7 Pilihan Tempat Belajar Online Pada Sistem Hybrid Learning Rekomendasi Teksinfo

Ilustrasi belajar daring (pixabay.com)

Tidak efektifnya sistem pembelajaran online akibat pandemi Covid-19 di Indonesia bagi pengajar dan yang diajar memaksa pemerintah mengenalkan sistem pembelajaran dua tipe yakni tatap muka dan daring atau dikenal dengan "Hybrid Learning".

Sistem ini juga mulai diterapkan di banyak sekolah dan perguruan tinggi setelah pandemi mulai melandai semenjak September 2021.

Dalam aplikasinya pemerintah membebaskan sekolah dan perguruan tinggi dalam penerapan sistem itu di lapangan.

Seperti membuat shift dengan membagi 50 persen dari jumlah keseluruhan siswa atau mahasiswa dalam kelas yang tatap muka dan daring.

Tentunya bila siswa atau mahasiswa mendapat kesempatan tatap muka jelas kegiatan belajar mengajar mutlak dilaksanakan di kelas.

Lain hal bila siswa atau mahasiswa mendapat kesempatan daring tentu akan diberikan kebebasan untuk memilih tempat untuk mengikuti pelajaran atau mata kuliah.

Terlebih bila dosen atau guru memberikan kebebasan siswa atau mahasiswa untuk memilih tempat melaksanakan kuliah daring tersebut. 

Belajar ZOOM (

Di sini Teksinfo akan memberikan pilihan tempat yang nyaman dan tentunya memberikan ketenangan bagi mahasiswa atau siswa saat sekolah atau kuliah daring.


1. Tempat belajar di rumah

Pilihan pertama tentu di rumah atau di kostan, alasannya selain karena tidak akan membuang tenaga dan biaya, secara prokes juga akan lebih aman dari paparan Covid-19. Walaupun demikian agar mengikuti pembelajaran menjadi nyaman dan tidak bising tentu perlu dicarikan tempat yang jauh dari gangguan seperti kebisingan atau gangguan adik. Saran teksinfo bila rumahnya memiliki ruangan yang sedikit kedap, sebaiknya dilakukan di ruangan itu. Sebab dengan tidak adanya gangguan suara yang diterima dari ZOOM atau sarana pembelajaran daring akan terdengar jelas. Selain itu suara kita saat berbicara juga bisa didengar oleh audiense di ruangan daring.


2. Di kelas lain

Pilihan kedua ini diperuntukkan khusus untuk mahasiswa yang masih memungkinkan hadir di kampus. Sebab siswa SD, SMP dan SMA saat daring tidak dibenarkan masuk sekolah. Bagi mahasiswa yang mendapat kuliah daring dapat memilih kelas lain yang kosong untuk menjadi tempat pembelajaran baik itu secara individu atau kelompok tentu dengan persetujuan dosen. Dengan kata lain kampus bisa saja memberikan kebijakan membagi kelas tatap muka dan kelas daring pada saat yang sama.


3. Di perpustakaan 

Pilihan ketiga yakni di perpustakaan, seperti di perpustakaan daerah atau perpustakaan kampus. Pilihan di perpustakaan jelas untuk ketenangan dan kenyamanan. Namun saat mengikuti pembelajaran daring, tentu harus mengikuti etika dan aturan di perpustakaan, seperti menggunakan headset saat kuliah. Selain memberikan ketenangan yang berujung pada kefokusan, kuliah atau belajar di pustaka juga memudahkan untuk pencarian bahan yang mungkin sulit dicari lewat google.

Ilustrasi.


4. Di taman

Pilihan keempat yakni di taman khususnya yang suasananya asri namun tidak terlalu banyak pengunjung. Tujuan mengikutinya di taman untuk memberikan udara yang segar terlebih bila terdapat pohon yang rindang. Dengan suasana hening tentu akan meningkatkan kefokusan saat mengikuti pembelajaran. Tapi catatannya bila ada angin sepoi-sepoi jangan sampai ketiduran saat pembelajaran.


5. Di Cafe atau tempat makan

Pilihan kelima yakni di cafe atau tempat makan yang tentunya menyediakan jaringan internet gratis. Meski tidak terlalu direkomendasikan khususnya untuk anak sekolah, pilihan mengikuti belajar daring di cafe amat bermanfaat bagi kefokusan dan perut. Tentu dengan adanya makanan atau minuman akan meningkatkan stamina dan kefokusan dalam belajar. Catatannya setelah makan jangan sampai tertidur.


6. Di Ruang Komputer

Pilihan keenam yakni di ruang komputer di sebuah sekolah atau kampus. Ini tidak perlu dijelaskan karena dalam ruangan tersebut tentu telah lengkap memiliki perangkat untuk pembelajaran daring serta jaringan internet.


7. Di tepi sungai atau pantai

Pilihan ketujuh yakni di tepi sungai atau pantai yang menyajikan pandangan luar biasa serta suasana yang nyaman. Dengan catatan suasana sekitarnya juga tidak ramai. Dengan suasana seperti itu akan meningkatkan konsentrasi dalam belajar. Catatan lain kondisi cuaca pantai dan sungai juga harus baik.

Itulah 7 pilihan tempat untuk siswa atau mahasiswa yang kebagian sekolah daring. Meskipun demikian saat mendapat bagian luring atau tatap muka jelas harus datang ke sekolah menemui guru atau dosen. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel