Ragadupa, Sang "Multitalenta" Sumbar Rilis Album Perdana "Media Rasa"

 

(Ist)

Seperti peribahasa yang mengatakan "Kaki sudah terlangkahkan, tangan sudah terjembakan," penyanyi Ragadupa asal Sumatra Barat akhirnya merilis album pertamanya. Album yang diberi judul "Media Rasa" resmi dirilis secara independen pada tanggal 16 Juni 2023. 

Album ini berisi delapan lagu yang semuanya merupakan karya pribadi dari Ragadupa. Proses produksi album dengan genre pop alternatif-pop folk ini memakan waktu sekitar 2 tahun dan menghasilkan lagu-lagu yang menggambarkan ekspresi perasaan dan pengalaman yang diungkapkan melalui lagu-lagu tersebut. Beberapa lagu dalam album ini antara lain "Izinkan ku Menjagamu," "Hanya Kamu," "Kenangan Tanpa Kenangan," "Terimakasih Malaikatku," "Berita Bahagia," "Amin yang Kutaruh di Awal," "Tak Ada yang Benar Pribumi," dan "Kita harus bicara."

Ragadupa (Ist)


Dari semua lagu tersebut, dua di antaranya telah dirilis sebelum album ini, yaitu "Izinkan Ku Menjagamu" pada 2021 dan "Kenangan Tanpa Kenangan," pada 2022 dengan nama penulis lagu yang masih tertulis sebagai "√úncu Rahmad," yang kini telah berubah menjadi "Ragadupa" di berbagai media sosial. 

Ragadupa menjelaskan bahwa proses penulisan lagu-lagu yang ia buat adalah seperti suatu kebetulan yang sudah ia geluti secara mendalam. Ia mengungkapkan bahwa ia sudah terlanjur terlibat sepenuhnya dalam dunia musik dan memutuskan untuk menjadi seorang penyanyi solo dan penulis lagu sebagai bentuk pengabdian dirinya.

Pria yang pernah diakui sebagai pemuda pelopor dalam bidang teknologi dan seni budaya Provinsi Sumatera Barat tersebut memberikan kebebasan kepada pendengarnya untuk menafsirkan lagu-lagu dalam album "Media Rasa". Menurut Ragadupa, setiap lagu memiliki kisahnya sendiri, sehingga setiap individu dapat secara bebas memberikan makna pada lagu tersebut. Lagu-lagu tersebut mencerminkan cerita dari pengalaman, pemikiran, dan emosi yang dirasakan oleh Ragadupa. Ia percaya bahwa sebagai seorang seniman, lagu merupakan media yang baik untuk mengungkapkan isi hati dan kegelisahan.

Selama proses produksi album "Media Rasa," Ragadupa didukung oleh beberapa pihak, termasuk Loko Alhamra, Dayu Pratama, 3am Studio, Deni Januarta, Ariski Triputra, Boy Chandra, Farid Sauki, Tee Artwork, Suci Larassaty, dan lain-lain. Keberadaan mereka membantu dalam mewujudkan album tersebut.

Sebagai seorang yang lahir pada tanggal 10 Mei 1994, Ragadupa tentunya merasa bangga karena akhirnya dapat berkontribusi dalam dunia musik tanah air. Ia berharap karyanya dapat diterima oleh seluruh masyarakat Indonesia dan menjadi inspirasi untuk karya-karya selanjutnya.

Bagi yang ingin akses lagu-lagu Ragadupa termasuk mengenal lebih jauh dirinya dapat ditelusuri di bawah ini :

Ragadupa


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel