7 Cara Menjaga Kecantikan Diri

Ilustrasi cantik (pixabay.com)


Menjadi cantik adalah impian semua orang untuk selalu dihargai dan dihormati, tentu untuk menjaganya tidak sekedar melalui perawatan tubuh semata.

Tidak dapat dipungkiri persepsi cantik selalu identik dengan kesempurnaan, dengan demikian banyak aspek yang perlu dilakukan untuk masuk tahap itu.

Akan tetapi sejatinya saat semua aspek itu dikolaborasikan kecantikan alamiah itu akan terpancar dengan sendirinya. Sebab bila disandingkan dengan ajaran Agama yakni Al Qur'an dan Sunnah Rasul, cantik ini harus menyeluruh.

Dengan terlihat kecantikan pada perilaku, sikap, tutur kata yang dibarengi dengan perawatan tubuh, seseorang menjadi seorang yang terpuji.

Berikut teksinfo paparkan 7 cara menjaga kecantikan diri agar terlihat lebih sempurna dan dihargai banyak orang. Referensi ini berdasarkan analisis penulis yang disadur dari Hadist serta Al Qur'an (tidak disebutkan detailnya) dan juga referensi beberapa penelitian.

Apa yang disampaikan ini hanya sebagai bentuk perbandingan saja tidak mutlak benar, sebagai tambahan informasi saja.


1. Selalu menjaga kebersihan tubuh

Aspek pertama untuk menjadi cantik yakni selalu menjaga kebersihan tubuh. Dikatakan membersihkan tubuh termasuk ke dalamnya perawatan kecantikan tubuh seperti menggunakan luluran, bedak dan sebagainya. Selain itu selalu bersih dengan mandi yang rutin serta membersihkan anggota tubuh sesuai syariat misal rutin memotong kuku saat panjang, merapikan bulu atau rambut. Termasuk rajin berwudhu yang juga menandakan rajin melaksanakan shalat. Tidak dipungkiri secara kasat mata saja orang yang mampu menjaga kebersihan ini sudah dapat dikatakan cantik dan menarik. Selain itu dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah. Seperti salah satu hadist yang mengatakan "Kebersihan sebagian dari iman".

Ilustrasi (pixabay.com)


2. Selalu menjaga kesehatan tubuh

Aspek kedua yakni menjaga kesehatan tubuh seperti selalu berolahraga dan memakan makanan halal dan yang disyariatkan. Dapat terlihat dengan jelas orang yang rajin berolahraga diimbangi nutrisi sehat memiliki tubuh yang indah dan cantik. Selain memiliki tubuh proporsional, sehat juga memberikan energi positif bagi orang lain sehingga dapat menular positif juga. Saat berjalan atau tampil di manapun orang yang menjaga kesehatan tubuh dan tidak mudah sakit akan dipandangi orang lain cantik.


3. Selalu menjaga perilaku

Aspek ketiga yang harus dijaga yakni perilaku terpuji. Jelas dalam agama ini banyak dijabarkan akhlak terpuji akan mendapatkan balasan yang baik juga. Seseorang yang baik tidak akan ada penilaian orang negatif selalu positif. Ke manapun kita melangkah orang akan selalu memberikan pujian dan pandangan positif. Termasuk akan memuji aspek kecantikan karena cantik dalam tingkah laku. Bukan itu saja perilaku wanita atau pria yang baik saat bersosialisasi akan memberikan stigma cantik dari orang lain juga.


4. Selalu menjaga penampilan

Sejalan dengan menjaga kebersihan tubuh, cantik juga didapat dari menjaga penampilan. Menjaga penampilan ini tentu yang disyariatkan oleh agama, semisal wanita dan pria menjaga auratnya. Menjaga penampilan ini bukan hanya dilakukan kepada sesama manusia namun juga kepada Allah. Seperti menggunakan ihram atau pakaian yang bersih dan suci saat beribadah sama saat digunakan bersosialisasi dengan sesama. Dalam kehidupan sehari-hari menjaga penampilan ini seperti menggunakan jilbab bagi wanita dan pria menggunakan pakaian sopan. Tidak hanya itu menggunakan pakaian yang tepat pada suatu kegiatan juga akan memberikan penilaian orang lain kita cantik.

Ilustrasi (pixabay.com)


5. Selalu menjaga perkataan

Selalu menjaga perkataan ke arah tutur lemah lembut dan tenggang rasa pada sesama juga bagian dari menjaga kecantikan diri. Seseorang yang bertutur kata terpuji, tepat menempatkan diri dalam bersosial serta tidak menyinggung lawan bicara akan mendapat penilaian cantik dari orang lain. Menjaga perkataan ini juga perlu dilakukan dalam menjaga hubungan baik dengan sesama. 


6. Selalu menjaga ibadah

Selalu menjaga ibadah kepada Allah menjadi cara menjaga kecantikan absolut bagi seseorang. Dalam hal ini selalu menjalankan Perintah Nya dan menjauhi Larangan Nya akan memberikan balasan terpuji di Akhirat mendatang. Jelas ini sebagai langkah menjaga kecantikan yang hakiki bagi manusia. Secara duniawi mereka yang menjaga shalatnya, gemar berpuasa dan bersedekah akan terpancar aura kecantikannya. Kesan positif orang akan perilakunya ini menandakan kita sudah menjaga ibadah, meski balasannya tetap dari Allah SWT.


7. Selalu menjaga silaturahim

Aspek terakhir menjaga kecantikan yakni menjaga silaturahmi antar sesama. Hadist nabi yang mengatakan "Barangsiapa yang ingin diluaskan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, maka sambunglah tali silaturahim". Sudah jelas kan dengan menjaga hubungan baik dengan sesama, kebutuhan sosial terpenuhi, pemikiran menjadi positif sehingga pikiran sehat dan kemudian tubuh sehat. Gabungan semua ini akan memberikan kita kecantikan. 


Jadi menjaga kecantikan bukan semata harus menggunakan skincare atau pediacare atau mentransformasi wajah dengan make up. Dengan riasan sederhana namun memenuhi tujuh aspek tadi, orang akan menilai kita cantik. Memang manusia tidak dapat dikatakan sempurna, sebab kesempurnaan itu milik Yang Kuasa. Namun untuk konteks sosial tentu semua berharap memperoleh kecantikan sempurna. Semoga bermanfaat.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel