15 Besar Kampus Terbaik Sumbar Berdasarkan Pemeringkatan Situs Similar Web 2023

Ilustrasi (pexels.com)

Bagi temen-temen yang mau cari kampus untuk kuliah khususnya yang berdomisili di Sumatera Barat bahkan di Indonesia, tentu amat membutuhkan informasi terkait perguruan tinggi tersebut dan pastinya akan browsing di internet.

Kampus yang mempunyai website atau situs dengan informasi yang lengkap tentu akan dicari oleh calon mahasiswa, apalagi kalau hampir semua kegiatan kampus mulai dari informasi prodi, nama dosen dan fasilitasnya tercantum di dalamnya.

Hal ini juga berlaku bagi calon mahasiswa yang mau kuliah di kampus sekitar Sumatera Barat, khususnya bagi mereka yang tinggal di luar provinsi.

Pastinya temen-temen gak mau sembarang pilih kampus kan, nah di sini teksinfo akan menampilkan 15 besar kampus terbaik di Sumbar yang diambil dari pemeringkatan situs similar web tahun 2023.


1. Universitas Andalas

Website Unand

Universitas Andalas dengan website unand.ac.id menjadi terbaik pertama versi similar web karena memiliki ranking dunia untuk situsnya di angka 50.285 dan untuk situs nasional di ranking 1.192 dan nomor 39 se Indonesia kategori website bidang pendidikan. Unand di Sumbar bahkan di Sumatera dan Indonesia bukan lagi nama yang asing sebagai kampus favorit. Rata-rata karyawan, pegawai dan dosen di Sumbar merupakan lulusan Unand. Terlebih Unand juga menjadi kampus tertua di Sumbar.


2. Universitas Negeri Padang

Website UNP

Universitas Negeri Padang yang terkenal dengan kampus pendidikan dan olahraga ini  memiliki website unp.ac.id menjadi terbaik kedua versi similar web dengan ranking dunia untuk situsnya di angka 50.435 dan untuk situs nasional di ranking 1.224 dan nomor 40 se Indonesia kategori website bidang pendidikan.


3. Politeknik Negeri Padang

Website PNP

Politeknik Negeri Padang (PNP) yang terletak bersebelahan dengan Unand di Limau Manis Padang memiliki website pnp.ac.id dengan ranking dunia 128.440 dan nomor 182 untuk kategori ranking website di Indonesia. Sedangkan untuk peringkat versi pendidikan PNP berada di peringkat 182. PNP ini terkenal dengan lulusan bagian Informasi Teknologi (IT) yang siap kerja dan saat ini alumninya banyak tersebar di berbagai instansi di Sumbar dan nasional.


4. UPI YPTK Padang

Website UPI YPTK

Sama halnya dengan PNP , UPI YPTK juga terkenal dengan lulusan bagian IT dan telah tersebar di berbagai instansi. Bedanya PNP dimiliki pemerintah, UPI YPTK berdiri sendiri dan dimiliki oleh Yayasan YPTK Padang. UPI YPTK memiliki website upiyptk.ac.id saat ini menjadi situs kampus terbaik swasta di Sumbar dan berada di peringkat 193.869 dunia, 5.447 nasional dan 284 kategori situs pendidikan terbaik nasional.


5. Universitas Bung Hatta

Website UBH

Pada posisi kelima kampus dengan website terbaik di Sumbar pada penilaian Similar web yakni Universitas Bung Hatta dengan bunghatta.ac.id. Kampus yang berdiri dan dipelopori perjuangan Wapres pertama RI Muhammad Hatta mempunya ranking 210.227 dunia, 5.983 nasional dan 312 untuk kategori pendidikan di Indonesia. 


6. Universitas Islam Negeri Imam Bonjol

Website UIN Imam Bonjol

Universitas yang dulunya bernama IAIN Imam Bonjol ini menjadi satu-satunya kampus agama yang masuk dalam lima belas website kampus terbaik di Sumbar versi Similar Web. Kampus ini juga sering menjadi salah satu favorit pilihan lulusan tingkat SMA melanjutkan studi. Web uinib.ac.id menempati ranking 479.624 dunia, nasional di peringkat 15.615 dan kategori pendidikan di angka 800.


7. Universitas Muhammadiyah Sumbar

Website UMSB

Kampus Universitas Muhammadiyah Sumbar atau dengan website umsb.ac.id menempati peringkat 515.321 di dunia, 15.856 di nasional dan 810 kategori pendidikan nasional. UMSB yang terkenal dengan Fakultas Kehutanan ini menjadi kampus terbaik swasta ketiga di Sumbar kategori website di bawah UPI YPTK dan Universitas Bung Hatta.


8. Universitas Baiturrahmah

Website Unbrah

Kampus Universitas Baiturrahmah yang terkenal dengan Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kedokteran Gigi menjadi kampus terbaik keempat untuk swasta dalam kategori website di Sumbar. Website Unbrah tergolong unik karena menitikberatkan pada ragam kegiatan kampus baik yang disajikan dalam bentuk berita maupun instagram. Dengan mengakses unbrah.ac.id, pengunjung juga dapat melihat langsung Instagram Unbrah yakni Infounbrah. Saat ini unbrah.ac.id menempati peringkat dunia 817.083 , nasional di angka 27.007 dan kategori pendidikan di peringkat 1.324 menurut similarweb.com.


9. Universitas Perintis

Website Upertis

Upertis yang merupakan dulunya bernama Stikes Perintis memiliki website dengan situs upertis.ac.id saat ini menempati rangking 920.810 dunia dan 31.038 secara nasional.


10. Insitut Teknologi Padang (ITP)

Website ITP

ITP menjadi salah satu kampus lain sebagai pilihan calon mahasiswa yang berminat pada bidang teknik selain PNP, Unand, UNP, Bung Hatta dan UPI YPTK. ITP dengan situs itp.ac.id saat ini menempati peringkat 1.028.314 dunia, 34.625 nasional dan 1.660 kategori pendidikan nasional.


11. ISI Padang Panjang

Website ISI Padang Panjang

ISI Padang Panjang menitikberatkan pada pendidikan bidang seni dan budaya memiliki website isi-padangpanjang.ac.id berada di peringkat 1.084.444 dunia, 37.262 nasional dan 1.770 pendidikan nasional.


12. Universitas PGRI Sumatera Barat

Website Upgrisba

Universitas PGRI Sumatera Barat (Upgrisba) yang dulunya bernama STKIP PGRI Sumatera Barat yang lulusannya sebagian besar adalah guru. Upgrisba memiliki website upgrisba.ac.id berada di peringkat 1.487.878 dunia, 53.881 nasional.


13. Universitas Taman Siswa

Website Unitas

Universitas Taman Siswa memiliki website unitas-pdg.ac.id memiliki ranking 4.360.052 dunia, 128.979 nasional dan 4.999 kategori website pendidikan nasional.


14. Universitas Metamedia

Universitas Metamedia

Universitas Metamedia yang dahulunya STMIK Indonesia memiliki website stmikindonesia.ac.id saat ini memiliki ranking 7.582.285 dunia, 199.016 nasional.


15. Politeknik Negeri Pertanian Payakumbuh

Website PNPP

Politeknik Negeri Pertanian Payakumbuh yang memiliki website ppnp.ac.id berada di ranking 8.496. 726 dunia, 228.728 nasional dan menjadi website kampus negeri terbaik keenam di Sumbar.

Itulah 15 kampus dengan website terbaik di Sumbar berdasarkan penilaian similarweb.com 2023. Penilaian ini mengacu pada aktivitas dan traffic dari website masing-masing kampus tersebut.

Di samping itu penilaian juga dilihat dari keaktifan dan kebaruan  serta kelengkapan informasi yang ditampilkan dalam website.

Tentunya bagi temen-temen ini gak menjadi satu-satunya rujukan untuk memilih kampus terbaik, sebab masih ada rujukan lain atau penilaian lainnya.

Hanya saja ini dapat menjadi pertimbangan bagi temen-teman yang ingin mengetahui lebih jauh kampusnya, tentunya tinggal mengunjungi masing-masing kampus. Semoga bermanfaat. 




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel