7 Kemungkinan Bila Melakukan Wisata Hanya Dengan Pikiran

Ilustrasi (pixabay.com)


Kemunculan tur wisata daring karena pandemi Covid-19 mengindikasikan bahwa kegiatan bersenang-senang tersebut, bukan hanya dengan bepergian jauh melainkan juga dapat dilakukan di sekitar tempat tinggal atau kantor.

Bedanya bila wisata bepergian, fisik dan pikiran yang melakukan perjalanan, bila di rumah atau di kantor hanya pikiran yang melanglang buana.

Bukan semata melamun dan terpaku di ruang belajar, sofa atau tempat tidur, perjalanan pikiran yang mungkin disebut wisata pikiran ini juga tetap melakukan aktivitas secara terbatas. Hanya saja untuk melakukan wisata pikiran ini, orang dituntut mengembangkan imajinasinya.

Sebab bagi orang tertentu imajinasi juga dapat memberikan kesenangan dan kesegaran bagi fisik serta mental.

Bahkan kreativitas seseorang dapat muncul dan berkembang, berawal dari imajinasi atau memikirkan sesuatu yang tidak nyata.

Tentu dengan adanya pandemi ini kegiatan menjadi terbatas seperti hanya di rumah atau di kantor saja, walaupun demikian bila dicoba tentu wisata pikiran ini bisa menjadi tantangan tersendiri.

Memang apa yang akan disampaikan teksinfo di bawah ini belum terbukti secara penelitian, namun penulis telah melakukan hal tersebut dan cukup representatif untuk melakukan wisata sederhana.

Di bawah ini disebutkan 7 kemungkinan kegiatan yang dilakukan dalam wisata pikiran


1. Memandang dan memilih tanaman yang ada di sekitar kemudian memikirkan keindahannya

Hal ini dapat dilakukan dengan mengamati tanaman yang tumbuh di sekitar rumah atau kantor misalnya bentuk buah, bunga, warnanya. Dengan mengamati setiap perubahan yang terjadi setiap harinya, sambil memikirkan hal hal yang membahagiakan, atau mengingat kenangan positif dengan tanaman tersebut.


2. Memikirkan estetika dari sebuah ruangan kemudian melihat dari berbagai sudut pandang positif 

Memikirkan estetika atau keindahan ini tentu didasarkan indikator yang ditentukan masing-masing. Misal mengapa kursi diletakkan didekat meja, atau hiasan di letakkan di bofet dan sebagainya.

Ilustrasi berpikir (pixabay.,com)


3. Memandang keramaian orang di sekitar 

Ini dapat dilakukan bila di kantor memikirkan hal pengalaman positif bersama teman atau momen yang bahagia, bila di rumah tentu dengan keluarga.


4. di depan komputer atau depan kertas membayangkan perjalanan wisata yang pernah dilakukan 

Kemudian diabadikan dalam sebuah tulisan, dengan bumbu rencana di masa depan serta pengalaman menonton di televisi atau video streaming


5. Melakukan kegiatan bermanfaat 

Sebagai contoh membersihkan pekarangan rumah, kemudian memikirkan untuk penataan dari lingkungan tersebut. Misal setelah membuang sampah kita dapat menambahkan pot bunga, hiasan atau membuat taman kecil.


6. Melakukan wisata visual dengan menonton live streaming yang memperlihatkan lokasi wisata di seluruh dunia

Ini termasuk bagian tur visual yang saat ini menjadi gandrung karena adanya Covid-19. Perbedaannya kita tidak perlu membayar pemandu wisata namun cukup mengikuti secara livestreaming di beberapa media sosial seperti Youtube, Instagram dan Facebook.


7. Mengambil video situasi, kondisi di sekitar lingkungan 

Merekam kegiatan dan situasi dan kondisi yang ada di kantor atau rumah. Kemudian mengabadikan momen demi momen yang muncul. Bila dilakukan setiap hari tentunya akan menemukan momen yang berbeda. Dengan mengelilingi lingkungan rumah atau kantor tentu termasuk melakukan perjalanan bila mendapat kesenangan sudah disebut wisata.

Itulah kemungkinan kegiatan yang dilakukan dalam wisata pikiran. Ini tidak semata harus dilakukan di rumah atau di kantor, sekalipun di tempat wisata juga bisa melakukannya. Sekali lagi ini masih analisis penulis perlu dibuktikan lagi dengan telaah ilmiah. Tapi setidaknya tidak ada salahnya dicoba, siapa tahu bermanfaat.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel