7 Ciri Seseorang Yang Hanya Memanfaatkan Teman

Ilustrasi (pixabay.com)


Teman yang loyal, setia dan mau mendukung setiap langkah tentu menjadi dambaan semua orang, namun perlu diwaspadai bila hanya untuk memanfaatkan semata.

Pada dasarnya seseorang yang memiliki pemikiran positif dan akhlak terpuji kurang dapat membedakan maksud dan kebaikan teman terhadap dirinya.

Dalam pemikirannya, setiap teman yang meminta pertolongan harus segera dibantu terlepas dari tujuan yang akan dibantu tersebut.

Meskipun begitu perlu diperhatikan bila seorang teman terus-terusan minta bantuan, namun banyak alasan saat dimintai bantuan. Bisa jadi teman ini hanya memanfaatkan seseorang saja.

Sejatinya dalam dunia kerja atau pergaulan sehari-hari, tolong menolong antar sesama memang wajib dilakukan. Akan tetapi bila ini berjalan berat sebelah ini perlu diwaspadai.

Berikut Teksinfo paparkan 7 ciri seseorang yang hanya memanfaatkan temannya untuk mewujudkan keinginan pribadi.

1. Meminta bantuan secara mendesak

Teman yang hanya memanfaatkan seseorang tidak peduli dengan situasi dan kondisi yang sedang dialami. Meski dalam keadaan sedih pun, seseorang akan meminta bantuan kepada orang lain. Bahkan orang ini akan terus melakukan berbagai cara minta bantuan meski temannya keberatan. Orang seperti ini selalu ada cara meyakinkan temannya untuk membantu.

2. Memaksa untuk dibantu dengan mengiming-imingi imbalan

Setali tiga uang dengan meminta bantuan secara mendesak, orang ini memaksa minta dibantu dengan mengiming-imingi imbalan jasa. Tidak peduli juga dengan kondisi temannya, iming-iming imbalan diyakininya bisa meluluhkan temannya. Perilaku ini biasanya terjadi di dunia kerja atau dunia usaha.

3. Pergi tanpa jejak setelah urusannya selesai dibantu

Ciri lain dari seseorang yang hanya memanfaatkan temannya yakni pergi tanpa jejak setelah urusannya rampung. Orang ini hanya menganggap temannya penting saat dibutuhkan namun jika tidak dibutuhkan akan diabaikan. Selain itu alasannya, orang ini tidak menyukai temannya sehingga tidak ingin dimintai bantuan nantinya.

4. Tidak ada atau banyak alasan saat dibutuhkan bantuan

Orang seperti ini selalu mengungkapkan berbagai alasan ketika dimintai bantuan temannya. Padahal temannya tersebut sering membantunya. Alasannya macam-macam bila diminta bantuan untuk meminjamkan uang, dirinya akan berkata tidak punya uang atau diperlukan untuk kebutuhan. Orang seperti ini juga termasuk berbuat curang dan ingin menang sendiri.

5. Selalu berharap ditraktir,tapi gak mau mentraktir

Orang seperti ini juga selalu berharap mendapat bagian rezeki orang lain namun enggan memberikan sebaliknya. Walaupun demikian ini tidak serta merta dia kikir dan enggan mentraktir orang lain. Sebab bisa saja meski ada teman yang selalu membantu dirinya, bukan termasuk yang prioritas untuk ditraktir.

 6. Senang memuji tapi tidak pernah mendukung

Teman seperti ini suka menjadi pendengar yang baik bagi temannya saat bercerita. Selain itu kerap memuji setiap hal yang diceritakan temannya tentang kebanggaan. Hanya saja saat temannya meminta dukungan, orang ini tidak mendukung justru malah menjatuhkan. Dengan kata lain dia memanfaatkan orang lain untuk menggali ilmu lebih dalam dan pengalaman sebagai bekal untuk menjatuhkan temannya.

7. Menganggap seseorang tidak profesional

Seseorang yang ini biasanya terjadi antara atasan kepada bawahan dalam dunia kerja. Alih-alih kewajiban tugas harus dilakukan atasan, ini dilimpahkan kepada bawahan tanpa mendapatkan rekomendasi atau bahan lengkap dari pimpinan. Artinya bawahan dituntut mencari sendiri bahannya kemudian melengkapi tugasnya. Kemudian saat tugas tersebut telah rampung, sang pimpinan langsung mengklaim itu hasil kerjanyan sendiri tanpa mengapresiasi bawahannya. Apabila kemudian hari bawahan protes, sang pimpinan hanya bilang "kamu tidak profesional". Kata "Kamu tidak profesional" juga sering diucapkan pimpinan saat bawahannya tidak becus bekerja. Hanya ini bagian dari kewajaran sebagai peringatan dan pengawasan pimpinan kepada bawahan.

Itulah tujuh ciri orang yang hanya memanfaatkan temannya untuk mencapai keinginan. semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel