7 Keuntungan Menggunakan Aplikasi Android Fast Notepad


Fast Notepad (teksinfo.com)


Bagi penulis yang menggunakan android untuk menyelesaikan karyanya tentu membutuhkan aplikasi penunjang, Fast Notepad bisa jadi pilihan.

Sesuai namanya Fast Notepad memang berfungsi sebagai cara mencatat dengan cepat, efisien dan nyaman.

Salah satu aplikasi yang tersedia di Google Play store ini dinilai cukup nyaman bagi penulis atau sekedar membuat catatan harian, karena memiliki tampilan yang sederhana.

Meski memiliki tampilan sederhana, aplikasi ini dinilai cukup mumpuni untuk menunjang penulis berkarya dengan efektif dan efisien.

Bahkan bagi seorang jurnalis atau pekerja yang membutuhkan catatan pengingat, aplikasi ini amat direkomendasikan karena memiliki beberapa fitur seperti hari dan tanggal serta daftar tulisan.

Berikut Teksinfo paparkan 7 keuntungan menggunakan aplikasi Fast Notepad beserta penjelasannya.


1. Ringan hanya 300 KB

Keuntungan pertama yakni ukurannya yang ringan yakni hanya mencapai 300an kb. Aplikasi ini juga tidak akan memperberat kinerja memori karena tampilannya yang sederhana. Selain itu dengan hanya 300 kb hampir semua jenis ponsel android bisa menggunakan aplikasi ini. Dengan catatan android yang dipakai telah di atas android 1.6. Akan tetapi saat ini rata-rata ponsel telah memiliki platform android tipe 10. Sehingga dipastikan Fast Notepad bisa digunakan di ponsel android apapun.

Tampilan antar muka Fast Notepad (teksinfo.com)


2. Memiliki fitur edit bahasa tulisan

Salah satu keunggulan lain dari aplikasi ini yakni adanya fitur edit bahasa dan tulisan. Memang ini disesuaikan juga dengan jenis keyboard yang dipilih. Meskipun demikian bila dipadukan keduanya khusus Bahasa Indonesia , setiap kata yang ditulis tidak baku atau salah akan diberikan garis merah. Ini akan memudahkan saat menulis untuk segera memperbaikinya. Di samping itu dengan tambahan dari fitur keyboard koreksi kata juga akan memudahkan menulis dengan aplikasi ini.


3. Bisa membuat folder sehingga bisa mengelompokkan catatan

Keuntungan lain dari aplikasi ini yakni terdapat fitur pembuatan folder sehingga dapat mengelompokkan jenis catatan. Ini amat direkomendasikan bagi jurnalis atau seseorang yang senang menulis catatan harian. Bagi jurnalis dapat digunakan untuk mengelompokkan jenis berita atau merekapitulasi berita berdasarkan waktu. Sebab dalam aplikasi ini juga ditentukan secara rinci Hari, Bulan dan Tahun serta tanggal yang memudahkan penulis. Dengan adanya folder ini juga memudahkan penulis untuk mencari tulisan di masa depan.


4. Memiliki fitur dibagikan yang mudah

Fitur bagi atau share memang dimiliki hampir semua jenis notepad. Akan tetapi di aplikasi Fast Notepad proses untuk dibagikannya cukup simpel dan cepat termasuk memasukkan ke dalam email. Bahkan dengan disalin saja sudah dapat dibagikan ke beragam media sosial.


5. Saat disalin mudah menyesuaikan dengan format Word

Keuntungan lain menggunakan aplikasi Fast Notepad yakni saat telah selesai diketik, tulisan yang disalin atau dicopy akan menyesuaikan saat ditempel atau dipastekan ke Microsoft Word atau Office lainnya. Sebaliknya tulisan yang dicopy dari Word juga dengan mudah menyesuaikan di Fast Notepad. Walaupun demikian kadang kala membutuhkan perubahan. Akan tetapi  dapat dengan mudah dilakukan pengeditan dengan Fast Notepad.


6. Terdapat penyimpanan file teks otomatis

Keunggulan lain dari Fast Notepad yakni dapat menyimpan sendiri hasil tulisan baru saat program tertutup atau pengguna ponsel mengalihkan task. Walaupun demikian perlu diingat kadang kala saat disimpan, masih ada tulisan terakhir yang kita buat belum tersimpan. Meskipun begitu dengan memastikan kembali dengan mengklik tulisan tersebut, hal ini dapat teratasi.


7.  Catatan dapat dikunci atau dienkripsikan

Keuntungan lain dari aplikasi ini, tulisan dapat dienkripsikan atau dikunci dengan menggunakan password. Bila suatu saat ingin melihat, pengguna tinggal memasukkan password untuk mendapatkan kembali tulisannya. Ini sangat direkomendasikan bagi orang yang suka menulis buku harian dan agar tidak diketahui banyak orang.

Itulah keuntungan menggunakan aplikasi Fast Notepad yang secara tema dapat juga diganti warnanya sesuai keinginan. Di samping itu juga dapat menyesuaikan ukuran font besar, kecil atau sedang. Memang kelemahan dari jenis aplikasi ini tidak ada fitur Redo dan undo atau replace word. Artinya hanya penulis yang andal serta teliti yang direkomendasikan menggunakan aplikasi ini. Namun bila sudah tahap itu, penggunaan aplikasi ini akan jadi prioritas dibanding aplikasi sejenis. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel