7 Lokasi Berwisata Melihat Kota Padang Dari Ketinggian

Ilustrasi ketinggian kota

Sebagai ibu kota Sumbar, Kota Padang memiliki beragam pesona yang bisa dimunculkan khususnya untuk pariwisata.

Saat ini telah dibuka dan dibangun beragam objek wisata untuk memenuhi kehausan warga dan wisatawan tentang kota yang telah berdiri lebih dari 300 tahun tersebut.

Selama ini wisatawan menikmati Kota Padang dengan berkeliling kota, berjalan di tepi pantai dan datang ke pulau sekitar. Dari sekedar kunjungan tersebut Pemkot setempat bahkan melansir pada 2018 lebih 2 juta wisatawan berkunjung ke Padang.

Sebenarnya ada satu cara lagi untuk menikmati kota Padang yakni melalui ketinggian yang saat ini belum termasuk dalam wisata yang diprioritaskan. Memang melihat Kota Padang secara keseluruhan akan memiliki sensasi yang berbeda dibanding berkunjung atau berkeliling.

Meskipun demikian, bagi wisatawan yang senang berswafoto mengunjungi beberapa tempat kemudian mengabadikan momennya tentu akan menarik. Termasuk memandang ketinggian kota Padang yang dijuluki Kota Bengkuang tersebut. Seperti melihat laut, bukit atau kantor secara langsung tanpa perlu pakai drone atau naik helikopter.

Berikut akan dipaparkan 7 tempat yang bisa digunakan untuk melihat Kota Padang dari ketinggian.

1. Gunung Padang
Tempat pertama yang bisa digunakan untuk melihat Kota Padang yakni di Gunung Padang, Kecamatan Padang Selatan. Lokasi berupa bukit yang berada di sebelah selatan kota ini, Padang dapat terlihat dengan jelas dengan memandang ke arah utara atau timur.

2. Bukit Nobita atau Tungku Tigo Sajarangan
Bukit ini terletak di Kelurahan Kampung Jua, Kecamatan Lubuk Begalung dengan ketinggian 900 mdpl. Dikatakan bukit nobita karena mirip dengan bukit belakang sekolah nobita di kartun Doraemon. Sedangkan disebut Tungku Tigo Sajarangan karena ada lokasi tiga batu yang ada di bukit itu. dari tempat ini menjadi lokasi sesuai untuk melihat Kota Padang terlebih malam hari sama persis dengan bukit yang ada di kartun Doraemon tersebut.

3. Bukit Karamuntiang atau Kampus Unand
Kampus Universitas Andalas (Unand) juga dapat menjadi lokasi untuk melihat Kota Padang dari ketinggian. Kampus yang terletak di Kelurahan Limau Manis Kecamatan Pauh tersebut bisa dijadikan lokasi swafoto untuk melihat kota Padang tepatnya di helipad dan gedung rektorat. Dengan mengambil titik pada Samudera Hindia, dari kampus Unand Kota Padang dapat terlihat secara jelas khususnya saat cuaca cerah.

4. Menara Masjid Raya Sumbar
Baru dibuka beberapa bulan lalu, menara Masjid Raya Sumbar juga dapat dijadikan lokasi untuk melihat Kota Padang dari ketinggian. Dengan naik ke menaranya kita dapat melihat keindahan Kota Padang ke segala arah.

5. Gedung Shelter Tsunami
Dibanding lokasi sebelumnya, tentu ini tidaklah bisa melihat secara keseluruhan dari Kota Padang, akan tetapi sudah cukup untuk melihat beberapa lokasi. Seperti shelter besar di Tabing dan Pantai Padang yang bisa digunakan melihat Pasar Raya dan pantai sekaligus.

6. Gedung perhotelan
Selain shelter beberapa gedung perhotelan yang memiliki tinggi lebih dari empat tingkat dapat dijadikan tempat melihat Kota Padang. Hal ini dapat dilakukan sebab gedung tinggi di Padang masih minim sehingga keindahan kota masih dapat dinikmati secara jelas.

7. Lantai lima Pasar Inpres Pasar Raya
Sama seperti gedung perhotelan dan shelter, di salah satu gedung Pasar Inpres Pasar Raya yang baru rampung pada 2018 dapat juga melihat Kota Padang. Meski tidak bisa melihat secara langsung, namun pada tempat itu dapat melihat Kota dan Pantai yang dijadikan pusat wisata.

Itulah beberapa lokasi yang bisa dimanfaatkan untuk melihat kota Padang dari ketinggian. Sebenarnya masih ada tempat lain seperti Bukit Sitinjau Lauik di perbatasan Padang dan Solok. Semoga bermanfaat.  

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel