7 Game Belajar Sejak Dini Santun Studio

 

Tampilan awal game Belajar ABCD 

Perkembangan teknologi yang pesat saat ini ikut memaksa orang tua mengubah pola dalam memberikan materi ajar kepada anak, khususnya sejak dini.

Pengaruh gadget dan komputer juga menjadikan pengajaran ibadah atau belajar huruf tidak lagi melalui buku namun lewat sistem teknologi salah satunya melalui aplikasi android.

Melihat perkembangan tersebut tentunya developer di seluruh dunia berlomba-lomba dalam membuat aplikasi yang mengarah pada kepentingan tersebut.

Salah satunya Santun Studio yang memunculkan aplikasi berupa game ringan yang khusus diperuntukkan bagi anak sejak dini. Semisal game yang mengajarkan shalat, baca Iqra hingga berwudhu.

Menurut salah satu creator di Santun Studio game ini bersifat universal bukan semata anak usia dini. Seperti game shalat dan berwudhu juga untuk dewasa yang mungkin belum paham atau mengerti Shalat seperti orang yang baru masuk Islam dan sebagainya.

Walaupun demikian sasaran game ini adalah anak pra taman kanak-kanak hingga taman kanak-kanak. Harapannya agar ke depan dapat memberikan pondasi yang kuat dalam memahami pelajaran dan ibadah.

Bila ditinjau dari penyediaan aplikasi Playstore terdapat 7 game Santun Studio yang dapat direkomendasikan untuk belajar si kecil sejak dini.


1. Belajar Sholat dan suara

Game belajar sholat.


Game ini amat direkomendasikan bagi si kecil untuk diajarkan shalat. Dalam game ini diperlihatkan secara visual tata cara Shalat termasuk 13 rukun shalat lengkap dengan suara bacaan ayat dan doanya. Bahkan di sini juga dipaparkan perbedaan antara niat shalat Subuh, Zuhur dan sebagainya. Dalam game edukasi tersebut juga pengguna diberi pilihan bahasa Arab, latin dan terjemahan dari setiap bacaan Shalat. Game ini bagi yang baru mempelajari Islam juga amat direkomendasikan mengingat terdapat Hadist Rasulullah SAW yang menegaskan shalat adalah tiang agama.


2. Belajar Berwudhu dan suara

Game kedua besutan Santun Studio yakni belajar berwudhu. Game ini sebaiknya digunakan orang tua sejalan dengan game belajar sholat. Sebab sebelum shalat kewajibannya harus berwudhu. Sama seperti konsep game sholat, game ini juga mengedukasi sejak dini tentang tata cara wudhu termasuk bacaan dan niatnya. 


3. Belajar Hijaiyah membaca dan menulis

Game belajar Hijaiyah 


Bila dua game sebelumnya lebih menggambarkan visual dari kegiatan shalat dan berwudhu, aplikasi ini memang berkonsep belajar dan bermain. Lewat jargon "Bepita" belajar pintar dan tawakkal, Santun Studio menampilkan game untuk belajar anak sejak dini tentang Al Qur'an. Lebih tepatnya memperkuat daya ingat anak dalam menghafal huruf Hijaiyah. Setidaknya saat orang tua mengajarkan iqra, anak akan mudah membacanya. Selain fitur belajar, dalam game ini terdapat pilihan bermain seperti tebak-tebakkan huruf Hijaiyah, menulis huruf Hijaiyah hingga bermain gelembung sabun dan lampu Hijaiyah. Menurut creatornya game ini sengaja dibuat agar anak tidak bosan dengan belajar, dengan melalui permainan kecepatan mengingat huruf Hijaiyah akan semakin baik.


4. Pintar Bahasa Arab dan Hijaiyah

Game berikutnya ini juga amat direkomendasikan bagi si kecil bahkan orang dewasa. Sebab dalam game ini dimunculkan cara belajar atau mengeja huruf Hijaiyah serta cara membaca dan mengeja bahasa Arab. Dalam game kita diberikan empat pilihan kondisi berhitung, panggilan keluarga, nama hewan dan benda di dalam kelas, yang kesemuanya dipaparkan dalam suara bahasa Arab dan ejaan termasuk artinya dalam bahasa Indonesia.


5. Pintar Belajar Huruf Hijaiyah

Game ini memiliki persamaan dengan belajar Hijaiyah namun lebih sederhana dan hanya diberikan pilihan belajar saja. Seperti game pengenalan huruf Hijaiyah yang disuarakan. Menurut creator game ini merupakan prototipe dari benar Hijaiyah. Namun bila dilihat dari fitur di dalamnya cukup menarik karena menjadi cara gampang orang tua mengajarkan anak dalam membaca Al Qur'an sejak dini.


6. Pintar Belajar Huruf ABC dan Suara

Game ini pada dasarnya sama dengan konsep belajar Hijaiyah dengan pilihan menu di awal yakni belajar dan bermain. Bila dilihat game ini sekilas dengan game ratusan game yang sejenis akan tetapi unggul dari segi tampilan warna dan kenyamanan bermain. Dalam game ini anak dikenalkan huruf A hingga Z yang dikombinasikan dengan belajar huruf vokal a,i,u,e,o serta aplikasi dalam kehidupan. Fitur bermainnya juga cukup lengkap seperti permainan gelembung huruf, pukul tikus dan sebagainya. Penylis menyimpulkan game ini amat direkomendasikan bagi anak yang baru pandai berbicara. Dengan mendengungkan game ini kepada anak harapannya anak mau membeo atau mengikuti kata-kata kita. Dengan demikian nantinya memudahkan dalam pemahaman pada huruf dan kata.


7. Puzzle hewan untuk anak Paud dan TK

Game puzzle hewan.


Game terakhir besutan Santun Studio yakni Puzzle Hewan untuk anak dan TK. Seperti namanya game ini sama konsepnya dengan game yang sejenis. Yakni menyusun kepingan gambar yang diacak kemudian disatukan. Anak diberikan pilihan hewan seperti singa, panda, kura-kura yang juga diberikan tingkat kesulitan dari puzzle. Selain merangsang daya ingat, anak juga diperlihatkan karakter lucu dari hewan yang ada di game.


Itulah tujuh game yang dibesut oleh Santun Studio. Sepintas game ini tidak ubahnya seperti aplikasi lainnya hanya saja bila direview ketujuh game ini cukup ringan dan tidak banyak memakan memori ponsel. Akan tetapi visualitas di dalamnya cukup dapat bersaing dengan game yang membutuhkan grafik tinggi. Bagi yang berminat game ini, developer  menyajikannya di aplikasi Play Store Google dan di santunstudio.com  secara gratis. Bahkan penulis sendiri hanya membutuhkan tidak kurang 100 MB penyimpanan untuk mengunduh ketujuh game secara langsung. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel