBN baik buku teks dan buku ajar.

Hingga beberapa bulan sebelum tutup usia Prof Firdaus masih membagikan buku ajar dan buku teks dosen Unbrah kepada unit dan lembaga yang ada di Unbrah.

Rektor Unbrah saat ini Prof. Dr. Ir. Musliar Kasim, M.S yang hadir di rumah duka tempat disemayamkan jenasah Prof firdaus di Air Tawar No 3 Padang mengaku kehilangan sosok motivator andal dalam dunia pendidikan tinggi.

Rektor Unbrah yang bersama Ketua Yayasan Pendidikan Baiturrahmah H. Amran Sutan Sidi Sulaiman dan istri Hj Maizarnis ikut mengantarkan jenasah Prof Firdaus hingga pemakaman di Ulu Gadut Padang.

Sebelumnya seminggu jelang wafat, Prof Firdaus dirawat di RSI Siti Rahmah dan kemudian di RSUP M Djamil hingga tutup usia.

Selain civitas akademika Unbrah , civitas akademika Unand juga ikut datang takziah dan mengantarkan hingga pemakaman.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel