Kunjungi Universitas Baiturrahmah, Pakar Sertifikasi Produk Bagi Tips Kewirausahaan

Dr Dasriel Adnan Noeha (kiri) saat memberikan kuliah di Unbrah Padang, Sabtu (7/9).

Universitas Baiturrahmah Padang menghadirkan praktisi untuk memberikan kuliah umum dan berbagi pengalaman membangun usaha dari nol, guna memberikan motivasi pada mahasiswa agar bisa membuka lapangan kerja sendiri.

"Prodi kewirausahaan Unbrah dibuka tahun ini. Kami berharap mahasiswanya nanti akan tumbuh menjadi wirausahawan yang mampu membuka lapangan kerja, bukan menjadi pencari kerja," kata Rektor Unbrah Prof. Musliar Kasim di Padang, Sabtu.

Menurutnya selain dibekali dengan ilmu tentang kewirausahaan, juga penting bagi mahasiswa untuk mendapatkan "sharing" pengalaman dari praktisi yang tidak hanya bergelut di tingkat lokal Sumbar, tetapi nasional bahkan internasional.

Sumbar menurutnya memiliki tokoh pengusaha sukses yang membangun bisnisnya sejak dari nol. Mereka bisa menjadi panutan dan motivator bagi mahasiswa prodi wirausaha Unbrah agar bisa bersaing di tingkat global.

Praktisi yang dihadirkan, Ketua PT Certification of Production in Indonesia (Ceprindo) Dasriel Adnan Noeha, membahas tema bagaimana menjadi pengusaha sukses melalui konsep strategi bisnis, "quality control" produk berbasis SNI dan ISO 9001:2015.

Mengutip sejumlah pakar, Dasriel mengatakan ada beberapa hal yang perlu dimiliki untuk menjadi seorang wirausaha sukses yaitu impian, kemampuan membaca peluang, keberanian, bisa mengambil keputusan.

Kemudian, identifikasi peluang, realisasi rencana, sumber daya, dan sistemmanajemen operasional.

Seorang wira usaha juga perlu mengkaji dan menganalisa SWOR atau kekuatan, kelemahan, peluang dan resiko sebuah usaha.

Semua itu menurutnya beririsan dengan penilaian ISO 2015 yang sangat memperhatikan manajemen strategi, komitmen, dukungan, sistem manajemen operasional, mengukur indeks keberhasilan hingga pengembangan berkelanjutan.

Kuliah umum itu dihadiri ratusan mahasiswa dari berbagai program studi di Unbrah, Padang.

Sumber : sumbar.antaranews.com
Pewarta : Miko Elfisha

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel