7 Keuntungan Perusahaan Memiliki Karyawan Introvert

(Karyawan Introvert Ilustrasi)


Paradigma negatif masyarakat tentang kepribadian introvert atau cenderung sendiri dan mandiri memang tidak pernah berakhir tak terkecuali di dunia bisnis dan pekerjaan, meski sebenarnya banyak keuntungannya memiliki karyawan bersifat itu.

Sifat introvert yang lebih cari "aman" dan "nyaman" serta dapat diandalkan seharusnya menjadi poin tersendiri bagi perusahaan yang memiliki pekerja berkepribadian semacam itu.

Fakta membuktikan orang-orang berkepribadian introvert mampu menjadi pimpinan yang kharismatik, kreator andal hingga aktor dan penemu ternama. Hal ini mengindikasikan bahwa mereka yang introvert cukup fokus pada suatu bidang dan tekun untuk meraih capaiannya.

Bukan hanya itu meski sering "disalahpahami" sebagai anti sosial dan sombong, nyata-nyatanya orang introvert memiliki loyalitas yang tinggi terhadap persahabatan dan instansi. Di bawah ini akan Teksinfo paparkan 7 keuntungan perusahaan memiliki karyawan introvert.

1. Andalan untuk pekerjaan atau memegang proyek

Seorang karyawan introvert akan menghindari kegiatan atau pemikiran yang berbau basa-basi sehingga setiap mendapat tugas atasan dirinya akan menyelesaikan secara fokus hingga tuntas. Memang kelemahannya introvert kerap kaku pada regulasi namun cara dia menyelesaikannya dapat membuat orang terkejut karena berbeda. Justru bagi sebuah perusahaan yang kompetitif, memiliki karyawan pekerja keras dan pemikiran yang inovatif akan bermanfaat untuk menaklukkan pesaing-pesaingnya. Orang introvert memiliki analisis mendalam dan kadang mampu memunculkan ide-ide cemerlang yang bermanfaat untuk perusahaan.

2. Cenderung patuh karena introvert menghindari politik kantor

Karyawan introvert memang akan kaku pada regulasi atau peraturan, namun dalam hal arahan kerja dirinya termasuk yang patuh. Biasanya karyawan introvert mengikuti hampir semua arahan atasan tanpa ada inisiatif yang merugikan atasan bahkan perusahaan. Hal ini mendasar sebab karyawan berkepribadian ini sama sekali tidak mementingkan kompetisi di tengah pekerja. Pemikirannya hanya satu dapat menyelesaikan tugas dengan segera dan hasilnya bermanfaat untuk kemajuan instansi. Karyawan introvert sangat tertarik pada gagasan kerja yang visioner dan ke depan, meski kadang pimpinan hanya menjadikan guyonan, bagi introvert itu sebuah tantangan yang menarik harus ditaklukkan. Jadi bila ingin perusahaan aman-aman saja berjalan dan justru cepat maju, mengedepankan karyawan introvert perlu dilakukan.

3. Introvert seorang mandiri, perusahaan bisa irit rekrut tenaga kerja

Karyawan introvert termasuk bagian dari pribadi yang mandiri yakni dapat melakukan pekerjaan dengan ide dan inisiatif sendiri. Meski tetap bersama dalam kelompok, introvert akan melakukan porsi pekerjaannya sendiri dan tidak selalu mengharapkan bantuan orang lain. Bila ini dikaitkan dengan efisiensi perusahaan jelas akan menguntungkan. Bila dianalogikan dua orang introvert dengan porsi pekerjaan yang sesuai semisal dalam editor buku dan majalah jauh lebih efisien dari lima ekstrovert pada bidang yang sama. Akan tetapi bila ini berlaku pada perusahaan multisektor tentu membutuhkan keragaman kepribadian dari pekerja. Meskipun demikian bila seorang pimpinan memerintahkan satu karyawan introvert menyelesaikan proyek, pastinya akan diselesaikan sendiri, dan bila memang deadlock ada kemungkinan dikembalikan kepada pimpinan untuk dibicarakan.

(introvert man)


4. Bila jadi pimpinan, cocok membina bawahan ekstrovert dan introvert sekaligus

Dalam hal ini bila karyawan introvert diangkat menjadi manager atau direktur dinilai dapat membina bawahan yang bersifat ekstrovert dan introvert sekaligus. Ini didasarkan dari sifat introvert yang sering menjadi pendengar yang baik sehingga dapat mendengarkan setiap keluhan atau kritik dari bawahan yang ekstrovert, tentunya bagi bawahan introvert telah ada metode tersendiri untuk membinanya. Selain menjadi pendengar yang baik, karyawan introvert dinilai memiliki pemikiran cemerlang dan pengetahuan yang luas serta terfokus sehingga apa yang disampaikan bukan semata nasihat basa-basi namun bernilai. Hal ini akan memberikan stimulasi dan motivasi bawahan untuk maju atau keluar dari masalah.

5. Karyawan introvert bisa jadi kamus berjalan

Sudah bukan rahasia lagi introvert selalu diidentikkan dengan orang yang kemana-mana bawa buku namun dalam arti positif berarti memiliki pengetahuan yang luas dan cukup berdedikasi pada ilmu tersebut. Hal ini juga menjadikan karyawan introvert sebagai tempat yang paling tepat untuk bertanya beragam hal. Termasuk dalam dunia kerja, karyawan introvert akan fokus melaksanakan sesuai yang diperintahkan pimpinan. Tentunya bila bertanya pada bidang tersebut karyawan atau pimpinan akan mendapat jawaban yang tepat dan mendalam. Bila dalam kelompok pengetahuan luas dan analisi mendalam ini dapat menjadi andalan dalam mempercepat penyelesaian suatu proyek atau kegiatan.

6. Karyawan introvert kurang suka gossip dan lebih sebagai pengamat, sehingga dapat dipercaya

Pembicaraan ngalor ngidul atau basa basi saat bekerja atau rehat kerja dalam dunia perkantoran telah menjadi kebiasaan di tengah karyawan. Namun itu lebih pada karyawan yang super, mudah bergaul dan ekstrovert. Hal ini amat jarang terjadi pada karyawan introvert yang lebih senang menyendiri dan agak kesulitan berbicara di depan orang banyak. Di samping itu sifat karyawan introvert yang lebih menyukai hal-hal bernilai dan mendalam menjadikan gossip menjadi sesuatu yang remeh. Namun jangan salah, karena introvert itu pemerhati dan update dalam pengetahuan tentunya mereka akan tahu gossip apa yang dibicarakan rekannya. Hal ini juga penting bagi rekan yang ingin menyimpan rahasia atau terdistraksi dengan adanya gossip, jelas mereka yang introvert dapat dipercaya. Selain karena tidak tertarik langsung, juga introvert tidak akan bersinggungan dengan banyak orang. Meskipun demikian, hal ini dapat menjadi boomerang bila kita masuk dalam lingkaran pertemanan introvert. Bisa saja saat ngobrol rahasia satu teman terbongkar ke teman lainnya. Namun tetap saja, hal ini tidak akan diketahui oleh banyak orang selama ada komitmen di antaranya.

7. Introvert seorang visioner , kunci kemajuan instansi

Salah satu sifat yang dimiliki introvert yakni visioner yang berpandangan ke depan dan suka mengkhayal atau berimajinasi. Dalam satu instansi karyawan yang hanya bekerja statis mengikuti regulasi dan hanya "patuh" pada pimpinan karena takut serta selalu mengikuti rutinitas dinilai tidak visioner. Alhasil suatu instansi akan berjalan di tempat dan tidak ada kemajuan. Akan tetapi bila karyawan dipenuhi dengan visi ke depan tentu akan menguntungkan karena akan ada impian dan harapan tinggal saja perencanaan dari pimpinan. Kalau perusahaan mempercayakan pada karyawan introvert hal ini akan menguntungkan, pemikiran yang dirasa tidak mungkin akan menjadi mungkin karena selain memunculkan ide biasanya beserta perencanaan dan telaah mendalam. Bukan hanya itu karyawan introvert juga akan bertanggung jawab penuh dan konsisten pada apa yang telah dilakukannya.

Itulah keuntungan perusahaan memiliki karyawan introvert berdasarkan yang Teksinfo dari beragam literatur dan wawancara beberapa psikolog. Tentunya masih ada keuntungan lainnya dan hal tersebut masih membutuhkan penelitian lanjutan. Lalu bagaimana bisa kita menentukan karakter kita introvert atau tidak. Lebih lanjut cek saja www.16personalities.com. Di situ akan disebutkan karakter dirimu berdasarkan jawaban dari beragam pertanyaan yang diberikan. Bila disebut introvert seandainya pada kategori "pikiran" lebih dari 50 persen adalah introvert bukan ekstrovert. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.  




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel