Mau Belajar Ilmu Kesehatan dan Keislaman Sekaligus, Di Sini Tempatnya


Kegiatan Kajian Dhuha (Dok Humas Unbrah)
Tentunya banyak kampus bidang kesehatan dan bidang Agama Islam di Indonesia tak terkecuali di Sumbar, namun masih dihitung jari yang mengadopsi keduanya.

Salah satunya Universitas Baiturrahmah di Padang yang dalam kuliahnya mengaitkan Ilmu Kesehatan dan Agama Islam sekaligus.

Dengan sebelas program studi bidang kesehatan yakni Pendidikan Dokter, Profesi Dokter,  Pendidikan Dokter Gigi, Profesi Dokter Gigi, Kebidanan, Kesehatan Masyarakat, Radiologi, Anestesi Keperawatan, Administrasi Rumah Sakit dan Farmasi Klinis. Serta ditunjang dua Prodi Ekonomi yakni Manajemen dan Kewirausahaan, menjadikan Unbrah singkatan Baiturrahmah sebagai kampus lengkap dalam dunia kesehatan.

Bukan hanya itu sesuai visinya menciptakan lulusan Berakhlakul Karimah, menjadikan dalam setiap kegiatan kampus dilandasi atas kaidah Islami.

Berdasarkan wawancara penulis dengan rektor dan civitas akademika di kampus tersebut ada beberapa inovasi kegiatan Islami yang rutin dilaksanakan di Unbrah dan dirangkum sebagai berikut.

1. Kajian Dhuha
Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari Sabtu pagi yang wajib diikuti oleh mahasiswa tahun terbaru dan civitas akademika lainnya. Kegiatan ini berupa Tausyiah dan ceramah agama dengan menghadirkan beragam ustad dan dai lokal hingga internasional. Di akhir kegiatan dilakukan diskusi interaktif pada setiap materi yang dilaksanakan.

2. Holistic Spritual Quran (HSQ)
HSQ dilaksanakan dan diperuntukkan bagi mahasiswa baru Unbrah. Kegiatan ini menitikberatkan pada motivasi dan inovasi berlandaskan Ayat Al Quran. Bukan hanya itu mahasiswa juga diarahkan untuk membaca Al Quran satu juz satu hari dan bisa menghafal Quran.

3. Adzan berkumandang, aktivitas non aktif
Salah satu yang menjadi karakteristik di kampus ini yakni setiap terdengar Adzan Zuhur atau Ashar semua kegiatan dihentikan. Dan semua civitas akademika diarahkan untuk shalat berjamaah bersama. 

4. Kajian Magrib
Kegiatan ini memang di luar jadwal kampus, namun dilaksanakan di Masjid Baiturrahmah dan dapat diikuti civitas akademika Unbrah. Sama seperti Kajian Dhuha kegiatan dilaksanakan setelah Shalat Mahgrib jelang shalat Isya dalam bentuk penyampaian ceramah dari Ustadz yang dihadirkan.

5. Tabligh Akbar 
Kegiatan ini memang tidak dilaksanakan secara rutin namun dalam tiga bulan sekali hadir ustadz kondang datang mengisi ceramah di Masjid Baiturrahmah. Terakhir akhir tahun 2018 Ustadz Abdul Somad yang datang mengisi Tausyiah di Masjid.

6. Kajian agama dalam USR atau University Social Responsibility (USR) merupakan kegiatan Tridharma perguruan tinggi yang berbasis masyarakat dan dilaksanakan di beberapa daerah di Sumbar. Kegiatan yang melibatkan mahasiswa, dosen dan tenaga kependidikan selama tiga hari itu salah satunya menampilkan tabligh akbar dan shalat berjamaah di masjid.

7. Mengaji dan berdoa dalam setiap helat kegiatan akbar.
Nah kalau ini memang rutinitas biasa yang dilaksanakan berbagai instansi dan kampus. Namun tidak sah bila hal tersebut tidak dimasukkan ke dalam kegiatan Islami. 

Itulah tujuh kegiatan bernuansa Islam di Universitas Baiturrahmah. Tentu bagi yang ingin mendalami ilmu kesehatan, kegiatan tersebut akan menyelaraskan sekaligus menjadi pengontrol dalam setiap kuliahnya. Semoga bermanfaat.

ref : unbrah.ac.id

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel