Unbrah Jalin Kerja Sama Dengan Politeknik Caltex Riau

Foto bersama usai penandatanganan MoU Unbrah dan PCR (Dok Humas Unbrah)


 Universitas Baiturrahmah (Unbrah) Padang menjalin kerja sama dengan Politeknik Caltex Riau (PCR) setelah kedua belah pihak menandatangani Nota Kesepahaman atau MoU di Kampus Unbrah pada Senin 21 Desember 2020.

Pada penandatanganan itu Unbrah diwakili Rektor Prof. Dr. Ir. Musliar Kasim, M.S dan PCR diwakili Direktur Dr. Mohammad Yanuar Hariyawan, S.T., M.T. dilangsungkan di Auditorium Unbrah dengan protokol kesehatan.

Kegiatan ini juga disaksikan langsung oleh Wakil Rektor II dan III, semua pimpinan  di fakultas dan prodi Unbrah, dosen, tenaga kependidikan serta dari tiga perwakilan PCR yakni Maksum Ro'is Adin Saf, S.Kom., M.Eng, Muhammad Ihsan Zul, S.Pd., M.Eng yang merupakan Wakil Direktur bidang III bagian kerja sama, pemasaran dan alumni serta Sugeng Purwantoro Edy Suranta G.S, S.T.,M.T.

Dalam sambutannya Rektor Unbrah menyambut baik atas kerja samanya khususnya dalam pengembangan teknologi di dunia kesehatan yang menjadi fokus di Unbrah serta teknologi di PCR. Nantinya diharapkan unit atau prodi dapat menindaklanjuti kerja sama dalam bentuk MoA.

Misalnya dalam pengembangan alat kesehatan elektronik atau sarana dan sistem kesehatan berbasis digital. Selain itu dengan jejak PCR yang cukup baik dalam penjaminan mutu juga menjadi peluang untuk kerja sama lanjutannya.

Penandatanganan kerja sama antara Rektor Unbrah (kiri) dan Direktur PCR (kanan) (Dok Humas Unbrah)


"Satu hal lagi yakni terkait kampus merdeka, mahasiswa Unbrah dapat menimba ilmu di PCR begitu juga sebaliknya," kata Rektor.

Rektor berharap MoU ini juga dapat membuka pemikiran unit dan prodi untuk berinisiasi dalam penjajakan kerja sama di berbagai bidang.

Senada itu, Direktur PCR Dr. Mohammad Yanuar Hariyawan, S.T., M.T. juga menyampaikan dalam kerja sama ini juga tidak tertutup kemungkinan berkaitan dengan bidang lain.

Terutama dalam hal penelitian dan pengabdian serta dapat memungkinkan sebuah produk yang dapat dipromosikan.

"Selain alat elektronika untuk kesehatan, kami juga tengah mengembangkan sistem informasi kesehatan, termasuk pengembangan penelitian berbasis pencitraan yang tentu akan lebih sesuai bila langsung dikerja samakan dengan kami" ujarnya.

Sementara itu dalam penyampaiannya Wakil Direktur bidang III bagian kerja sama, pemasaran dan alumni Muhammad Ihsan Zul, S.Pd., M.Eng lebih fokus pada strategi yang telah dilakukan oleh PCR dalam menggaet mitra kerja sama.

Salah satu yang menjadi pemaparannya terkait perlunya publikasi dan dokumentasi serta sistem informasi yang terintegrasi dalam sistem kerja sama.

"Kami di PCR setiap kegiatan kerja sama selalu dipublikasi dan dokumentasi, bahkan untuk kegiatan kami share di media sosial seperti instagram secara rutin dan sistematis," ujarnya.

Di samping itu Muhammad Ihsan Zul, S.Pd., M.Eng juga menyampaikan terkait strategi menggaet mitra dalam kerja sama.

"Semua elemen dapat dijadikan mitra kerja sama seperti sekolah atau organisasi di tengah masyarakat, tinggal saja kelanjutannya berdasarkan berdasarkan keaktifan implementasinya," kata dia.

Di akhir kegiatan dilakukan tanya jawab antara narasumber dengan peserta.  

Salah satu yang bertanya adalah  Kepala LPTIK Unbrah Noviardi Prima Putera, M.Kom yang secara bidang memiliki kedekatan dengan kefokusan yang ada di PCR.

Dalam penyampaiannya Kepala LPTIK menanyakan perihal kemungkinan pengembangan sistem pendidikan tinggi di antara dua kampus.

Source : unbrah.ac.id

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel