7 Manfaat Bermain Game Football Manager

Ilustrasi Football Manager (youtube.com)

Game football Manager menjadi salah satu permainan dan aplikasi favorit bagi pecinta sepak bola sejagad raya ini.

Game yang hanya menitikberatkan pada kemampuan memanajemen sebuah klub menjadi salah satu permainan "addictive" yang bisa mengakibatkan kecanduan akut.

Meski saat ini telah banyak game lain yang serupa dengan game besutan Eidos dan Sports Interactive tersebut, tetap saja Football manager masih yang terdepan.

Sayangnya harga game ini tidak murah, di google store untuk aplikasi ini sampai ratusan ribu rupiah untuk mendapatkannya. Walau begitu masih banyak peminat permainan yang mulai berkembang di akhir 1990an tersebut.

Sama seperti game komputer atau android lainnya, persepsi masyarakat dunia juga sebagian besar negatif seperti merusak mata, mengganggu performa kerja hingga mengganggu hubungan karena kecanduan game.

Akan tetapi bila dipandang positif khususnya bagi masyarakat di Indonesia, permainan Football Manager dan game lainnya memiliki beberapa manfaat. Berikut 7 manfaat permainan Football Manager:

1. Penghilang stres
Bagi pecandu sepak bola, bermain football manager secara normal atau tanpa aplikasi modifikasi seperti "Football Manager Modified" tentu akan mengasyikkan. Bahkan di saat banyak persoalan dengan memanajeri klub favorit dapat menjadi penghilang stres. Ini sudah dibuktikan di beberapa komunitas game tersebut yang menjadikan sebagai obat galau atau kebuntuan.

2. Mengenal dunia sepak bola lebih dalam
Bagi orang awam namun tertarik mendalami dunia sepak bola, game Football Manager menjadi pilihan yang tepat. Sebab nama pemain dan segala seluk beluknya merupakan original asli yang ada di dunia. Meski secara kemampuan tidak seperti yang sebenarnya. Setidaknya bagi yang biasa ikut kuis sepak bola, game ini bisa jadi rujukan.

3. Membantu pencarian bakat pemain
Meski hanya sebuah game, Football Manager juga dapat digunakan pelatih atau tim pencari bakat untuk mencari pemain bertalenta. Game ini jadi rujukan karena dalam menyusunnya, tim pembuat game melakukan beragam riset dan peninjauan ke lapangan untuk memastikan nama pemain atau klubnya. Tidak sedikit pelatih dunia menjadikan game Football Manager sebagai rujukan pertama dalam mencari pemain, khususnya tipe wonderkid atau pemain yang akan berkelas dunia. Hasilnya Messi, Ronaldo, Kaka, Neymar merupakan segelintir pemain yang muncul di game sebagai wonderkid kemudian bersinar jadi superstar.

4. Membantu melancarkan bahasa Inggris
Konyol memang tapi dengan sering memainkan game tersebut akan membantu pemahaman dalam berbahasa Inggris. Sebab dengan konten yang terdiri hanya tulisan dan gambar, kemudian dimainkan berulang-ulang tentunya akan bertambah kosakata dari Bahasa Inggris. Sekaligus juga dapat memberikan keberanian saat menyelesaikan tugas atau translate Bahasa Inggris.

5. Melatih diri jadi pelatih tim sepak bola
Meski ini sebatas game simulasi namun upaya kita melatih sebuah tim kemudian mendesain posisi hingga pemilihan pemain dapat sebagai modal menjadi pelatih. Saat ini banyak juga pelatih sepak bola terutama tingkat daerah salah satu meningkatkan pengetahuan strateginya melalui game tersebut.

6. Bagi dunia usaha melatih jadi manajer perusahaan
Bila dilihat di game ini kita tidak diberi wewenang sebagai pimpinan atau presiden klub namun lebih kepada manajer. Dengan menjadi manajer beberapa strategi harus dilakukan yakni dalam hal kepelatihan, keuangan, kepegawaian hingga strategi pemasaran. Bila ini dikaitkan dengan sebuah perusahaan akan bermanfaat untuk sedikit menambah ilmu manajerial.

7. Secara virtual dapat menjelajah dunia
Bermain Football Manager juga memudahkan kita mengetahui nama kota, daerah di seluruh dunia. Hal ini terlihat dari nama-nama asal klub yang berlaga atau kota kelahiran pemain dan pelatih. Biasanya kota yang asing bagi pemain Football Manager dapat langsung dikenal.

Itulah manfaat positif dari bermain Football Manager. Diharapkan ini dapat menangkal pandangan skeptis masyarakat pada game tersebut. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel