Menghafal Bacaan Shalat lewat "Belajar sholat" Santun Studio

Tampilan aplikasi Belajar Sholat (teksinfo.com)

Bila dulu kita harus membeli buku panduan shalat untuk menghafalkan bacaan sesuai rukunnya serta makna di dalamnya, saat ini telah banyak aplikasi yang secara gratis menampilkan panduan Shalat tersebut salah satunya "Belajar Sholat" besutan Santun Studio.

Aplikasi ini termasuk jenis panduan yang memaparkan tentang panduan pelaksanaan Shalat dan bacaan di dalamnya secara lengkap dengan artinya.

Usai menginstall dari Playstore, pengguna disuguhkan tampilan gambar lima pilihan shalat fardhu, yakni Subuh, Zuhur, Ashar, Magrib dan Isya..

Untuk memulai panduan, kita dapat  memilih satu shalat fardu misal subuh, dan seketika langsung ditampilkan gambar kartun orang berpakaian rapi pakai baju koko dan peci sedang shalat.  

Kemudian terdapat bacaan niat sholat yang dilafalkan yang ditampilkan dalam bentuk tulisan dengan tiga bahasa yakni arab, latin dan arti dari bacaan.  

Kemudian bila discroll akan ada bacaan lain yakni takbiratul ihram, iftitah, rukuk, itidal, sujud, duduk di antara dua sujud, Tasyahud, salam ke kanan, salam ke kiri. Selain disebutkan bacaannya, pada setiap item juga diperlihatkan gerakan orang shalat tersebut sesuai rukun shalat yang tersedia.

belajar sholat Santu Studio (teksinfo.com)

Dari lima shalat fardu tersebut yang membedakan yakni niatnya serta jumlah rakaatnya. Subuh dua rakaat, Dzuhur dan Ashar empat rakaat, Magrib tiga rakaat, dan Isya 4 Rakaat.

Menurut nopan, author dari Aplikasi belajar shalat ini pada menu memang tidak ditampilkan membaca Al fatihah dan Surat pendek dikarenakan tujuan awalnya pembuat aplikasi ini. 

Sebab meski keduanya masuk dalam rukun shalat, pada praktiknya bacaan niat, Iftitah, Itidal, atau Bacaan Duduk di antara dua sujud lebih sulit dipraktikkan ketika orang shalat. Selain itu karena segmentasi aplikasi ini untuk anak-anak juga memudahkan anak-anak memahami dan menghafal bacaan yang ada di dalam Shalat.

Membaca Al fatihah menurut Nopan sudah menjadi yang lumrah sehingga tinggal ditambahkan dalam rukun mengerjakan shalat. Sehingga aplikasi bernama belajar shalat bukan rukun shalat. 

aplikasi belajar sholat (teksinfo.com

Tujuan lain dari pembuatan aplikasi ini juga karena penjelasan tentang tata cara shalat yang lengkap dari bahasa arab, latin, arti hingga pelafalan jarang muncul di browser.

Dengan adanya aplikasi menurut Nopan akan lebih memudahkan anak kecil yang baru belajar shalat, atau bahkan mualaf atau yang baru mau shalat.

Aplikasi ini kata Nopan sangat ringan di ponsel dan tersedia di Playstore sebesar 16,62 mb secara gratis dengan keyword "belajar sholat santun studio". Saat diinstall pun hanya memakan memori 20 mb yang tentu juga tidak memakan banyak tempat di ponsel.

Saat ini Aplikasi ini telah didownload oleh lebih dari 50 ribu pengguna internet di seluruh dunia, serta telah mendapat respon positif yang bisa dicek langsung di komentar di playstore.

Walaupun demikian pihaknya tetap mendengar saran dan masukan dari pengguna aplikasi , ke depan tentu akan diperbarui dan diperbaiki pada beberapa poin yang salah. Semoga bermanfaat.

    

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel