7 Ciri Orang Merasa Pintar Tapi Sebenarnya Berperilaku Bodoh

Bodoh (ilustrasi)

Tentu semua orang di dunia mendambakan kepintaran dan kecerdasan, namun anugerah itu tidak dapat dimiliki oleh semua manusia, alih-alih ingin menjadi pintar ternyata melakukan kebodohan.

Bila dilihat sekilas orang pintar dan orang merasa pintar bagai pinang di belah dua dan sulit dibedakan. Bedanya orang pintar karena dinilai orang lain, sedangkan merasa pintar karena berasal dari pemikiran diri sendiri.

Namun demikian dikatakan bodoh lebih pada optimal dan tidaknya mencari ilmu kemudian memanfaatkannya. Sebab secara kodrat, Allah SWT menciptakan manusia lebih sempurna dari hewan lainnya.

Seumpamannya hewan saja masih memiliki kepandaian, tidak mungkin manusia dikatakan lebih bodoh dari hewan. Akan tetapi bila manusia lebih mementingkan hawa nafsu ketimbang akal barulah di sini persamaannya.

Termasuk orang yang merasa pintar sebenarnya namun telah berperilaku menuju kebodohan. Berikut Teksinfo paparkan, 7 ciri orang yang merasa pintar namun telah melakukan kebodohan.

1. Sombong

Ciri pertama yakni menyombongkan diri atas kemampuan atau kepintaran yang dimiliki. Dikatakan sombong ini yakni mengatakan jasa atau hasil kerjanya kepada orang lain namun tidak mengajarkannya. Seseorang bisa dianggap tidak sombong saat capaian yang dimiliki dibagikan kepada teman beserta prosesnya. Jadi teman bisa mencoba apa yang dilakukannya dan meraih hasil serupa. Bila pelit berbagi ilmu namun kerap memunculkan capaiannya di depan orang lain dianggap seorang yang merasa pintar namun telah melakukan kebodohan.

2. Menyepelekan kemampuan orang lain

Mungkin seseorang mampu menghafal ibukota negara, ibukota provinsi, nama tempat terkenal di dunia hingga jajaran artis K-Pop. Dengan kemampuan itu membuat kebanggaan dirinya, sehingga mengabaikan kemampuan orang lain. Orang ini menganggap orang lain tidak lebih tahu dari dirinya sehingga kadang menyepelekan orang lain meski dalam hati. Ini jelas sebuah kesalahan fatal, karena bila kenyataannya orang lain lebih hebat maka akan merasa malu dan justru berbalik kagum. Hal ini jelas menjadi sebuah kebodohan lain yang dilakukan oleh orang merasa pintar.

3. Menganggap semua orang berilmu seperti dirinya

Sebenarnya sikap ini sesuatu yang positif karena tidak ada stigma negatif, namun hal ini termasuk perilaku bodoh orang yang merasa pintar. Hal ini berhubungan dengan antar personal khususnya komunikasi. Dapat terjadi miskomunikasi bila ternyata antara satu teman dengan teman lainnya terdapat kesenjangan pengetahuan yang tinggi. Perlahan tapi pasti akan memberikan jarak dalam harmonisasi dan hubungan. Jelas ini sebuah perbuatan bodoh bagi orang yang merasa pintar.

4. Menerapkan standar tinggi pada orang lain

Kalau ini kaitannya dalam organisasi yang tengah dipimpin seseorang. Seseorang pimpinan akan dianggap bodoh bila memaksakan standar tinggi yang diampunya kepada anggota yang memiliki kepintaran dan kemampuan di atas rata-rata. Perlakuan ini diterapkan langsung tanpa menelaah kondisi karakter dan kepribadian anggota sehingga membuat anggota terkaget-kaget yang menyebabkan kegagalan dalam menjalankan tugas atau kerja. Jelas ini satu poin orang merasa pintar namun melakukan kebodohan.

5. Lebih mengedepankan emosi ketimbang daya pikir

Orang cerdas dan pintar juga tidak lepas dari hawa nafsu dan emosi. Terlebih bila persoalan yang melanda, sehingga saking merasa pintarnya suka melampiaskan emosinya pada orang lain atau barang seperti melempar. Padahal bila merasa pintar seharusnya dapat berpikir jernih dan meruntut setiap persoalan kemudian mencarikan solusinya. Bukannya salah satu ciri yang cerdas yakni mampu menyelesaikan persoalannya dengan sendirinya. Jelas ini ciri orang merasa pintar namun telah melakukan kebodohan.

6. Frustasi dan melampiaskan pada perilaku negatif

Orang pintar atau merasa pintar juga akan mengalami frustasi. Saat frustasi menyerang dapat menimbulkan depresi yang berakibat pada kemunculan pergerakan ke arah negatif seperti minum-minuman keras, narkoba, seks bebas. Jelas ini suatu perilaku bodoh dari mereka yang merasa pintar

7. Tidak mau beribadah

Tidak mau beribadah kepada Allah SWT jelas menjadi puncak kebodohan seorang yang merasa pintar. Sebab dalam Agama Islam tersebut orang sukses akan ditentukan oleh ikhtiar dan doa kepada Tuhannya.

Itulah 7 ciri orang yang merasa pintar namun terus melakukan kebodohan versi Teksinfo. Jadi bila sobat ada terpikir merasa pintar tujuh ciri-ciri tersebut perlu diperhatikan. Tentunya masih banyak lagi ciri-ciri lain, semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel