7 Manfaat Berkaraoke Online Untuk Penguatan Kepribadian

Ilustrasi (pixabay.com)




Sama seperti berkaraoke di dalam ruangan, bernyanyi lewat aplikasi juga memiliki banyak manfaat khususnya untuk penguatan kepribadian

Dikatakan menguatkan kepribadian, karena dengan bernyanyi meski melalui aplikasi akan merangsang perbaikan kesehatan dalam tubuh yang berujung pada penguatan mental. Seterusnya dapat menjadi modal penguatan kepribadian.

Perbedaan yang kentara antara karaoke online dan karaoke di dalam ruangan tidak terlalu nyata. Bahkan di Karaoke Online hasil suara kita dapat didengarkan banyak orang dan mungkin mendapat suka atau apresiasi. 

Jelas hal ini akan meningkatkan kepercayaan diri yang berimbas pada perilaku berikutnya.

Di bawah ini Teksinfo akan paparkan 7 manfaat berkaraoke melalui aplikasi online yang dapat menguatkan kepribadian. Paparan ini berdasarkan penelitian beberapa ilmuwan, serta pandangan dan pengalaman penulis.


1. Mengurangi bahkan menghilangkan stres

Bernyanyi lewat aplikasi dapat dilakukan di manapun dan kapan pun. Hanya melalui ponsel atau laptop kita bisa memilih lagu yang disukai dan tersedia di aplikasi untuk dinyanyikan. Apabila di sela pekerjaan saat waktu istirahat, menyanyi karaoke online dapat mengurangi stres karena tugas yang menumpuk. Dengan mengeluarkan suara lantang menyesuaikan intonasi dari lagu akan melepaskan energi negatif di dalam tubuh yang dapat merangsang kebahagiaan. Sehingga amat wajar bila ada seseorang yang stres kemudian bernyanyi menjadi lebih tenang. Hal ini juga diperkuat dengan penelitian oleh Profesor Takeshi Tanigawa dari Ehime University School Of Medicine Jepang. Dia mengatakan menyanyi dapat mengeluarkan hormon kebahagiaan yang tentu dapat menghilangkan pemikiran yang negatif atau beban berat.

Ilustrasi (pixabay.com)


2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau imun

Sejalan dengan mengurangi stres, penelitian dari peneliti di University of California Amerika Serikat menyebutkan dengan menyanyi, sistem protein dalam tubuh akan meningkat. Hal ini juga akan dipicu karena hormon kartisol mengalami penurunan. Dengan meningkatnya sistem protein juga jelas menjadi modal penguatan imun tubuh. Sejatinya penguatan imun tubuh akan merangsang perbaikan tubuh menjadi lebih sehat. Bila fisik sudah sehat jelas akan merangsang pemikiran yang sehat juga. Hebatnya hanya melalui aplikasi online kita tidak perlu susah memilih tempat karaoke. Karena dapat dilakukan hanya dengan di rumah atau di tempat yang diinginkan.


3. Menstimulasi otak dan membuat lebih cerdas

Selain berasal dari fisik yang sehat karena mengurangi stress, otak juga dapat terstimulasi langsung saat bernyanyi. Dengan tampilan lirik dan keharusan memunculkan kreativitas bernyanyi mengikuti alunan lagu juga akan merangsang otak berpikir. Selain itu saat menyanyikan satu lagu, otak dipaksa mengingat lantunan lagu yang tepat dinyanyikan penyanyi aslinya. Terlebih bila kita ingin menirukan penyanyi asli dalam melantunkannya, otak akan dipaksa kerja keras untuk mengingat cengkok lagu, ritme dan gaya khas dari penyanyi. Bila ini dilakukan terus menerus, otak akan terstimulasi terus yang menyebabkan terjadi aktivitas kuat di otak. Secara perlahan ini membantu penguatan daya pikir yang berujung pada peningkatan kecerdasan. Hal ini sama dengan kita membaca kemudian menghafal sebuah tulisan atau artikel.


4. Memberikan energi positif dan tenang dalam menghadapi masalah

Secara runtutannya dengan stres berkurang, sistem imun meningkat, fisik menjadi sehat dan otak terstimulasi positif jelas akan menimbulkan pemikiran positif yang berujung pada kemunculan energi positif. Bila kita sudah memiliki energi positif tentu dalam tindakannya akan mengarah pada yang positif. Seperti dalam ketenangan menghadapi masalah. So, dapat dicobakan juga bila kita ada masalah rumit, cobalah unduh aplikasi karaoke  online yang banyak bertebaran kemudian mulai berkaraoke ria.


5. Melancarkan pernapasan dan sistem sirkulasi

Dari riset yang dilakukan Prof Graham Welch dari University London, bernyanyi seperti karaoke sama dengan kegiatan senam yang mampu melancarkan peredaran oksigen dalam darah. Dengan begitu tubuh tidak akan merasa gelisah dan tegang karena jantung dan paru-paru aktif dalam sirkulasi. Ditambahkan juga Riset dari Sahlgrenska Academy di Universitas Gothenburg, Swedia membuktikan bahwa menyanyi memiliki manfaat yang setara dengan meditasi yoga. Hal ini meyakini bahwa bernyanyi dan yoga berfungsi untuk menjaga sistem pernapasan. Alasannya fisik manusia akan mengaktifkan saraf vagus dari batang otak ke jantung saat kita bernyanyi dan mengembuskan napas. Saraf vagus yang aktif akan membuat jantung berdetak lebih lambat dan diyakini baik untuk menigkatkan kesehatan emosional. Dari pengalaman penulis juga saat nafas kita tersengal bahkan sedikit sesak dengan berkaraoke dapat mengurangi masalah tersebut. Selain itu bila kepala pusing dengan bernyanyi akan menjadi lebih baik. 


6. Meningkatkan skill komunikasi

Bagi yang kesulitan dalam hal komunikasi atau berbicara memilih berkaraoke online akan melatih skill intonasi bicara kita. Memang karaoke hanya mengucapkan lirik yang disesuaikan dengan lagu, akan tetapi intonasi dan lantangnya suara dapat melatih ke arah itu. Terlebih bila bernyanyi di live karaoke yang menuntut kita berkomunikasi dengan banyak orang selain menampilkan bakat menyanyi. Hal ini akan membantu kita dalam presentasi atau pidato di depan khalayak ramai. Meskipun sejauh ini belum banyak penelitian ke arah itu, namun penulis pernah mencoba dan hasilnya sedikit efektif.


7. Mudah menganalisis masalah

Ini sebenarnya implikasi dari pengurangan stres, peningkatan imun dan penguatan fisik. Walaupun demikian ada secara teknis yang mungkin menjadi cara menganalisis masalah dengan berkaraoke online. Yakninya memperhatikan lirik demi lirik saat menyanyi. Bisa saja dari kandungan lirik itu atau saat menyanyi terlintas sebuah ide kreatif untuk menganalisis masalah yang tengah dihadapi. Memang tidak semua orang memiliki kemampuan mengaitkan musik dengan persoalan, namun kadang kala kebetulan dari pemilihan lagu juga mencerminkan persoalan yang kita hadapi.

Itulah tujuh manfaat berkaraoke online bagi penguatan kepribadian kita. Memang masih butuh penelitian lebih lanjut untuk memastikan hal tersebut. Akan tetapi tidak ada salahnya dicoba, semoga bermanfaat.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel