Mau Lulus Ujian, Calon Mahasiswa Wajib Hindari Hal Sepele Ini

Siswa, Kelas, Belajar, Sekolah, Anak, Dunia Ketiga
Ilustrasi ujian
Tentu tidak mau kan gara-gara sibuk dengan ponselnya, gagal lulus ujian masuk menjadi mahasiswa baru di salah satu kampus.

Namun ponsel bukanlah satu-satunya biang keladi mahasiswa gagal lulus ujian masuk ke dalam kampus, karena masih banyak faktor lainnya.

Bahkan faktor ini kerap menjadi sesuatu yang disepelekan oleh mahasiswa dan menganggap remeh yang dampaknya kegagalan dalam ujian.

Berikut teksinfo akan paparkan beberapa hal sepele yang mungkin menjadi faktor kegagalan dalam ujian masuk menjadi mahasiswa.

1. Terlalu tegang jelang ujian
Hal ini kerap dialami oleh calon mahasiswa yang cukup serius mengejar satu kursi di kampus tertentu. Ada beberapa hal yang menjadi faktor munculnya ketegangan seperti pengalaman pertama ujian, suasana kelas tempat ujian hingga pengawasnya. Bila ini muncul bukan tidak mungkin semua yang telah kita siapkan atau pelajari menjadi hilang.

2. Lupa membawa alat tulis
Nah ini paling sering terjadi yang menjadi faktor kegagalan mahasiswa saat melaksanakan ujian masuk ke universitas. Kelupaan membawa pensil, pena atau penghapus akan membuyarkan konsentrasi baik sebelum ujian atau saat ujian. Untuk itu memperhatikan aturan sebelum berangkat ke lokasi ujian dan kemudian melengkapinya.

3. Tidak sarapan atau makan
Makan makanan atau sarapan sebelum ujian jelas sesuatu yang harus dilakukan. Akan mengganggu konsentrasi bila perut berbunyi karena lapar saat ujian. Selain itu akan fatal bila pingsan saat ujian, otomatis langsung gagal.

4. Terlalu percaya diri mengerjakan soal
Bagi calon mahasiswa tentu memiliki kepercayaan diri adalah sesuatu yang perlu dilakukan terlebih saat mengerjakan soal. Hanya saja bila terlalu percaya diri dan cenderung meremehkan bisa jadi boomeraang dan berpotensi sebagai faktor kegagalan lulus ujian.

5. Kesal
Lho kok kesal?, nah kadang ada calon mahasiswa yang sedikit dipaksa orang tuanya untuk masuk kuliah dan ikut ujian. Bila ada setidaknya saat ujian kekesalan tersebut dihilangkan, dibawa santai dan happy. Selain itu kesal karena banyak persoalan juga harus dihindari karena jelas akan mengganggu konsentrasi. Nah bisa saja kesal sama pacar gegara tidak dianterin ke tempat ujian, bisa berdampak gagalnya kita ujian.

6. Lelah
Kelelahan juga dapat menjadi faktor gagalnya calon mahasiswa dalam ujian masuk kampus. Bisa saja karena adanya kerja sampai larut atau mungkin begadang menonton sepak bola atau telponan sama pacar hingga larut juga. Hal ini akan membuat ngantuk dan akibatnya tidak konsentrasi.

7. Telat hadir
Datang terlambat ke tempat ujian juga menjadi faktor lain yang menyebabkan kegagalan dalam ujian. Namun pada beberapa ujian masuk, mahasiswa langsung dinyatakan gagal saat datang telat.

Nah itu sebagian hal yang wajib dihindari oleh calon mahasiswa agar lulus ujian masuk kampus, semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel