Unbrah Laksanakan Rapat Koordinasi USR 2019 Di Kabupaten Solok



Universitas Baiturrahmah (Unbrah) Padang melaksanakan rapat koordinasi terkait University Social Responsibility (USR) dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Solok, di Arosuka Senin (21/1).

Dilansir dari halaman unbrah.ac.id, Rombongan Universitas Baiturrahmah yang berjumlah 24 orang disambut Sekda Kabupaten Solok Aswirman di ruang kerjanya dan selanjutnya melaksanakan rapat di Ruang Danau Singkarak.

Pada sambutannya Rektor Unbrah Prof. Dr. Ir. Musliar Kasim,  MS. menjelaskan kegiatan USR memiliki tujuan utama menjadikan mahasiswa mengembangkan pengetahuan,  skill dan perilakunya di tengah masyarakat.

Kegiatan USR di Solok menjadi yang ketiga dilaksanakan oleh Unbrah setelah 2017 di Tanah Datar dan 2018 di Lima Puluh Kota.

Rektor menyebutkan terdapat tiga manfaat utama dari kegiatan USR tersebut yakni bagi masyarakat, kampus dan mahasiswa.

Bagi kampus USR bermanfaat untuk membantu dalam pembinaan mahasiswa dalam hal pengetahuan,  skill dan perilakunya. USR juga menjadi salah satu kegiatan pembinaan dan pengembangan di Unbrah. Kegiatan lainnya seperti Bintalfisdis semacam orientasi mahasiswa baru, serta kegiatan mengaji dengan tema "one day one juz".

Kemudian manfaat bagi masyarakat salah satunya memperkuat stigma positif bahwa sarjana memiliki manfaat bagi pembangunan daerah. Sedangkan untuk mahasiswa memberikan pengalaman sekaligus pemahaman tentang kondisi sosial masyarakat secara keseluruhan. Guna memudahkan sekaligus bekal dalam bekerja atau membuka usaha.

Dalam rapat tersebut juga Rektor berharap Pemda Kabupaten Solok nantinya dapat mendukung dan ikut menyuseskan kegiatan tersebut. Inilah tujuan dari rapat koordinasi yang nantinya disambung dengan technical meeting sebelum kegiatan pada 20 Juni hingga 23 Juni 2019.

Sekda Kabupaten Solok Aswirman dalam sambutannya menyambut baik adanya kegiatan USR Unbrah Juni mendatang. Dalam hal ini pihaknya akan memberikan dukungan berupa koordinasi melalui skpd yang terkait serta fasilitas sarana dan prasarana. Selain itu juga pihaknya akan mengajak Kepolisian dan TNI untuk mendukung stabilitas dan keamanan selama kegiatan berlangsung.

Pada kegiatan itu Ketua USR Unbrah 2019 drg. Edrizal, Sp. Ort. menyampaikan presentasi mengenai kegiatan USR. Setelah itu dilaksanakan diskusi antara panitia Unbrah dengan pejabat skpd Kabupaten Solok.

Pada rapat ini hadir dari Kabupaten Solok selain Sekda,  yakni dari Kodim,  Camat Gunung Talang,  Wali Nagari Jawi-Jawi Azwir, Kapolres Solok, Kapolsek Gunung Talang dan perwakilan dinas dan skpd.

Sedangkan 24 rombongan dari Unbrah yakni Rektor Prof. Dr. Ir Musliar Kasim,  MS.  Wakil Rektor II Drs. Darman,  M. Si, Ak.,  Wakil Rektor III Amrullah, S.E., M.Si., Staff Ahli Rektor Drs Eka Trio Effandilus,  M. Si,  Ketua USR drg. Edrizal,  Sp. Ort dan Koordinator beberapa seksi kegiatan.

Setelah rapat koordinasi dilanjutkan survei dan peninjauan ke lokasi di Nagari Jawi-Jawi yang memiliki empat jorong tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel