Ditahan Imbang , Milan Mulai Perlihatkan Mental Kompetitif

 
Ilustrasi (pixabay.com)

AC Milan hanya meraih hasil imbang 2-2 saat menjamu AC Parma di Stadion San Siro Milan Senin 14 Desember 2020 dini hari WIB dalam lanjutan liga Serie A Italia 2020/2021.

Dengan Hasil Imbang ini AC Milan masih memegang tampuk klasemen dengan poin 27 dari 11 kali main dan belum terkalahkan dalam 23 kali bertanding di Serie A.

Meskipun demikian untuk meraih hasil imbang ini, pasukan Stefano Pioli tidak mudah mendapatkannya. Bahkan di awal laga babak pertama Milan sudah harus tertinggal 0-1 melalui gol Hernani Jr. Setelah menerima umpan Gervinho di menit 13.

Pendukung Milan sempat bereuforia saat Samu Castillejo menceploskan bola ke gawang Parma yang dijaga Luigi Sepe menit 23. Akan tetapi setelah melalui tayangan ulang VAR, gol dianulir karena ada pemain Milan yang terlebih dahulu offside.

Hingga turun minum kedudukan 0-1 untuk pasukan Parma bertahan. Meskipun demikian pasukan muda Milan cukup agresif dalam melancarkan serangan hingga 45 menit pertama.

Di babak kedua Pioli menarik Brahim Diaz dan Samu Castillejo sekaligus dan memasukkan Jens Peter Hauge serta Rafael Leao. Masuknya darah muda ini membuat serangan bergelombang Milan tiada henti dilancarkan ke gawang Bruno Alves dan kawan-kawan.

Akan tetapi alih alih menyamakan kedudukan Hernani Jr mengirimkan umpan panjang ke tengah sebelum disundul oleh Jasmin Kurtic di menit ke 56 sehingga menggandakan keunggulan Parma 0-2.

Di atas angin Parma yang sedari awal menerapkan taktik parkir bus atau cattenaccio mencoba keluar menyerang. Hal ini dimanfaatkan Milan untuk mencuri gol. Hasilnya berawal dari sepak pojok Hakan Calhanoglu di menit 58 Theo Hernandez memperkecil ketinggalan menjadi 1-2.

Ilustrasi (pixabay.com)

Pemain asal Prancis itu akhirnya menyelamatkan Milan dari kekalahan setelah tendangan jarak jauh mendatarnya menembus gawang Sepe di menit 91.

Dengan hasil ini Milan masih menjaga jarak tiga poin dengan adik sekota Inter Milan di posisi kedua serta juara bertahan Juventus serta Napoli di posisi tiga dan empat berjarak empat poin.

Walau hanya mendapatkan hasil imbang Milanisti seluruh dunia cukup puas dengan permainan Alessio Romagnoli dan kawan-kawan. Pasalnya selain melakukan serangan hingga menit terakhir, pemain Milan juga mempertontonkan aksi atraktif dengan teknik yang tinggi.

Dikutip dari beberapa halaman Klub Milan di media sosial, sebagian besar Milanisti mengatakan bahwa Parma hanya beruntung dapat menahan Milan malam atau dini hari ini.

Sebab dari statistik yang dikeluarkan flashscore.com saja sebanyak 16 shooting dilepaskan pemain Milan ke gawang Parma dan 10 di antaranya "Shoot on goal" hal ini berbanding dengan Parma yang hanya melepaskan tembakan 5 dengan 3 Shoot On Goal. Bahkan dari penguasaan bola juga Milan unggul 67 persen berbanding Parma 37 persen.

Selain itu Milanisti juga menyoroti penampilan pemain muda Milan yang semakin matang seperti debutan Serie A Pierre Kalulu yang dinilai tenang dalam menjaga pertahanan serta Davide Calabria yang mengalami peningkatan permainan secara signifikan. Bahkan pemain yang sempat dirisak Milanisti di awal kompetisi Sandro Tonali perlahan mulai menemukan bentuk permainannya.

Sehingga banyak yang berkesimpulan AC Milan saat ini dinilai cukup kompetitif untuk mengarungi Serie A, Piala Italia dan Liga Eropa. Meski tanpa pemain bintang sebagaimana yang dimiliki pesaingnya seperti Juventus, Inter Milan dan Napoli.

Walaupun demikian sebagian Milanisti lain masih memandang kompetisi belumlah usai dan masih panjang. Sehingga membutuhkan kerja keras ekstra untuk meraih gelar atau minimal kembali lolos ke Liga Champions Eropa.

Para Milanisti juga berharap di bursa transfer Januari Milan memperkuat skuadnya dengan pemain bertalenta lainnya. Salah satunya di posisi depan yang dinilai labil saat Ibrahimovic cedera.

Tentunya dengan performa yang terus menanjak ditambah masuknya pemain berkualitas nantinya diharapkan Milan kembali menjadi tim yang diperhitungkan di Eropa dan Italia.




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel