7 Ciri Unik Orang Berbakat IT

Ilustrasi (pixabay.com)

Di zaman teknologi terang benderang saat ini, bekerja di bidang informasi dan teknologi (IT) jelas menjadi profesi menjanjikan.

Selain dapat mengatur sistem komputer suatu instansi, keperluan sistem jaringan di segala bidang membuat keberadaan pekerja IT sangat diperlukan.

Hanya saja, untuk bisa menjadi IT tidaklah semudah membalikkan telapak tangan, butuh kerja keras dan tekun bila otodidak, dan terus belajar bila masuk kuliah bidang tersebut.

Bahkan meski telah kuliah di bidang itu pun, masih banyak yang tidak mampu mengembangkan kemampuannya, salah satunya ya itu gak berbakat.

Biasanya orang IT yang berkategori brilian ialah mereka yang telah memiliki bakat. Terlepas itu masuk sekolah, kuliah, kursus atau hanya belajar otodidak. Berikut akan teksinfo paparkan ciri unik seorang yang berbakat di bidang IT. Ini berdasarkan penelitian di Amerika dan Eropa.


1. Sangat senang matematika dan selalu tertantang memecahkan soal

Nah mereka yang berbakat di bidang IT biasanya bisa dimintakan bantuan mengerjakan soal matematika. Bagi mereka matematika merupakan soal yang menantang dan selalu ingin mengerjakan soal demi soal. Bakat ini akan membantu bila nantinya membuat suatu program atau aplikasi yang didominasi angka atau koding. Jadi buat adik-adik yang kesulitan bikin PR matematika datang aja ke seorang programmer atau hacker sekalian.


2. Berani ngutak ngatik alat elektronik bahkan yang bersistem canggih

Ciri lain yang menjadi karakter orang berbakat IT terlihat dari kegemarannya mengutak atik alat elektronik seperti ponsel, komputer, hingga alat laboratorium dan peralatan rumah tangga. Tergolong berani artinya ketika sudah membongkar alat tersebut mampu mengembalikannya lagi atau saat menginstall sistem dapat mencarikan solusinya bila gagal. 


3. Kepo maksimal

Kemampuan IT bukan hanya mengharuskan otak atik di bidang hardware namun juga software lalu ada bidang teknis dan visual. Pokoknya banyak bidang IT yang juga harus ditekuni. Hal ini jelas memaksa orang IT mencari dan mencari hingga mendapatkan suatu solusi. Nah jangan heran bila ada orang yang sangat kepo maksimal pada pengetahuan bisa jadi berbakat dalam bidang IT. 


4. Suka main game

Pemain game dan IT jelas sesuatu yang tidak bisa dipisahkan. Biasanya gamer bukan semata main saja, namun juga mampu melakukan install bahkan melakukan crack atau kode kode untuk membuka rahasia game tersebut. Jelas bila orang tidak punya bakat di bidang IT hal ini sulit dilakukan. Terlepas bakal dikembangkan atau tidak dalam IT, dipastikan gamer cukup memahaminya.


5. Senang menyendiri di depan komputer

Kalau ini sudah bukan rahasia lagi orang IT senang menyendiri di depan komputer atau laptop. Hanya sebelum disebut ahli IT orang yang biasa berlama-lama di depan laptop atau komputer jelas berbakat IT. Mungkin saja melakukan otak atik aplikasi, atau mendefrag, otak atik antivirus bahkan berselancar di dunia maya.

Ilustrasi (pixabay.com)

6. Memainkan rubik, puzzle atau kartu uno cukup cepat

Seseorang yang berbakat di IT terlihat dari ketangkasan dan kejeliannya. Misalnya dalam memasang puzzle yang rumit dapat dilakukan dalam waktu singkat atau bermain rubik juga cepat. Ini mengindikasikan bila di dalam program atau koding hingga upaya visualisasi membutuhkan kejelian dan ketelitian namun cepat. Bayangkan seorang programmer harus cepat dan tangkas dalam menyusun program software.


7. Mengutamakan laptop atau ponsel dibanding pacar

Nah kalau ini jelas menjadi salah satu ciri dari orang yang berbakat IT. Biasanya bila orang lebih memilih bekerja di depan laptop atau ponsel ketimbang jalan sama pacar, dipastikan di berbakat. Bahkan jangan heran stigma orang IT tidak memiliki pacar sering melekat karena selain sikap tadi  namun juga tidak peduli pada penampilannya. Wajar kan pasangan menjauh kalo penampilan gak dijaga, kecuali mungkin sesama IT atau mau ubah fashionnya.

Itulah ciri orang yang dinilai berbakat menguasai bidang IT. Dewasa ini orang IT tidak hanya mampu menguasai sebatas software, hardware, jaringan atau design saja namun juga multimedia seperti untuk pengembangan website, media sosial dan portal berita. Menjadi ahli IT cukup menjanjikan karena selain kerjanya tidak membutuhkan ruang luas, hasil yang didapat bisa maksimal bila upayanya maksimal. Semoga bermanfaat.








Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel