7 Faktor Kekalahan Perdana AC Milan Musim 2020-2021

 

Ilustrasi AC Milan (wikimedia.org)


Tumbangnya AC Milan atas Lille 0-3 di ajang Europa League Jumat 6 November 2020, menjadikan kekalahan perdana klub asal Italia itu selama musim 2020-2021.

Setelah mengenyam 24 kali tidak terkalahkan unbeatable, anak asuh Stefano Pioli akhirnya harus mencium kanvas saat bintang asal Turki Yusuf Yazici menjadi pahlawan kemenangan Lille atas Milan.

Beragam persepsi dan pandangan Milanisti di seluruh dunia atas kekalahan Zlatan Ibrahimovic tersebut. Seperti akibat kelelahan, hingga kesalahan pemilihan pemain oleh pelatih.

Berikut akan teksinfo paparkan 7 faktor kekalahan AC Milan atas Klub Prancis Lille di Europa League. Kesemua faktor ini berdasarkan penilaian Milanisti seluruh dunia yang dilansir di beberapa grup di media sosial serta analisis penulis sendiri.


1. Kesalahan line up

Dari sekian banyak alasan kekalahan Milan, fans di seluruh dunia menyalahkan Stefano Pioli yang salah menempatkan pemain pada pertandingan itu. Kesalahan utama yakni memainkan Samu Castillejo dan meninggalkan Alexis Saelemaekers. Samu dinilai bermain buruk di beberapa pertandingan terakhir, entah apa yang ada di benak Pioli sehingga menjadi starting line up. Selain Samu, Rade Krunic juga tidak seharusnya bermain Karena kontribusi yang jelek juga di beberapa pertandingan terakhir. Fans menyayangkan Jens Peter Hauge dan Hakan Calhanoglu tidak dimainkan sejak awal.


2. Belum kembalinya kondisi Kapten Alessio Romagnoli

Cedera yang cukup lama dari kapten Alessio Romagnoli membuat dirinya tampil tidak pada performnya. Bahkan dalam dua pertandingan lawan Udinese pada 1 November 2020. Romagnoli juga ikut memberikan penalti untuk tim lawan. Empat hari berselang giliran Lille yang mendapat penalti dari kesalahan sang kapten. Padahal sebelum cedera Romagnoli merupakan bek yang ditakuti lawan dan lugas.


3. Covid-19 pengaruhi performa Duo Raiola

Diagnosanya Zlatan Ibrahimovic dan Gianluigi Donnarumma telah membuat performa keduanya turun drastis. Dua pemain yang diageni super agen Mino Raiola ini, sering terlihat kelelahan. Meski Ibra mampu mencetak gol di beberapa pertandingan, namun secara keseluruhan permainannya masih jauh dari harapan ditambah faktor usia pemain yang sudah 39 tahun. Sedangkan kiper Gianluigi Donnarumma telah tampil dua pertandingan semenjak terserang Covid-19 mengalami underperform. Padahal dua pemain ini sering menjadi kunci penting kemenangan Milan.


4. Pemain kelelahan

Faktor kelelahan juga menjadi penyebab kekalahan Milan. Menjalani lebih dua puluh pertandingan dengan jeda waktu yang singkat membuat rotasi perlu dilakukan. Hanya saja kualitas pemain inti dan pengganti masih terlihat cukup berjarak.


5. Isu kontrak yang belum tuntas

Isu kontrak yang belum tuntas juga menjadi faktor kekalahan Milan atas Lille. Tiga pilar penting Milan yakni Jalan Calhanoglu, Zlatan Ibrahimovic dan Gianluigi Donnarumma belum menandatangani kontrak baru yang berakhir 2021 mendatang. Termasuk belum adanya kepastian permanen dari pemain pinjaman Brahim Diaz dan Diogo Dalot. Akibatnya gossip berseliweran terkait pemain, yang menyebabkan konsentrasi pemain buyar. Sehingga performa mengalami penurunan.


6. Lille Superior

Faktor lain yang menyebabkan Milan tumbang karena klub Lille tampil superior. Bila dilihat dari pertandingan, Lille tidak menguasai bola tapi cukup efektif dalam membangun serangan. Selain itu dibekali dengan pemain muda berkualitas, membuat Lille tampil menyerang dan cepat. Sedangkan bek Milan yang tampil dinilai sudah Uzur serta Romagnoli masa pemulihan. Pemain bintang muda seperti Jonathan David, Jonathan Ikone dan Yusuf Yazici mampu membuat pertahanan Milan amburadul.


7. Terlalu percaya diri

Faktor terakhir dari kekalahan AC Milan yakni mental terlalu percaya diri dan menganggap remeh dari tim. Hal ini terlihat dari pelatih yang secara jumawa memainkan rotasi pada pemain yang tidak siap. Berbekal rekor tidak terkalahkan juga menimbulkan rasa percaya diri tinggi pada pemain muda. Ditambah dengan mental labil pemain muda saat tertinggal menjadi amburadul.


Itulah tujuh faktor kekalahan AC Milan atas Lille di ajang Europe League hasil analisis Teksinfo. Semoga bermanfaat.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel