Inilah 10 Universitas Terbaik di Sumbar

Unirank (Istimewa)

Kampus di Padang dan daerah Sumatera Barat memang belumlah seeksotik dan sefavorit yang ada di Jawa seperti Universitas Indonesia atau ITB Bandung.

Akan tetapi untuk di Sumatera kampus tertua Universitas Andalas Padang masihlah di antara yang terbaik bersama Universitas Sumatera Utara (USU) Medan dan Universitas Syiah Kuala di Banda Aceh.

Dari pemeringkatan khusus Universitas di Indonesia dan dunia versi Unirank atau situs www.4icu.org/id/ bulan Juli 2019 Universitas Andalas masih menjadi yang pertama di Padang bahkan Sumbar dengan menempati peringkat ke 26 seluruh nasional dan 1.679 di kategori seluruh dunia.

Di tempat kedua ada Universitas Negeri Padang yang berada di peringkat 45 seluruh Indonesia serta menempati peringkat 2.754 di seluruh dunia. Hal ini terjadi perubahan kembali setelah pada Februari 2019 lalu pada versi situs yang sama UNP melampaui Unand dengan menempati posisi ke 24 sedangkan Unand di 34 Nasional.

Lalu di tempat ketiga untuk universitas terbaik di Padang yakni Universitas Bung Hatta yang berada di ranking 177 nasional dan 8.555 dunia. Mengikuti di tempat keempat Universitas Putra Indonesia (UPI) YPTK yang menempati ranking ke 213 nasional dan 9565 dunia.

Kemudian di tempat melengkapi lima besar terbaik di Sumbar Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang yang menempati ranking 214 nasional dan 9.570 dunia. Mengikuti di posisi keenam yakni Universitas Dharma Andalas (Unidha) Padang dengan ranking 299 nasional dan 11.251 dunia.

Posisi ketujuh ditempati Universitas Muhammadiyah Sumbar dengan ranking 329 nasional dan 11.541 dunia. Mengikuti ranking kedelapan ada Universitas Taman Siswa Padang berperingkat 361 nasional dan 11.924 dunia.

Universitas Baiturrahmah Padang berada di posisi kesembilan terbaik Sumbar dengan ranking 377 nasional dan 12.072 dunia. Serta Universitas Ekasakti Padang melengkapi sepuluh besar kampus terbaik di Sumbar dengan menempati ranking 385 nasional dan 12.117 dunia.

Ranking ini diambil berdasarkan data di website masing-masing serta keaktifan dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang juga tercatat di Menristekdikti.

Setiap bulannya pemeringkatan ini mengalami perubahan bergantung pada pengembangan kampus masing-masingnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel