7 Keindahan Yang Mungkin Tersirat Saat Sakit Hati

 
Ilustrasi (pixabay.com) 

Kebanyakan orang menganggap sakit hati menjadi perasaan terburuk yang dialami, namun apabila dipikirkan lebih dalam masih mungkin ditemukan beragam hal indah di dalamnya.

Kok bisa? Mungkin pertanyaan ini sedikit menggelitik bagi sebagian besar orang namun bagi mereka yang memahami arti hidup dan kehidupan, rasa sakit hati menjadi sebuah serba-serbi pengalaman yang tentu selalu ada jalan keluarnya.

Memang perasaan sakit hati karena omongan atau sikap pacar, suami atau istri tidak dapat dipungkiri dapat menggali luka lebih dalam. Akan tetapi bila kita sedikit mengalihkan pemikiran semisal dalam luka kita dapat menanam bunga tentu akan terlihat indah.

Di sini teksinfo memaparkan tentang kemungkinan manfaat yang bisa dimunculkan pada saat sakit hati. Terdapat 7 hal yang baik saat orang merasakan sakit hati yang diambil berdasarkan analisis, pemikiran dan pengalaman penulis. Sebelum itu bagi yang tidak percaya atau yakin dengan artikel anggap saja menjadi hiburan semata. Sebab setiap pandangan seseorang berbeda-beda.


1. Sakit hati jadi introspeksi, kita bisa melihat keindahan jiwa lebih detail

Saat diri kita merasakan kecewa dan sedih karena sakit hati sesungguhnya itu hanya menjadi sebuah imbas dari proses kita mengintrospeksi diri. Dengan adanya kekecewaan tersebut kita bisa mengenali lebih dalam setiap kelemahan diri yang nantinya akan dapat diperbaiki. Jelas bila sebelumnya biasa saja memandang jiwa kita, dengan sakit hati dan kemudian introspeksi kita bisa tertawa sendiri memikirkan kekaguman dan kekonyolan diri kita.


2. Sakit hati dapat memunculkan rasa berbelas dan kerendahan hati

Tentunya saat hati kita tersakiti entah pada hal yang disengaja ataupun tidak muncul beragam penyesalan yang muncul dalam pemikiran. Salah satunya rasa berbelas dan kerendahan hati kepada diri sendiri. Adakalanya seseorang bahkan meminta maaf pada diri sendiri, orang tersayang dan Allah SWT atas terjebak dirinya pada perasaan sakit hati. Semakin sering kita memohon maaf, Insya Allah akan berlipat ganda pahala di Akhirat. Selain itu dalam agama permohonan maaf dan taubat menjadi sebuah keindahan dalam hidup.

Ilustrasi (pixabay.com) 



3. Sakit hati dapat menuntun kita pada kekhusyukan ibadah

Saat hati kita tersakiti oleh berbagai persoalan bahkan orang tersayang satu-satunya harapan yakni memohon dan berdoa kepada Allah SWT dan meningkatkan ibadahnya. Hal ini akan berbeda saat sebelumnya yang cenderung tidak khusyuk, akan tetapi saat ditimpa kesulitan ibadah seperti shalat akan lebih khusyuk. Karena kepercayaan terbesar kita hanya kepada Allah SWT dikarenakan ada sakit hati mendalam pada sesama manusia. Dengan mengadukan persoalan kepada Allah dan ikhlas beribadah jelas menjadi sebuah keindahan karena jaminannya pahala.


4. Sakit hati juga akan memunculkan sikap ikhlas dan menerima apa adanya

Setelah kita introspeksi diri akibat sakit hati, perlahan berjalannya waktu kita akan memiliki sikap ikhlas dalam hidup. Bila pada akhirnya mereka yang sering buat sakit hati tidak pernah berubah tentu hanya perasaan ikhlas dan pasrah kepada Allah SWT yang bisa dimunculkan. Perasaan ikhlas ini menjadi sebuah keindahan karena Insya Allah diridhoi Allah SWT, asalkan kita selalu memperbaiki iman dari hari ke hari.


5. Sakit hati bisa move on dan menyelesaikan sesuatu yang tertunda

Perasaan sakit hati seperti patah hati memang tidak dapat ditentukan jangka waktunya. Akan tetapi bagi yang bisa move on atau keluar dari masalah pastinya akan menemukan keindahan. Telah banyak kan pengusaha atau profesional sukses setelah dirinya mengalami sakit hati yang luar biasa. Artinya saat bahagia kita melupakan banyak hal, saat sakit hati dan move on hal yang terlupakan kembali teringat. Nah ini mungkin menjadi modal awal merengkuh kebahagiaan yang jelas sebuah keindahan hakiki.


6. Sakit hati dapat memandang detail orang lain dan memilih keindahan pada persahabatan

Saat rekan atau teman menyakitkan hati kita memang akan menjadi perasaan yang buruk dalam diri kita. Meski sulit seharusnya itu menjadi sebuah jalan bagi kita untuk menyeleksi secara detail siapa teman terbaik yang bisa kita miliki. Tentunya kita wajib introspeksi diri apakah imbas sakit hati karena kebencian atau kritik yang justru membangun. Bila kita telah tersadar dari itu dan memang kekurangan ada pada kita dan kemudian memperbaiki. Keindahan dalam persahabatan dan persaudaraan akan diraih seiring berjalannya waktu.


7. Sakit hati justru menjadi jalan berupaya lebih menyayangi

Ini terkhusus kepada suami dan istri yang kerap konflik dalam rumah tangga meski telah berkomitmen untuk bersama. Beragam hal terjadi penyebab konflik, akan tetapi bila itu masih bukan sebuah pengkhianatan seperti perselingkuhan masih mungkin diperbaiki. Sebab bila konflik terjadi karena perbedaan pendapat, itu lebih pada masih belum kenalnya satu sama lain secara mendalam. Justru dengan adanya konflik dan sakit hati kemudian saling berintrospeksi diri akan timbul rasa semakin menyayangi. Jelas ini sebuah keindahan karena menimbulkan rasa bahagia.


Itulah 7 hal keindahan yang tersirat dari sakit hati. Memang semuanya masih perlu dibuktikan dengan telaah dan mungkin penelitian mendalam. Akan tetapi ini hanya sebagai sharing pengalaman yang mudah-mudahan terdapat kesamaan dan bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel