Arcandra Tahar : Mahasiswa Cari Kebenaran Bukan Hanya Pembenaran Informasi

Arcandra Tahar Paparkan Kuliah Umum (Dok Humas Unbrah)

"Sebaiknya informasi yang diterima itu dicerna, dipertimbangkan kemudian dicari kebenarannya serta tidak mudah membagikannya ke khalayak," itulah sepenggal kalimat yang diutarakan Wakil Menteri ESDM RI Arcandra Tahar saat memberikan kuliah umum di Universitas Baiturrahmah Padang, Jumat (22/3).

Dalam kuliah yang dihadiri ratusan mahasiswa Unbrah dari enam prodi yang ada, Wamen Arcandra menekankan pentingnya kecerdasan dan logika dari manusia dalam menanggapi informasi.

sebagai contoh perkembangan teknologi saat ini semisal sosial media, tidak serta merta menyajikan informasi yang tepat dicerna. Butuh analisis terpadu dan pencarian data dan fakta guna memastikannya.

Hal ini dikatakannya menanggapi banyaknya informasi tentang Kementerian ESDM di berbagai media yang belum dipastikan kebenarannya.

Dalam hal ini masyarakat khususnya generasi muda seperti mahasiswa harus berpikir dari segala sudut pandang agar informasi diterima jelas dan terpercaya.

Dikatakannya juga sebagai umat beragama khususnya Islam, mempercayai berita yang belum jelas kebenarannya bukanlah sesuatu yang dianjurkan. Bahkan kata dia, dalam salah satu ayat Al Quran, Surat Al Hujurat dijelaskan tentang perintah Allah SWT kepada manusia dalam menerima dan membagikan informasi.

Bahkan asumsinya bila informasi itu tidak benar kemudian telah menyebar maka menjadi sebuah kebohongan, berapa banyak orang akan menanggung dosa kebohongan tersebut. Untuk itu kata dia perlu adanya perimbangan antara Ilmu Agama dan logika dalam berpikir.

Meskipun demikian pada akhir kuliahnya Wamen Arcandra Tahar mengatakan bahwa mempercayai atau tidak sebuah informasi kemudian mengamalkannya adalah kehendak masing-masing sebab pertanggung jawabannya kelak juga dipikul sendiri.

Pada kegiatan itu Wamen didampingi staff ahli Kemen ESDM Faisal dan sejumlah pegawai, kemudian ada Dubes Indonesia untuk Ceko Aulia Rahman.

Sementara itu Rektor Unbrah Prof. Dr. Ir. Musliar Kasim, M.S mengatakan sebuah keberuntungan dapat diberi kuliah salah satu tokoh berpengaruh dalam bidang ESDM di Indonesia. Rektor berharap kuliah tersebut memberikan efek positif dalam peningkatan kualitas dan kompetensi mahasiswa. (*)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel