Kembali Ke Almamater, Fachrul Reza Bawa KPH Salvator Juara Kontes Reptil

Piagam juara kontes milik KPH Salvator (istimewa)

Pegiat sekaligus penghobi satwa jenis Reptilia Fachrul Reza, M.Si bersama rekan dari K Pecinta Herpetologi Salvator FMIPA Unand sukses meraih juara umum pada Kontes Reptilia dengan Tema "Ranah Bertaring III" yang diselenggarakan pada Minggu 11 April 2021 di Transmart Padang.

Fachrul Reza bersama ketua KPH Salvator Fajri Hidayat dan rekan lainnya yakni Valimtino dan Azlan berhasil meraih juara di kelas ular berbisa atau Open Venormous. Dari empat kelas yang diikuti, KPH Salvator hanya meraih juara di kelas tersebut. Meskipun demikian ini sudah membawa KPH Salvator menjuarai kontes tahunan yang diadakan Krap Evo tersebut. 

Ketua KPH Salvator Fajri Hidayat (Ist)

Khusus bagi Reza, panggilan Fachrul Reza ini menjadi kemenangan pertama setelah kembali memperkuat KPH Salvator Unand. Sebelum ini dirinya bergabung dengan Kelompok Studi Zoologi Sumatrana yang didirikannya di STKIP PGRI Sumbar. Meskipun dalam perjalanannya Reza juga ikut membina KPH Salvator semenjak masih kuliah di Biologi FMIPA Unand pada 2003.

Sementara itu kegiatan Kontes reptil tahun 2021 di kota padang berjalan tanpa hambatan dengan lebih dari 100 ekor reptil sebagai kontestan, puluhan komunitas baik dari dalam maupun luar Sumbar ikut serta. Secara garis besar peserta didominasi oleh komunitas yang ada di Sumbar dan Riau.  

Di sela kegiatan Reza berujar "meskipun dengan minimnya SDM dikarenakan terkendalanya anggota yang dominan mengikuti kuliah Online di kampung halamannya, KPH Salvator pun mampu mempertahankan eksistensinya dalam dunia hobby  dengan tercapainya peraihan juara umum di kontes hari ini".

Reza menambahkan kegiatan ini dipimpin 3 orang juri yang sudah tidak asing lagi yakni Said Reza, Danu Seto Herlambang, dan Shinji Nakano. Pada kontes ini KPH Salvator menurunkan 4 Reptil yang berbeda kelas masing2nya. Raihan Prestasi juara umum kontes ini diharapkan dapat menjadikan KPH Salvator lebih dikenal lagi tidak hanya dibidang akademis dan penelitian tetapi juga oleh masyarakat umum terutama penghobi. Sebab prestasi ini menjadi salah satu bukti yang menunjukkan kemahiran memelihara hewan yang membutuhkan pengetahuan yang berbasiskan ilmu hayati (Ekologi, Habitat, Mikrobiologi, dan disiplin ilmu lainnya) yang dibutuhkan dalam merawat hewan tersebut.

Fachrul Reza, M.Si

Ketua KPH Salvator Fajri Hidayat menyatakan bahwa dengan kontes ini dia ingin lebih mendalami dan belajar mengenai seluk beluk dunia herpetofauna dengan berbagi ilmu bersama komunitas lain serta mengaplikasikan ilmu yang didapat di kelas. Menurut mahasiswa  Biologi FMIPA UNAND bersama temannya Valimtino yang juga Bendahara KPH Salvator mengungkapkan rasa senangnya dengan kontes ini karena mendapatkan pengalaman yang lebih terutama dalam hal pemeliharaan reptil khususnya Iguana. Selain itu pada kontes ini dirinya dapat bertemu dengan para pemelihara bahkan peternak Iguana yang lebih Senior dan berpengalaman sehingga dapat menyerap ilmunya. 

Fachrul Reza menambahkan bahwa Ilmu terus berkembang sehingga dia sebagai alumni tetap ingin berkontribusi terhadap KPH Salvator dikarenakan selain keanggotaan yang seumur hidup dia juga bekerja sebagai peneliti dan juga seorang penghobi reptil. 

Senada itu Azlan  Afisi alumni mahasiswa Kimia angkatan 2014 yang juga anggota senior di KPH Salvator menyatakan bahwa kontes ini memiliki pengaruh positif terhadap anggota yaitu meningkatkan kerja sama tim dimulai dari persiapan hingga penyelesaian kegiatan.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel