7 Fakta Menarik Tentang Intan

By. Achie
Ilustrasi Intan

Siapa sih yang tidak mau pakai perhiasan berbahan baku intan atau berlian, baik cewek atau cowok pasti ingin memilikinya.

Selain karena keindahan bentuk dan warnanya, batuan intan juga memiliki nilai jual yang mahal dan memikat.

Amat wajar bila batuan yang aslinya terbuat dari karbon itu kerap disejajarkan dengan emas atau perak untuk perhiasan.

Bila ditilik lebih jauh kebanyakan orang mengenal intan, berlian dan permata adalah jenis yang sama. Tetapi pada kenyataannya ketiganya memiliki perbedaan yang signifikan. 

Di sini Teksinfo akan memaparkan 7 Fakta tentang intan yang disebut sebagai batuan karbon kelas I tersebut.

1. Intan terbentuk dari proses alamiah di bumi
Fakta pertama bahwa intan merupakan batuan yang tercipta dari kristalisasi mineral karbon di perut bumi dalam waktu jutaan tahun lalu. Akibatnya intan memiliki sifat fisika yang istimewa seperti keras dan mampu mendispersikan cahaya.

2. Intan terbagi dua, intan alami dan intan buatan
Di bumi ini intan terbagi atas intan alami yang didapatkan dari proses alamiah di perut bumi serta intan buatan yang didapatkan dari percepatan pemanasan atau makmal. Intan buatan diciptakan untuk mengejar kebutuhan akan perhiasan permata di dunia, seperti yang ada di Afrika Selatan.

3. Intan adalah induk berlian 
Dikatakan induk karena intan merupakan bahan dari pembuatan berlian bahkan permata. Artinya intan merupakan bahan mentah untuk membuat berlian atau batu permata.

4. Berlian merupakan intan yang telah diasah.
Hal ini merujuk Kamus Besar Bahasa Indonesia yang menjelaskan bahwa berlian merupakan batu yang indah dan kemilau hasil Asahan dari intan yang juga dapat langsung dijadikan perhiasan.

5. Sama seperti emas, intan juga dinilai pada tingkat karatnya.
Jelas intan dengan karat paling tinggi dinilai memiliki harga yang mahal bila diperjual belikan. Tidak semua intan dijadikan berlian terlebih dahulu kemudian dibuat perhiasan. Seperti di Martapura Kalimantan Selatan yang disebut "kota intan" , intan mentah langsung dibuat menjadi perhiasan, dengan harga yang bervariasi.

6. Bisa jadi intan terbentuk dari grafit
Pada hakikatnya intan dan grafit atau isi pensil memiliki moyang yang sama yakni karbon. Hanya saja grafit dinilai lebih tua karena mewarisi sifat karbon yakni gelap dan dan rapuh. Sedangkan intan sangat keras dan padat. Sehingga dalam prosesnya di perut bumi, intan terbentuk karena adanya proses dari grafit.

7. Pakai perhiasan intan dianalisis akan lebih awet
Hal ini karena intan memiliki kekerasan yang kuat yakni mencapai 10 Mohr. Karena sifat ini perhiasan berbahan instan langsung tidak mudah rusak atau hancur. Jadi bagi petualang atau olahragawan yang ingin pakai perhiasan disarankan menggunakan bahan intan atau berlian.

Itulah beberapa fakta unik mengenai intan yang ada di dunia. Tentunya masih ada fakta lain tentang mineral terkeras di dunia itu. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel