7 Makna Mobil Mainan Bagi Si Kecil

 

Ilustrasi main mobilan (pixabay.com)

Mainan untuk seorang anak juga memiliki makna dan arti penting, tidak terkecuali jenis mobil-mobilan.

Bagi sebagian besar orang sebuah mainan hanya menjadi sebuah alat penghibur si kecil. Padahal bila ditelisik lebih jauh ada makna lain yang mungkin dipersepsikan oleh anak meski dengan konteks secara sederhana.

Hal ini terlihat saat si kecil mengutarakan sesuatu atau kebiasaan saat bermain. Kecenderungan anak yang suka bermain mobil-mobilan kerap mengutarakan berbagai hal kepada orang tua saat dihadapkan dengan beragam jenis.

Tidak bermaksud lebay atau alay, tiada salahnya bila orang tua mencoba memahami lebih jauh makna yang terkandung dalam respon si kecil tersebut.

Di bawah ini teksinfo kelompokkan tujuh macam mobil-mobilan berdasarkan pemahaman si kecil.


1. Mobil Truk 

Menegaskan keperkasaan dan kekuatan karena mampu membawa banyak barang. Anak balita selalu menganggap mobil truk adalah mobil yang bisa dibawa ke manapun dan dimainkan dengan cara apapun


2. Mobil Sedan 

Menegaskan estetika dan keindahan. Biasanya anak-anak laki laki secara spontan saat melihat mainan mobil sedan langsung mengatakan bagus. Baik dari bentuknya, pintunya, kaca bahkan hanya bungkusnya.

Ilustrasi (pixabay.com)


3. Mobil Pemadam Kebakaran atau Fire Truck 

Melambangkan keberanian dan kekokohan suatu kendaraan. Anak-anak mengambil persepsi kalau mobil mainan pemadam kebakaran berisi petugas pemadam kebakaran yang berani dan siap berkorban jiwa raga untuk memadamkan api.


4. Mobil Ambulans 

Melambangkan rasa saling menyayangi dan tolong menolong antar sesama yang kesusahan. Balita atau anak yang bermain ini memiliki persepsi mobil ambulans untuk menolong orang yang sakit atau kecelakaan.


5. Mobil Monster Truck 

Menegaskan pemberontakan terhadap ketidakadilan. Anak-anak sering mengambil pemahaman mainan monster truck yang memiliki ban lebih besar dari dudukannya sebagai mobil yang bisa melewati apapun. Ada istilah mobil ini bisa melewati mobil apapun dengan memanjatnya. Bahkan bila dalam bentuk Radio Control (RC) mobil jenis ini mampu andal dijalankan di segala Medan.

Ilustrasi mobilan (pixabay.com)


6. Mobil Tamiya 4WD, 

Si gesit yang patuh. Bagi si kecil mobil ini dimaknai sebagai mobil yang cepat, gesit tapi teratur pada lintasannya. Bahkan bila tidak ada lintasan mobil Tamiya hanya bisa jalan lurus tidak belok-belok.


7. Mobil Bus

Mobil bus zaman sekarang ini bagi anak-anak diibaratkan si cerewet yang baik hati. Alasan si cerewet karena disandingkan dengan salah satu karakter mobil kartun yang terkenal di televisi. Di siaran televisi, anak-anak mengenal sebuah mobil bus yang pandai bicara dan terus bicara. Akan tetapi mobil ini cukup baik hati dan menolong sesama.


Itulah 7 macam mobil mainan beserta pemahaman dan makna bagi si kecil. Ini hanya didasarkan pengamatan dan analisis teksinfo. Masih dapat dikembangkan atau dibuktikan lagi dengan penelitian lebih ilmiah. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel