7 Keuntungan Saat Karyawan Menjadi Populer di Kantor

Ilustrasi Karyawan


Menjadi buah bibir atas prestasi atau mungkin kelebihan yang dimiliki meski hanya menjadi karyawan, tentu sebuah anugerah yang wajib dipandang positif oleh semua orang.

Hal ini juga berlaku bagi karyawan yang kerap "digosipkan" miring meski belum terbukti kebenarannya.

Tetap pandangan kita haruslah positif sebab dibalik itu semua pastinya terkandung hal yang baik dan menguntungkan bagi yang menerimanya.

Catatan memang tidak terbukti bila itu gossip negatif dan terbukti bila itu gossip positif.

Memang ketika kita mendapat pembicaraan dari orang lain tentu akan ada perasaan "ilfeel" , tidak suka atau bosan. Namun bila kita memahami lebih dalam banyak keuntungan dan pemahaman yang sebenarnya baik untuk kita.

Berikut teksinfo akan memaparkan 7 keuntungan saat karyawan menjadi populer di kantor.

1. Meningkatkan kepercayaan diri 

Menjadi percaya diri memang tidak dapat serta merta dirasakan semua orang. Hal ini bergantung pada pandangan dan kepribadian orang. Akan tetapi dengan tingginya intensitas nama kita disebut oleh orang lain tentu akan meningkatkan kepercayaan diri kita. Mungkin awalnya kita baper atau menjadi beban, namun seiring waktu hal ini justru menjadi pemantik bagi kita percaya diri. Catatannya bila omongannya bernada negatif kita tidak melakukan, namun kalau positif memang terbukti.

2. Memotivasi dalam bekerja

Menjadi bahan gossip tentu tidak mengenakkan bagi sebagian orang akan tetapi bila direnungkan lebih lanjut ini bukti perhatian orang lain kepada kita. Dengan nama kita kerap disebut setiap waktu artinya ada perhatian lebih kepada kita, hal ini sebenarnya menjadi cara kita membuktikan atau "pamer" kelebihan yang dimiliki dalam bekerja. Lagi-lagi catatannya kita berpegang pada kebenaran.

3. Meningkatkan rasa suka orang lain

Rasa suka ini beragam bukan semata dalam hal asmara. Pastinya saat kelebihan atau prestasi kita terlihat, sebagian orang justru akan semakin menyukai kita dan ingin lebih dekat berteman dengan kita. Bila masih single mungkin saja ada lawan jenis yang diam-diam mengagumi kita. Hal ini juga berlaku saat gossip negatif menimpa kita namun kita tetap benar dan tenang menghadapinya. Mereka yang awalnya benci mungkin saja jadi suka. Karena kadang benci dan suka itu beda-beda tipis.

4. Sebagai langkah introspeksi diri sendiri

Dengan seringnya kita diperhatikan dan menjadi bahan obrolan tentu ini juga membantu kita mengintrospeksi diri sendiri. Tentu bila itu positif pastinya membantu kita meningkatkan performa dan kinerja. Sebaliknya bila itu negatif akan membantu kita memperbaiki sikap dan kepribadian ke depan. Dengan menjadikan kritik itu gambaran diri tentu akan memudahkan kita mengenal diri sendiri bila selama ini kesulitan.

5. Mengukur capaian kinerja dan adaptasi di kantor

Kesan rekan kantor yang baik atau buruk juga sebagai bentuk indikator kinerja kita selama ini. Bila kesannya baik dan setiap waktu demikian mengindikasikan kinerja kita baik dan konsisten juga. Sebaliknya bila buruk juga menunjukkan kinerja kita belum baik. Memang ini tidak bisa mutlak mengindikasikan demikian sebab berprestasi juga masih jadi omongan negatif. Justru lebih sering saat kita memiliki kelebihan pada rekan yang iri akan mencari kelemahan dan keburukan yang bisa jadi bahan obrolan. Meskipun begitu bantuan kritik atau pujian bisa jadi pengukuran capaian kinerja itu.

6. Membantu kita menyelesaikan persoalan

Kadang kala kritik atau gossip yang menimpa kita membuat perasaan menjadi lebih buruk terlebih bila persoalan kita di luar kantor sudah menumpuk. Walaupun begitu bila ditilik lebih lanjut pastinya dari sekian kritik atau lontaran kata yang justru menjadi inspirasi bagi kita menyelesaikan persoalan. Misalnya persoalan dengan pasangan atau keluarga di luar kantor, kata-kata yang terlontar dari teman bisa menjadi jalan atau motivasi kita menyelesaikan persoalan sekaligus. Memang ini tentu tidak semua orang bisa melakukan dan butuh mental baja melakukannya. Namun penulis sendiri sudah pernah melakukan hal demikian.

7. Hiburan yang menyenangkan

Bisa dibayangkan ketika kita jadi artis dalam kantor dan populer tentu menaikkan pamor kita di mata orang lain. Terlepas dari stigma positif atau negatif, asalkan kita berpegang teguh pada kebenaran dan kejujuran justru menjadi menyenangkan. Bayangkan setiap berjalan kita selalu diperhatikan dan mendapat pandangan dan obrolan. Saat duduk juga jadi bahan gossip. Tentunya ini hanya dimiliki oleh artis bukan, bila kita yakin ini akan jadi hiburan yang menyenangkan. Tapi sekali lagi bagi mereka yang bermental kuat dapat menjadikan ini hiburan.

Itulah 7 keuntungan yang bisa diraih oleh karyawan saat menjadi populer di sebuah kantor atau perusahaan. Tentunya masih banyak lagi keuntungan yang didapat bergantung pada sisi pemikiran seseorang. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel