Tips Agar Keripik Singkong Panjang Jadi Renyah

 

Ilustrasi (pixabay.com)

Saat ini keripik yang terbuat dari singkong atau ubi yang digoreng merupakan salah satu cemilan favorit masyarakat seluruh  Indonesia.

Baik itu keripik yang dipotong seperti oval, kotak, lingkaran atau keripik singkong panjang yang biasa dimanfaatkan sebagai panganan lauk di beberapa daerah seperti di Sumatera Barat.

Keripik singkong panjang sejatinya, keripik singkong yang diiris tipis secara memanjang berbentuk persegi panjang.

Selain dapat dibuat sendiri dengan mengiris singkong, keripik singkong panjang mentah juga banyak dijualan di pasar.

Sebagian masyarakat tentu menyukai keripik singkong yang langsung dapat digoreng tanpa perlakuan tertentu, seperti di tengah masyarakat Minangkabau yang dicampurkan dengan sambal cair cabai merah.

Sebelum dicampurkan cabai, keripik singkong panjang cenderung keras dan jauh dari kata renyah. Akan tetapi bila dicampurkan dengan cabai menjadi lebih lunak namun tetap tidak renyah.

Di sini Teksinfo akan membagikan tips agar keripik singkong panjang menjadi lebih renyah. Memang keripik singkong renyah ini juga berdasarkan selera masing-masing. 

Ilustrasi (pixabay.com)

Dalam hal ini hanya menggunakan zat yang merupakan bumbu sejuta umat yakni garam.

Di sini keripik singkong yang mentah direndam dalam air yang diberi garam.

Kemudian dibiarkan sekitar 10 menit hingga garam menyerap dan digoreng.

Dalam menggoreng tentu tidak menggunakan api besar melainkan sedang namun sudah terlebih dahulu wajan dipanaskan.

Kemudian keripik digoreng selama 1-3 menit kemudian angkat dan ditiriskan. Dan dapat dimasukkan ke dalam toples atau wadah atau langsung disajikan dengan piring sebagaimana menyajikan goreng.

Dari tahapan tersebut terlihat praktis dan simpel tentu semua orang termasuk anak-anak yang hobi masak bisa juga melakukannya. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel