Masjid Baiturrahmah Kembali Laksanakan Tarwih One Day One Juz

Shalat Tarwih di Masjid Baiturrahmah (Ist)

Masjid Baiturrahmah Kota Padang, Sumbar kembali melaksanakan ibadah shalat Tarwih berjamaah satu hari satu juz atau "One day one juz" semenjak malam pertama Ramadan atau pada Senin 12 April 2021.

Ketua Takmir Masjid Baiturrahmah Jemkhairil, M.Ag mengatakan kegiatan ini kembali dilaksanakan usai tahun lalu pada 2020 dihentikan sementara karena ada kebijakan menutup masjid karena pandemi Covid-19 merajalela.

Kegiatan One Day One Juz ini kata Jemkhairil, di mana jamaah dapat mengikuti shalat Isya dan Tarwih berjamaah di Masjid Baiturrahmah yang mana ayat yang dibacakan pada hari pertama tarwih hingga sehari jelang lebaran sesuai dengan juz yang ada dalam Al Quran.

Bila hari pertama telah dilaksanakan Tarwih dengan pembacaan surat pada shalatnya yakni Juz pertama selanjutnya hingga pelaksanaan hari terakhir yakni Juz 30 atau Juz Amma.

Dalam hal ini dilaksanakan sebanyak 20 rakaat shalat tarawih dengan 3 rakaat shalat Witir. Pelaksanaan dilakukan format dua banding satu dengan empat rakaat sebanyak lima kali salam ditambah tiga rakaat witir.

Shalat Tarwih di Baiturrahmah (Ist)

Menurut Jemkhairil dari pelaksanaan pada hari pertama, jamaah yang hadir cukup memenuhi saf yang ada di masjid dengan mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Selain kegiatan Tarwih One Day One Juz di Masjid Baiturrahmah juga  dilaksanakan kegiatan itikaf pada 10 hari terakhir Ramadan.

Kegiatan Tarwih One Day One Juz ini juga dapat disaksikan secara streaming di Youtube lewat channel Infounbrah.

Selain itu Tarwih, masjid juga menggelar kegiatan Kajian Shubuh, buka puasa dan kegiatan lainnya. 

Rektor Universitas Baiturrahmah sekaligus pembina masjid mengatakan kegiatan One Day One Juz sebagai komitmen Masjid Baiturrahmah dalam memberikan kesempatan jamaah untuk beribadah sekaligus menghafal Quran.

Menurut rektor dengan mengikuti kegiatan Shalat Tarwih berjamaah selama sebulan di Bulan Ramadhan dinilai telah menamatkan 30 Juz Al Quran.

Sedangkan kegiatan ditayangkan di Youtube sebagai langkah Masjid Baiturrahmah dan Unbrah dikenal orang banyak di seluruh dunia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel