7 Karakter Spesial Mahasiswa Introvert

(Ilustrasi mahasiswa)

Sama seperti di dunia perkantoran dan sosial lainnya, dunia mahasiswa juga memiliki dua kutub kepribadian yang dicetuskan psikolog dunia Carl Gustav Jung yakni Introvert dan Ekstrovert.

Introvert cenderung bersifat pendiam dan kurang aktif serta ekstrovert yang aktif dan dinamis menjadi kajian mendalam psikolog analitis asal Canada tersebut.

Hanya suasana dan kepentingan di dunia mahasiswa dengan dunia kerja tentu berbeda, termasuk juga peranan mahasiswa yang berkepribadian introvert dan ekstrovert tersebut.

Bila mahasiswa ekstrovert telah jelas diidentikkan dengan pribadi yang mudah bergaul, banyak teman, jago berorganisasi dan cukup disegani banyak orang. Lalu bagaimana dengan mahasiswa introvert? apakah ada keistimewaannya? tentu saja ada.

Di bawah ini Teksinfo akan memaparkan 7 keistimewaan yang dimiliki mahasiswa introvert yang kadang tidak dipunyai mahasiswa ekstrovert.

1. Banyak pengagum saat mengutarakan pendapat

Seorang mahasiswa introvert jelas tidak akan membicarakan hal-hal yang dianggap remeh namun sesuatu yang berbobot dan bernilai bila kaitannya dengan mata kuliah yang diajarkan. Bahkan di antaranya ada pernyataan yang melebihi ekpektasi dosennya. Jelas ini akan membuat dosennya kagum kemudian perlahan tapi pasti bila hal tersebut sering dilakukan akan dikagumi banyak orang.

2. Dinilai jenius karena selalu tepat dalam memberikan solusi

Sifat senang menyendiri kemudian mendalami suatu ilmu pengetahuan secara kritis dan mandiri menjadikan wawasan mahasiswa introvert cukup luas. Hal ini juga akan difokuskan pada bidang mata kuliahnya dan kajiannya. Sehingga saat dimintai pendapat oleh teman atau dosen, jawabannya setuju atau mendekati setuju. Dari pengalaman penulis, mahasiswa yang introvert sebagian besar berprestasi dalam akademiknya.

3. Sifat Talk Less, Do More menjadikan mudah dihargai

Sifat mahasiswa introvert yakni sedikit bicara namun banyak bekerja. Bekerja di sini dapat dikategorikan pada dua hal, kerja di otak dan kerja di lingkungan sosial. Orang introvert termasuk "penyuka" kedamaian sehingga cenderung "patuh" pada teman. Dalam artian mereka bersifat rendah hati tentu akan menolong lebih banyak kepada teman. Hal ini membuat banyak teman menghargainya meski kadang kala ada yang iri hati dengan merisaknya.

4. Jadi wadah curhat teman

Keistimewaan dari mahasiswa introvert lainnya yakni sering menjadi wadah curhat bagi temannya. Hal ini dikarenakan mahasiswa introvert tidak terlalu tertarik dengan gossip dan lebih senang memperhatikannya. Karena perhatian mendalam tersebut, mahasiswa introvert bisa menjadi tempat curhat sekaligus mesin penyemangat atau pemberi motivasi bagi temannya. Dikatakan "mesin" motivasi karena setiap penyampaian si introvert selalu berbobot dan penuh pengetahuan mendalam. Ini juga mengindikasikan mahasiswa introvert cukup dipercaya temannya.

5. Jago menulis

Karena talk less, do more, introvert lebih senang berimprovisasi dalam sebuah tulisan. Karena kerjanya hanya memperhatikan pada objek yang ada di sekitar, dirinya dengan mudah mengungkapkan sesuatu dalam sebuh tulisan atau ketikan zaman sekarang. Kadang kala dalam mengungkapkan perasaannya kepada seorang lawan jenis diekspreksikan melalui puisi. Intensitas menulis introvert ini sangat tinggi sehingga perlahan melatih keterampilan dan kreativitas, ditambah dengan otak yang selalu berjalan menjadikannya jago menulis. Nah bagi mahasiswa ini jelas menguntungkan terutama menyelesaikan tugas akhir yang membutuhkan kajian mendalam dan banyak referensi bacaan.

6. Penganalisis terbaik dalam suatu organisasi

Bila mahasiswa introvert masuk ke dalam suatu organisasi peran paling pantasnya yakni menganalisis setiap kegiatan yang akan dijalankan atau mengevaluasi suatu kegiatan. introvert juga tergolong dalam pribadi yang visioner atau berpandangan ke depan. Hal ini saat rapat organisasi penting untuk memintai gagasan dan pendapat tentang kemajuan organisasi ke depan.

7. Banyak yang naksir

Mahasiswa introvert tergolong ke dalam pribadi yang misterius dan penuh tantangan namun penuh kejutan. Hal ini yang menyebabkan banyak lawan jenis yang penasaran dan dapat tertarik pada mahasiswa introvert. Dengan bekal kecerdasan, kelihaian dalam ide cemerlang amat wajar banyak mengaguminya tidak terkecuali lawan jenis. Bahkan dari pengalaman penulis, pria introvert banyak dikagumi banyak wanita karena selain misterius, sifat dinginnya membuat wanita penasaran.

Jadi teman tidak perlu berkecil hati bila kita sebagai mahasiswa memiliki kepribadian introvert seperti yang dijelaskan Carl Jung. Sebab dengan keistimewaan yang dimiliki kita masih bisa menjadi bagian dari sebuah lingkungan kampus yang beragam serta memiliki peranan yang strategis di samping menimba ilmu. Jangan lupa pendiri Facebook, Instagram dan What App saat ini Mark Zuckerberg adalah seorang mahasiswa introvert yang sukses. Semoga bermanfaat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel