Antara Pilihan Introvert dan Ekstrovert Dalam Drama "Start Up"

 

Ilustrasi (pixabay.com)

Meski baru merampungkan episode terakhir pada 6 Desember 2020, banyak hal menarik yang dapat dikupas dalam Drama Korea "Start Up" salah satunya adanya kepribadian introvert dan ekstrovert.

Kepribadian introvert dan ekstrovert secara implisit digambarkan pada dua tokoh utama pria yakni Han Ji Pyeong yang diperankan Kim Seon Ho dan Nam Do San yang diperankan oleh Nam Joo Hyuk.

Dari 16 Episode dua tokoh pria tersebut menjadi sorotan utama seluruh pecinta drama Korea di seluruh dunia, Tidak terkecuali di Indonesia.

Dalam kisah keduanya mengejar cinta pemeran utama wanita Seo Dal Mi yang diperankan aktris Suzy, membuat warganet membelah diri menjadi dua tim untuk pendukung kedua pria tersebut. Ada tim yang mendukung Han Ji Pyeong atau Tim Ji Pyeong dan yang mendukung Nam Do San atau Tim Do San.

Meski pada akhir cerita karakter Seo Dal Mi lebih memilih Nam Do San sebagai pasangannya, tetap saja kemunculan dua kubu ini selama berlangsung drama cukup menjadi fenomena.

Meskipun demikian kemunculan dua kubu ini ada kemungkinan disebabkan perbedaan karakter keduanya. Han Ji Pyeong berkarakter lebih introvert dan Nam Do San lebih ekstrovert. Sementara karakter Seo Dal Mi secara implisit berkarakter gabungan keduanya. Carl Jung menyebutnya ambivert.

Karakter Han Ji Pyeong mulai dari episode pertama hingga terakhir dinilai sebagai pribadi yang introvert seperti tidak memiliki banyak teman, cerdas, lebih banyak menyendiri dan tidak berani banyak bicara.

Sedangkan karakter Nam Do San adalah pribadi yang supel, punya banyak teman dan lebih berani dalam menyampaikan apa yang ada di dalam pikirannya.

Meski tidak gamblang dijelaskan Nam Do San seorang yang ekstrovert namun sifatnya mendekati ke arah tipe kepribadian tersebut. Khususnya dalam memperjuangkan cintanya kepada Seo Dal Mi.

Ilustrasi (pixabay.com)

Ternyata di dunia nyata, kemunculan dua kubu tersebut juga dipengaruhi oleh dua kepribadian introvert dan ekstrovert. 

Dari interview teksinfo pada beberapa teman yang menjadi penggemar drama tersebut menyampaikan bila dirinya seorang introvert akan memilih Han Ji pyeong yang lebih introvert. Sebaliknya bila dirinya berkepribadian ekstrovert akan memilih Nam Do San.

Karakter Han Ji Pyeong juga terlihat dari karakternya yang lebih banyak membantu dari belakang dan di balik layar dari kesuksesan Nam Do San dan Seo Dal Mi.

Tentunya ini semua baru analisis penulis terhadap drama tersebut. Bila ada yang bertentangan dengan analisis ini tidak masalah karena perbedaan itu indah. Semoga bermanfaat. 


 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel