Suami Wajib Bantu Pekerjaan Rumah, Ini Alasannya!

Ayah (ilustrasi)


Pekerjaan rumah tangga pada satu keluarga identik selalu menjadi kewajiban istri, bahkan sebagian besar wanita memiliki pandangan kerjaan memasak, mencuci, menyeterika, hingga membersihkan rumah merupakan suatu hal yang harus ditunaikan saat menikah.

Akibatnya suami lebih fokus pada kerjaan di kantor, pulang merasa ingin selalu dilayani.

Memang sih hal ini tidaklah salah sebab sebagai anggota keluarga,  semua kewajiban dan tanggung jawab yang ada di rumah tangga tentu perlu dilaksanakan termasuk oleh istri.

Akan tetapi bila persepsi menguat "hanya istri" yang melaksanakan tugas tersebut jelas sebuah kesalahan.

Alasan utama karena suami merupakan penanggung jawab teratas dari sebuah pekerjaan rumah. Artinya jelas bila diharuskan suami juga dapat melakukan pekerjaan itu semua.

Hanya saja dalam agama memang istri sebagai abdi suami yang telah memberikan nafkah lahir dan batin memiliki kewajiban untuk membantu pekerjaan suami tersebut. Pertama untuk mendapatkan pahala karena membantu kerja suami, yang kedua untuk mendapat ridho suami yang seterusnya mendapat ridho Allah.

Meski demikian, bukan berarti suami bisa lepas tangan begitu saja karena banyak keuntungan yang didapat bila suami selalu membantu pekerjaan rumah. Berikut teksinfo paparkan alasan suami harus bantu pekerjaan rumah

1. Pekerjaan rumah tanggung jawab suami, jelas harus turun tangan.

Salah satu beban terberat laki-laki saat memutuskan menikah yakni bertanggung jawab pada semua hal rumah tangga, termasuk pekerjaannya. Pada dasarnya suami memiliki kewajiban memberikan nafkah lahir dan batin kepada istri dan anak. Nah pekerjaan rumah tangga bagian dari nafkah batin yakni kebahagiaan dan pelayanan kepada anak dan istri.

2. Suami bantu pekerjaan rumah, istri tambah sayang.

Meski suami memiliki kewajiban untuk melakukan semua pekerjaan rumah, istri yang shaleha tentu akan membantu bahkan mendominasi mengerjakannya guna meringankan beban suami. Akan tetapi sama seperti manusia lainnya, istri juga memiliki kejenuhan dan kelelahan tertentu, bila suami membantu jelas istri sangat sayang.

3. Mendapat kepercayaan mertua

Nah kalau ini efek samping dari istri tambah sayang. Tentu saat orang tua istri datang dan sang istri menceritakan tentang suami tentu akan memiliki nilai plus. Bila sudah mendapat kepercayaan mertua jalannya rumah tangga akan tenang.

4. Membuat hati lebih senang

Selain mendapat kasih sayang istri, perasaan hati juga lebih tenang dan senang. Sebab bila sudah menjadi kebiasaan dalam melaksanakan pekerjaan rumah tangga tersebut, akan ada kekurangan bila belum selesai. Bila sudah selesai hati akan senang dan tenang.

5. Bentuk pelayanan dan nafkah

Di dalam agama nafkah itu terdiri atas nafkah lahir dan batin. Nafkah lahir berupa materi sedangkan batin berupa pelayanan kepada keluarga dari suami. Jelas ini keuntungan berlipat bagi suami. 

Itulah sebagian alasan mengapa suami harus bantu pekerjaan rumah bukan hanya istri. Mudah-mudahan bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel