Kedatangan Ustad Adi Hidayat di Masjid Baiturrahmah, Jadikan Shalat Jumat Seperti Ibadah Ied

Jamaah Memadati Masjid Baiturrahmah Padang saat pelaksanaan Tabligh Akbar Ustad Adi Hidayat, Jumat 26 Juli 2019 (Istimewa)

Kehadiran ulama nasional Adi Hidayat di Masjid Baiturrahmah Padang yang bertindak sebagai khatib Shalat Jumat pada 24 Juli 2019 mengundang kedatangan ribuan jamaah yang menyebabkan tidak tertampung di dalam masjid.  

Bila diibaratkan Shalat Jumat dengan khatib ulama asal Banten tersebut seperti pelaksanaan shalat Idul Fitri atau Idul Adha di masjid tersebut.

Sebagaimana shalat Ied, masjid yang baru berusia dua tahun tersebut selalu didatangi ribuan jamah dari berbagai daerah dari Padang dan Sumbar lainnya. Hal ini juga yang terlihat pada pelaksanaan Shalat Jumat tersebut. 

Karena masjid tidak mampu menampung jamaah, saat adzan Zuhur diperdengarkan yang menandakan masuknya waktu Jumat,  jamaah sampai menggelar saf di pelataran dan halaman luar masjid.

Termasuk saat ulama kelahiran Pandeglang Banten 34 tahun lalu memulai khutbahnya, meski hanya beralaskan terpal jamaah tetap khusyuk mengikuti ibadah Jumat.

Meski saat itu cuaca terik, jamaah Jumat yang diperkirakan datang lebih dari 4.000 orang tersebut termasuk yang di dalam masjid tetap melaksanakannya dengah khusyuk dan tenang.

Salah satu jamaah Rudi (25) yang hadir dan terpaksa shalat di luar masjid mengatakan baru pertama kali mengikuti shalat Jumat dengan kondisi semacam itu.

Menurut salah satu mahasiswa Pascasarjana di salah satu kampus ternama di Padang tersebut, rasa penasarannya melihat dari dekat Ustad Adi Hidayat menjadikan dirinya mau shalat di bawah cuaca terik tersebut.

Sedangkan Ines (23) yang hadir untuk mengikuti Tausyiah Adi Hidayat sesuai shalat Jumat mengaku kaget karena banyaknya jamaah shalat Jumat di masjid Baiturrahmah.

Lulusan Pascasarjana di Unand itu juga mengaku melihat jamaah shalat Jumat meluber hingga parkiran Universitas. Hal ini kata dia mengingatkan pada pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1440 Hijriah yang dia ikuti pada dua bulan lalu.

Bahkan kata dia bukan hanya jamaah laki-laki saja yang ikut shalat Jumat, dari kaum hawa yang menunggu juga cukup banyak dan memenuhi parkiran masjid tersebut. 

Dia meyakini kharisma dan kemampuan Adi Hidayat dalam menyampaikan tausyiahnya menjadi daya tarik masyarakat untuk hadir.

Sementara itu pada arahannya seusai pelaksanaan Tabligh Akbar Ustad Adi Hidayat yang dikutip dari pernyataan Humas Universitas Baiturrahmah, Jumat,  Ketua Masjid Baiturrahmah Jemkhairil, M.Ag mengapresiasi atas kedatangan jamaah yang luar biasa tersebut.

Pihaknya menyatakan kegiatan Tausyiah Ustad Adi Hidayat berjalan aman, lancar dan terkendali termasuk jamaah yang datang dan pulang secara tertib.   

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel