Mau tahu? Inilah Jenis Alat Tulis, Beli Satu Orang Dipakai Sekelas,

Ilustrasi pena


Berawal dari adanya meme di sebuah situs yang memperlihatkan  alat menghapus tulisan tinta atau tipe-x dimunculkan sebagai sebuah barang yang dibeli satu orang dan dipakai sekelas.

Terlihat itu terjadi zaman sebelum milenia.  Anak yang hidup atau bersekolah rentang tahun sebelum 2000an diyakini memahami hal tersebut.  Mungkin juga saat ini hal itu masih terjadi meski peluangnya kecil juga.

Bila dianalisis sesungguhnya bukan hanya tipe-x yang dibeli satu dipakai banyak orang dalam kelas.  Masih ada beberapa barang yang memiliki nasib seperti tipe-x.

Berikut beberapa barang yang dibeli satu orang dan biasa di pakai banyak orang.

1. Tipe X
     Tipe x memang menjadi primadona untuk urusan kepentingan massal di kelas, khususnya waktu ujian. Kadang kala saat ujian tipe x sering digunakan dalih untuk menyontek atau bertanya ke teman hingga memberikan jawaban. Selain itu tipe x juga digunakan untuk menyelesaikan deadline tugas.  Dewasa ini dengan munculnya online dan kemajuan ekonomi rasanya penggunaan tipe x secara massal sudah berkurang.

2. Penggaris
    Peralatan sekolah kedua yang sering dipakai massal alias pinjam yakni rul atau penggaris.  Kebanyakan ini digunakan waktu mata pelajaran menggambar dan fisika. Seminimal mungkin satu baris dalam satu kelas menggunakan penggaris yang sama untuk menggambar.

3. Peruncing atau serutan
    Nah kalo benda yang satu ini sering dipakai massal saat pelajaran menggambar dan menulis anak SD kelas satu.  Dalam waktunya,  serutan sering dipinjam saat akan memulai pelajaran.

4. Penghapus karet
     Sama seperti peruncing dan penggaris,  penghapus juga sering jadi benda massal. Khususnya pelajaran menulis,  menggambar dan matematika. Selain itu penghapus kerap jadi alat penyampai pesan berantai. Bukan itu aja, pemilik karet penghapus juga sering kelimpungan cari barangnya yang tidak jelas lagi keberadaannya.

5. Pena
    Pena atau pulpen dapat dipakai massal bila itu menyangkut pencatatan absen anggota pada kegiatan ekstrakurikuler atau pemesanan buku.  Saat salah satu siswa menggunakan penanya untuk menulis absen,  tidak jarang semua siswa mengisi absen dengan pulpen yang sama.

6. Stabilo
    Nah kalo ini pada zaman era 90 an merupakan barang yang mahal.  Jadi tidak banyak siswa yang memiliki,  hanya mereka yang berada secara ekonomi saja. Akibatnya saat digunakan untuk menebalkan catatan juga dilakukan secara massal.

Itulah beberapa alat tulis yang biasa dibeli satu orang lalu dipakai banyak orang. Mudah-mudahan bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel