7 Alasan Orang Hanya Membaca Pesan Whatsapp Tanpa Membalas

Ilustrasi

Tentunya akan terbesit banyak pemikiran dan perasaan berkecamuk saat seseorang yang kita kirimkan pesan lalu menerima namun hanya membacanya tanpa memberikan balasan.

Hal ini yang kerap terjadi di antara pengguna aplikasi ponsel pintar Whatsapp saat tengah melakukan kirim balas pesan.

Dengan fitur yang bisa menandakan pesan sudah dibaca atau tidak dalam aplikasi tersebut, wajar bila ada pengguna yang menjadi "galau" atau banyak berharap bila pesan tidak terbalas.

Sejatinya secara etika hal ini bukanlah bagian dari komunikasi efektif karena membiarkan mengambang sebuah pernyataan terlebih itu pertanyaan. 

Walaupun begitu tentu ada beragam alasan dari seseorang untuk tidak membalas pesan tersebut.

Berikut Teksinfo akan paparkan 7 alasan kenapa pesan Whatsapp tidak dibalas oleh penerimanya dan hanya dibaca.

1. Sudah muak dengan sang pengirim

Ilustrasi
Alasan pertama pesan tidak dibalas karena sang penerima pesan sudah tidak suka atau muak dengan pengirim pesan. Bisa saja awalnya sang penerima begitu aktif dalam menjawab pesan namun perlahan pesan-pesan yang masuk membuat sakit hati, marah, kesal dan terkesan menggurui sehingga menjadikan benci dan muak. Jelas ini sesuatu yang wajar karena manusia memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Saran bagi pengirim berhenti mengirimi pesan kecuali memang penting sekali, sekaligus juga mengurangi intensitas hubungan dengan penerima pesan kecuali terpaksa harus berhubungan karena kepentingan. Saran bagi penerima, harus lebih diseleksi sebab bisa saja saat itu kita diliputi perasaan kecewa, amarah atau emosi. Tetap positif thinking dan bisa saja pesan tersebut justru menjadi faktor pendorong atau motivasi untuk dirinya. Namun bila memang sudah tidak suka dikatakan terus terang dan bukan mendiamkan.

2. Menolak cinta
Alasan kedua yakni terkait asmara khususnya bagi pria atau wanita yang tengah menjalin pendekatan. Ada kemungkinan dari pesan yang dikirim tersebut mengandung unsur ketidaksukaan penerima sehingga mengalihkan pandangan sekaligus mengubah pemikirannya. Pilihan mendiamkan atau tidak membalas membuktikan bahwa dirinya tidak mau diganggu kembali. Saran bagi pengirim tetap sabar menunggu balasannya, namun bila sampai waktu yang telah ditentukan tentu harus "move on". Saran bagi penerima segera menjawab iya atau tidak bila itu ajakan untuk menjalin asmara. Atau memberikan alasan terperinci agar si pengirim tidak berharap kembali.

3. Ketakutan
Alasan ketiga orang tidak ingin membalas pesan yakni karena ketakutan terhadap sang pengirim. Mungkin saja ada dalam pesan tersebut bernada ancaman atau hal yang sensitif sehingga menyebabkan ketakutan pada penerima. Saran bagi pengirim harus mengoreksi kata-kata pesan yang dikirim bila itu memang positif. Saran bagi penerima harus meminta penjelasan dengan lantang terkait pesan yang diterima. Sebab saat kita sudah berburuk sangka ternyata itu bukan sesuatu yang negatif jelas akan berdosa.

4. Bosan 
Alasan keempat orang tidak ingin membalas karena bosan dengan kemungkinan pesan yang berulang saat diterima. Seseorang ini tidak memiliki pandangan buruk lebih atau hingga membenci sang pengirim namun jenuh dengan isi pesan yang "itu-itu saja". Saran bagi pengirim coba scroll ke atas mungkin saja perlu koreksi kata-kata yang sama dari sebelumnya atau ada kalimat yang menyinggung. Saran bagi penerima harus dikesampingkan rasa bosan dan dibaca ulang kembali, sebab mungkin saja ada kalimat yang berpengaruh pada kepentingan.

5. Gangguan jaringan
Ini jarang terjadi namun bisa saja saat pengirim dan penerima berada pada jaringan telepon yang buruk. Saat pengirim mengirimkan pesan, lalu diterima namun penerima tidak bisa menjawab langsung karena sinyal yang tidak mendukung. Namun bagi pengirim sudah terlihat bahwa pesan terkirim dan terbaca. Saran penerima harus memberikan kode semisal memberikan SMS atau menelepon sang pengirim selagi pesan belum dapat dijawab.

6. Terlalu sibuk
Alasan lain tidak dapat membalas pesan Whatsapp langsung yakni terlalu sibuk dengan pekerjaan. Sehingga saat disela kesibukan tersebut membuka ponsel, dirinya hanya memperhatikan pesan dengan tingkat intensitas paling penting saat itu. Akibatnya pesan lain meski dibuka tetap tidak terbaca dan kemudian melanjutkan pekerjaan. Saran bagi penerima tentu menjawab dengan singkat bahwasanya sedang mengerjakan sesuatu dan berjanji akan menjawab saat waktu senggang.

7. Dibuka oleh anak balita
Alasan ketujuh orang hanya membaca pesan Whatsapp namun tidak segera dibalas karena kemungkinan secara iseng dibuka oleh orang yang tidak mengerti Whatsapp atau tidak bisa baca seperti anak balita. Sering sekali si pengirim kesal saat mengirimkan pesan Whatsapp namun tidak dibalas khususnya kepada ibu atau bapak punya anak Balita. Sebab ada kemungkinan ponsel sedang dipegang anak dan tanpa sengaja memencet-mencet sehingga terbuka pesan tersebut. Saran bagi penerima setelah tahu pesan dibuka anak yakni membalas pesan dan mengklarifikasi langsung kepada pengirim pesan.

Itulah tujuh alasan mengapa pesan Whatsapp hanya dibaca namun tidak dibalas. Ini semua berdasarkan pemikiran, pengalaman dan sharing dari berbagai rekan. Tentunya masih banyak alasan lainnya. Semoga bermanfaat.
  

  

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel