Sekretaris LLDikti X : Unbrah Salah Satu PTS Unggulan di Sumbar, Riau, Jambi dan Kepri

Sekretaris LLDikti X Yandri, A SH, MH (Dok Humas Unbrah)

Sekretaris Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) wilayah X Yandri, SH, MH mengatakan Universitas Baiturrahmah merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta unggulan untuk wilayah Sumbar, Riau, Jambi dan Kepulauan Riau.

Orang nomor dua di LLDikti X tersebut mengatakannya dalam rapat senat terbuka wisuda 71 Universitas Baiturrahmah di Auditorium wilayah X, Senin 9 September 2019.

Menurutnya ada beberapa alasan Unbrah dikatakan salah satu kampus unggul di empat wilayah tersebut antara lain dalam hal kematangan usia kampus, karakter khas, akreditasi prodi dan kuatnya sarana prasarana.

Universitas Baiturrahmah termasuk kampus yang matang karena secara usia telah menapak 25 tahun semenjak berdiri 1994, bahkan 34 tahun bila dihitung dengan berdirinya Sekolah Tinggi.

Selain itu Universitas Baiturrahmah memiliki karakter khas yakni kampus yang fokus pada pengembangan dunia kesehatan dan selalu berinovasi pada setiap periodenya.

Universitas Baiturrahmah memiliki nilai akreditasi B untuk kategori perguruan tinggi, atau satu dari 55 kampus yang bernilai serupa di LLDikti wilayah X dari 243 kampus. Ini mengindikasikan tinggal selangkah lagi Unbrah menjadi kampus berakreditasi unggul, baik sekali atau baik.

Di samping nilai akreditasi enam prodi yang B, empat prodi baru juga berpotensi mengikuti capaian pada tahun mendatang.

Sedangkan Unbrah juga dikatakan unggul karena adanya dukungan sarana prasarana memadai yang terus disediakan Yayasan Pendidikan Baiturrahmah. Termasuk pembaruan yang mengacu pada zaman Revolusi Industri 4.0.

Bahkan bila dikaitkan dengan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap sebuah perguruan tinggi, Unbrah dinilai telah memenuhi kualifikasinya. Termasuk tidak adanya konflik dan pengembangan dosen yang berkelanjutan juga berada di Unbrah.

Hanya saja kata Sekretaris LLDikti X di masa depan Unbrah perlu meningkatkan karakter khususnya dalam membentuk keteladanan dan kejujuran serta kaya hardskill dan soft skill pada lulusannya.

Kemudian meningkatkan kualitas dan kualifikasi dosen, terutama dalam memperbanyak raihan S3 dan profesor. Sebagai gambaran di LLDikti X baru tercatat sebanyak 622 S3 dari 9.421 dosen tetap.

Jumlah doktor di Unbrah sebanyak 11 orang di tambah 15 orang studi lanjut S3 dalam maupun luar negeri dapat menambah raihan guru besar di LLDikti X.

Unbrah juga perlu konsisten dalam mempertahankan nilai akreditasi yang telah ada bahkan berupaya meningkatkannya baik untuk institusi atau prodi.

Terakhir meski Unbrah dinilai lengkap dalam hal sarana prasarana untuk kategori PTS, tetap saja upaya upgrade harus dilaksanakan. Khususnya menghadapi Revolusi Industri 4.0 yang menitikberatkan pada pengembangan teknologi dan informasi. (*)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel